Ini 10 Museum Islam Terunik di Dunia, Destinasi Ramah Muslim yang Harus Kamu Kunjungi

0
426
Museum Islam Terunik di Dunia

Koran.id – Butuh referensi destinasi ramah muslim yang pas dikunjungi saat berpuasa? Sepertinya kamu sedang ada di tempat yang tepat, sebab melalui artikel ini akan saya informasikan 10 museum Islam terunik di dunia, yang pastinya pas banget jadi inspirasi liburan yang nyaman saat puasa, sebab tidak membutuhkan banyak tenaga untuk mengunjunginya. 

Jika biasanya yang kamu kunjungi adalah museum umum, tentu tidak ada salahnya saat puasa Ramadhan seperti sekarang mencoba untuk mengunjungi museum Islam terbaik dan terunik yang ada di berbagai wilayah. Bulan Ramadhan tentu saja menjadi waktu yang paling tepat sekali untuk liburan sembari mengenal jejak Islam lebih jauh lagi.

Ini 10 Museum Islam Terunik di Dunia

Turkish and Islamic Arts Museum di Turki

Turkish and Islamic Arts Museum di Turki
Photo by Islamicart.museumwnf.org

Museum Islam terunik di dunia pertama yang bisa dikunjungi saat berpuasa adalah Turkish and Islamic Arts Museum yang ada di Turki. Untuk bisa berkunjung ke museum tersebut, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 60 ribu rupiah. Di bagian luar, dinding museum ini dibuat dari bahan bebatuan sehingga memberikan kesan yang lebih rustic. Lalu untuk bagian dalamannya kamu bisa melihat sebuah taman terindah di dunia yang didominasi oleh warna hijau. Beberapa koleksi yang ada di museum tersebut diantaranya artefak, karpet, dan kaligrafi.

Benaki Museum of Islamic Art di Yunani

Benaki Museum of Islamic Art di Yunani
Photo by Renewable.gr

Untuk bisa masuk ke Benaki Museum of Islamic Art yang ada di Yunani ini kamu hanya perlu mengeluarkan budget sebesar Rp 145 ribu saja. Inilah museum paling unik di dunia yang dilengkapi dengan kafe dan toko souvenir lengkap. Di sini kamu bisa melihat sebuah bangunan bergaya neoklasik yang ada di kompleks pusat sejarah Yunani. Setidaknya ada lebih dari 8 ribu karya seni yang bisa kamu temukan di museum tersebut.

Tareq Rajab Museum di kuwait

Tareq Rajab Museum di kuwait
Photo by Flickr.com

Salah satu tips liburan hemat ke luar negeri saat puasa yang bisa kamu coba adalah dengan mengunjungi museum yang ada di Kuwait satu ini, yakni Tareq Rajab. Sebab, untuk bisa memasukinya kamu hanya perlu membayar tiket masuknya sebesar Rp 50 ribu rupiah. Museum tersebut dibangun bak istana megah yang didominasi oleh warna kecoklatan. Di sini ada dua pohon palm yang menghiasi tiap bagian depan museum. Menariknya, di museum inilah kamu bisa melihat koleksi benda – benda yang dihasilkan dunia Islam di 250 tahun terakhir.

National Museum of Iran di Iran

National Museum of Iran di Iran
Photo by En.wikipedia.org

Alternatif lain museum Islam terunik di dunia yang ramah muslim adalah National Museum of Iran. Harga tiket di National Museum of Iran ini memang agak mahal, yakni sekitar Rp 200 ribu rupiah. Dibangun oleh arsitek dari Perancis yang bernama Andre Godard, museum tersebut memiliki beberapa koleksi kesenian Islam yang berupa Galeri Seljuq, mangkuk keramik di abad ke-9, dan lain – lain.

Museum Islam Nusantara K. H. Hasyim Asy’ari di Indonesia

Museum Islam Nusantara K. H. Hasyim Asy’ari di Indonesia
Photo by Nur.or.id

Sudah tahu belum bahwa negeri kita tercinta ini ternyata juga punya museum Islam unik lho, yakni Museum Islam Nusantara K. H. Hasyin Asy’ari yang ada di Jombang, Jawa Timur. Museum tersebut letaknya cukup dekat dengan makam Presiden RI yang ke-4, yakni Abdurrahman Wahid, yang biasanya akrab dengan sebutan Gus Dur. Selain di desain sangat indah dan modern, museum ini memiliki koleksi kaligrafi lengkap, mahkota, nisan makam kuno, dan masih ada banyak lagi. Untuk masuk ke museum tersebut kamu tidak akan dikenakan biaya sepeser pun, alias gratis.

Museum of Islamic Art di Qatar

Museum of Islamic Art di Qatar
Photo by Iloveqatar.net

Ini adalah salah satu museum terbaik di kota Doha, Qatar. Museum tersebut merepresentasikan kesenian Islam dari 3 benua yang ada di dunia. Beberapa koleksinya yang bisa kamu lihat diantaranya naskah seperti sertifikat haji kuno, kunci kabah, astrolabe Islam tertua di dunia, topeng peperangan, dan masih ada banyak lagi. Dibuka mulai pukul 09 : 00 – 19 : 00, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 200 ribu rupiah untuk bisa berkunjung ke museum tersebut.

Islamic Art Museum of Malaysia di Malaysia

Islamic Art Museum of Malaysia di Malaysia
Photo by En.wikipedia.org

Uniknya, di museum tersebut juga ada beberapa fasilitas yang bisa kamu nikmati seperti restoran, toko, galeri, dan juga perpustakaan. Di desain sangat minimalis, dinding dari museum ini ditulis Arab. Menariknya, di museum tersebut kamu tidak hanya bisa melihat koleksi arsitektur, naskah kuno, Al-Quran, keramik tekstil, dan lain – lain, tetapi juga bisa melihat beragam koleksi sementara yang hanya ditunjukkan di waktu – waktu tertentu saja. Tak perlu khawatir mengenai masalah harga tiket masuknya, sebab kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 50 ribu saja. Murah banget, kan?

Museum of Islamic Art di Mesir

Museum of Islamic Art di Mesir
Photo by Id.wikipedia.org

Museum Islam Terunik di dunia lainnya adalah Museum of Islamic Art di Mesir. Museum tersebut memiliki bangunan yang sangat megah dan berwarna kecoklatan. Tidak hanya memiliki koleksi yang lengkap, museum ini ternyata juga memiliki sebuah taman indah yang dilengkapi dengan air mancur. Kamu hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 85 ribu untuk bisa masuk dan melihat sekitar 100 ribu artefak di museum tersebut.

Aga Khan Museum di Kanada

Aga Khan Museum di Kanada
Photo by Agakhanmuseum.org

Untuk masuk ke museum satu ini memang butuh budget yang cukup besar, yakni sekitar Rp 290 ribu rupiah. Aga Khan Museum di desain sangat minimalis dengan warna serba putih. Untuk bagian depannya ada 3 danau cantik yang menambah estetika. Beberapa jenis koleksi yang jadi highlight, yakni planispheric, prototipe bulan, astrolabe, naskah Shahnameh, desain keramik khas Iznik, dan masih ada banyak lagi.

Sharjah Museum of Islamic Civilization di Uni Emirat Arab

Sharjah Museum of Islamic Civilization di Uni Emirat Arab
Photo by En.wikipedia.org

Lalu untuk yang terakhir ini memiliki eksterior mirip bangunan masjid yang berwarna kecoklatan. Lalu untuk interiornya sendiri kamu bisa melihat sebuah lorong yang besar dan lebar. Untuk bisa berkunjung ke museum tersebut kamu masih perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 40 ribu rupiah. Sharjah Museum of Islamic Civilization terdiri dari beberapa bagian, yakni Galery Sains, Teknologi Ibu Al-Haytham, Galeri Abu Bakar, Islamic Coin Display, dan masih ada banyak lagi lainnya.

Nah, itulah tadi 10 museum Islam terunik di dunia yang pas banget dikunjungi selama Ramadhan. Jadi, kamu tertarik untuk berkunjung ke museum mana nih nanti?  

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini