Cara Menghilangkan Mual Saat Mudik Lebaran Paling Ampuh

782
Cara Menghilangkan Mual Saat Mudik

Koran.id – Mudik sudah menjadi momen rutin yang dilakukan banyak orang ketika lebaran tiba. Mereka yang merantau ke luar kota atau bahkan luar negeri akan pulang kampung untuk menikmati momen lebaran bersama sanak saudara. Tapi terkadang, perjalanan selama mudik menjadi kendala tersendiri bagi beberapa orang. Salah satu kendalanya adalah suka mengalami mual atau muntah selama perjalanan mudik. Kebanyakan dari mereka akan mencari cara menghilangkan mual saat mudik lebaran, tapi nyatanya mual tetap dialami.

Hal ini akan semakin diperparah jika saat naik jasa transportasi namun sesak dengan penumpang lain. Agar mual saat perjalanan mudik lebaran tidak terjadi lagi, ada beberapa cara ampuh yang bisa kamu terapkan. Untuk informasi selengkapnya simak ulasan di bawah ini.

Cara Menghilangkan Mual Saat Mudik Lebaran Paling Ampuh

Mabuk atau mual saat perjalanan naik alat transportasi, baik umum maupun pribadi disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor tersebut bisa dari sisi fisik sendiri atau bisa juga dari kendaraan yang digunakan. Mual dikarenakan faktor fisik biasanya disebabkan oleh otak yang salah dalam memberikan respon terhadap reaksi alami tubuh. Lebih jelasnya, saat naik kendaraan tubuh akan diam. Sementara bagian telinga dan mata tetap bergerak melihat sekitar saat kendaraan melaju. Karenanya bagi kamu yang belum terbiasa akan membuat otak mengirimkan sinyal ke tubuh bahwa tubuh sedang keracunan. Alhasil tubuh akan melakukan reaksi mual atau bahkan muntah.

Sementara untuk faktor dari kendaraan sendiri biasanya disebabkan karena adanya bau yang tidak sedap, seperti asap rokok ataupun pewangi dari kendaraan. Selain itu, bisa juga karena minimnya kadar oksigen di dalam kendaraan akan semakin memperparah hal ini. Dan juga supir yang kurang baik dalam menyetir juga bisa menjadi penyebab lainnya dari mual atau bahkan mabuk. Adapun cara mengatasi mual saat mudik lebaran tersebut, antara lain:

1. Menghindari makanan berat saat buka puasa

Perjalanan jauh saat mudik mungkin akan mengharuskan kamu berbuka puasa di perjalanan. Nah, jika kamu merasakan mual dan pusing, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan-makanan berat khususnya yang mengandung banyak minyak. Makanan jenis ini hanya akan membuat mual yang kamu rasakan semakin parah. Ini karena jenis makanan tersebut akan butuh waktu yang lama untuk dicerna.

Meski begitu bukan berarti kamu tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan apapun ketika berbuka di perjalanan. Sebagai gantinya kamu bisa mengonsumsi cemilan-cemilan yang sehat dan mengenyangkan seperti, biskuit, sereal, roti, buah pisang atau juga apel. Jenis cemilan ini akan menjadi penyuplai energi untuk tubuh agar tetap fit selama perjalanan mudik.

2. Memandang ke arah yang jauh

Cara menghilangkan mual saat mudik lebaran selanjutnya adalah dengan mengalihkan pendangan mata ke arah luar jendela. Pandanglah objek yang berada di kejauhan agar pikiran sedikit teralihkan. Dengan begitu, rasa mual, pusing atau bahkan muntah akan bisa dihilangkan dengan cepat dan efektif.

Selain mengalihkan pandangan mata, kamu juga perlu memantapkan posisi duduk agar lebih nyaman dan rileks. Hal ini juga sangat penting untuk menghilangkan mual dan pusing yang kamu rasakan selama perjalanan.

3. Memastikan posisi yang nyaman

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, posisi duduk juga akan mempengaruhi keadaanmu saat mual dan pusing selama perjalanan. Selain itu, agar mual dan pusing tidak kamu alami, carilah posisi yang nyaman sesuai dengan jenis transportasi yang kamu gunakan. Misalnya kamu menggunakan mobil untuk mudik, nyamankan posisi kamu dengan bersandar di bagian sandaran jok. Jika kamu duduknya di kursi paling belakang sebaiknya hindari menatap kursi yang ada di depanmu, karena ini hanya akan membuat mual dan pusing semakin menjadi.

Sementara jika kamu memakai jasa transportasi Kereta Api, sebaiknya pilih tempat duduk yang dekat dengan jendela dan menghadap ke depan. Kursi yang menghadap ke belakang hanya akan membuatmu semakin mual dan pusing. Atau juga jika menggunakan bus, sebaiknya pilih kursi yang berdekatan dengan jendela.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Mual Secara Alami yang Efektif

4. Hindari bermain smartphone selama perjalanan

Cara menghilangkan mual saat mudik lebaran berikutnya adalah dengan menghindari kebiasaan memainkan smartphone saat perjalanan. Selain bermain smartphone, membaca buku juga sebaiknya tidak kamu lakukan. Kedua hal ini juga bisa menyebabkan kamu mual dan pusing di perjalanan.

Jika terlalu bosan sebaiknya kamu alihkan dengan cara mendengarkan musik atau audiobook. Atau jika tidak, lebih baik kamu gunakan waktu perjalanan tersebut dengan tidur agar mual dan pusing bisa hilang.

5. Mengajak bicara orang lain

Mengajak orang lain untuk ngobrol juga bisa menjadi cara terbaik untuk menghilangkan rasa mual dan pusing di perjalanan. Rasa mual dan pusing yang dirasakan akan teralihkan dengan hal ini. Jika kamu mudik sendirian, mengajak ngobrol orang lain akan membuatmu kenal dengan orang baru. Siapa tahu nantinya dia bisa menjadi teman dekat atau sahabat jika hubungan tersebut terus berlanjut.

Itulah tadi beberapa cara menghilangkan mual saat mudik lebaran yang bisa kamu terapkan. Perjalanan mudik akan terasa semakin menyenangkan tanpa adanya rasa mual dan pusing yang mengganggu.

Artikel Sebelumnya7 Tren Baju Lebaran 2019 yang Lagi Hits dan kekinian Banget
Artikel SelanjutnyaInilah Game MOBA Terbaik 2019 Alternatif Game Mobile Legends yang Gak Kalah Serunya
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini