Paling Mudah! Begini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

0
1554

Koran.id – Hidung tersumbat bisa dialami oleh siapa saja, dan umumnya ini bukanlah suatu kondisi medis yang serius. Ketika hidung tersumbat, hal ini akan membuat penderitanya tidak nyaman dan sulit untuk bernafas. Sementara jika kondisi ini dialami oleh seorang bayi, biasanya bayi akan rewel serta membuat nafsu makannya menurun. Perlu tidakan cepat sebagai cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi agar kondisinya kembali normal.

Meskipun hidung tersumbat pada bayi umumnya bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi jika bayi susah makan dan rewel tentu ini mambuat orangtua merasa cemas. Apalagi bayi sudah seharusnya mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup untuk menunjang tumbuh kembangnya. Lantas, bagaimana cara menghilangkan hidung tersumbat pada bayi tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi Paling Efektif

Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat pada Bayi

Menyembuhkan hidung tersumbat pada bayi bisa dilakukan dengan banyak cara, bahkan tidak perlu membawanya ke dokter. Cukup gunakan bahan alami yang ada di sekitar rumah sebagai obat pereda hidung tersumbat tersebut. Mengenai cara mengatasi hidung tersumbat selengkapnya, antara lain:

1. Membersihkan Ingus dan Lendir di Hidung Bayi

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang pertama adalah dengan sesering mungkin membersihkan hidung bayi dari ingus dan juga lendir. Ingus dan lendir tersebut jika dibiarkan lama-lama akan mengeras dan hal ini semakin menyulitkan bayi untuk bernafas. Lendir biasanya juga sampai keluar dan menempel di area hidung bagian luarnya.

Perlu orang tua tahu, jangan sembarangan membersihkan ingung dan lendir pada hidung bayi, terutama lendir yang sudah mengeras. Bisa-bisa terjadi iritasi ketika membersihkannya secara sembarangan. Sebaiknya gunakan tisu atau juga kapas yang dicelupkan ke air hangat sebelumnya. Cara seperti ini akan lebih mempermudah mengangkat lendir atau ingus yang sudah mengeras di hidung bayi.

2. Menggunakan Obat Saline

Obat saline juga bisa menjadi pilihan paling tepat untuk cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Saline ini sendiri merupakan obat semprot hidung yang memang difungsikan khusus untuk menurunkan produksi lendir di hidung yang menjadi penyebab hidung tersumbat. Obat ini sendiri sangat aman digunakan pada bayi dan anak-anak.

Untuk cara penggunaannya sendiri sangat mudah, cukup posisikan bayi dalam keadaan berbaring lalu dongakkan sedikit kepalanya. Setelah itu, masukkan ujung alat ke lubang hidung bayi, lalu semprotkan sebanyak 2 hingga 3 kali. Selain obat semprot, bisa juga memanfaatkan saline dalam bentuk obat tetes. Carnya masih sama dengan saline dalam bentu botol semprot.

3. Menyedot Ingus Bayi

Menyedot ingus bayi juga menjadi cara terbaik untuk melegakan hidung sehingga bayi lebih mudah untuk bernafas. Sekarang ada sebuah alat khusus yang diberi nama bulb syringe, di mana alat tersebut memang diciptakan khusus untuk menyedot ingus dari dalam hidung. Alat ini juga bisa digunakan setelah penggunaan obat saline, yang mana lendir di hidung bayi tidak kunjung keluar.

Penggunaan alat bulb syringe dianjurkan untuk bayi yang sudah berumur 6 bulan ke atas. Cara penggunaan alat tersebut juga sangat mudah. Pertama pencet bagian yang mengembung pada alat bulb syringe, kemudian masukkan bagian pipet ke lubang hidung bayi. Setelah itu, lepaskan bagian alat mengembung yang dipencet tadi. Dengan begitu, lendir dan ingus yang tidak kunjung keluar akan ikut tersedot oleh alat tersebut.

4. Menepuk Punggung Bayi dengan Lembut

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi berikutnya adalah dengan menepuk-nepuk bagian punggung bayi secara lembut dan perlahan. Cara ini diklaim bisa membuat bayi lebih nyaman dan hidung tersumbat mereda. Menepuk-nepuk punggung bayi bisa dilakukan ketika bayi rewel dan tidak nyaman.

Menepuk-nepuk punggung bayi juga bisa membantu mengeluarkan lendir di dalam hidung yang menyebabkan hidung tersumbat. Untuk melakukannya, cukup posisikan bayi dalam keadaan tengkurap lalu tepuk secara perlahan bagian punggung belakang bayi.

5. Memastikan Ruangan Lembap dan Hangat

Suhu ruangan yang lembap serta hangat akan membantu meredakan hidung tersumbat yang dialami oleh bayi dengan cara mengurangi lendir dan mencegahnya mengeras. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, lendir yang mengeras akan membuat bayi semakin susah untuk bernafas.

Salah satu cara untuk membuat ruangan lebih hangat dan lembab adalah dengan memanfaatkan mesin khusus bernama humidifier. Selain itu, untuk memaksimalkan agar lendir tidak menggumpal di hidung bayi, kamu juga bisa menggunakan nebulizer.

6. Mengatur Posisi dan Waktu Tidur Bayi

Memastikan posisi tidur bayi yang benar akan cukup efektif membantu mengatasi hidung tersumbat yang dialaminya. Cukup miringkan posisi tidur bayi sesuai dengan bagian hidung mana yang tersumbat. Contohnya jika yang mengalami penyumbatan ada hidung kanan, maka posisikan bayi tidur miring ke arah kiri, begitu juga sebaliknya. Selain itu, pastikan juga posisi kepala bayi lebih tinggi dibandingkan badannya hingga membentuk sudut 30 hingga 45 derajat.

Tidak hanya posisi tidur, waktu tidur bayi harus diperhatikan dengan baik. Pastikan bayi beristirahat selama kurang lebih 7 sampai 19 jam per hari. Selain kuantitas, kualitas tidur bayi juga penting diperhatikan.

7. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh Bayi

Dan cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi paling efektif yang terakhir adalah dengan memastikan kebutuhan cairan tubuhnya terpenuhi. Berikan bayi ASI yang cukup agar kebutuhan cairan harian tubuhnya bisa terpenuhi dengan baik. Jika anak sudah cukup besar dan mulai diberi jenis makanan beragam, sup hangat bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi hidung tersumbat yang dialaminya.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang paling ampun dan efektif bisa diterapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini