Gak Usah Takut Batal, Ini Dia Tips Liburan Saat Puasa yang Harus Kamu Tahu

711
Tips Liburan Saat Puasa

Koran.id – Liburan saat puasa? Why not! Ya, pada dasarnya liburan bisa kamu lakukan kapan pun, di mana pun, dan dengan siapa pun kamu mau. Meskipun sekarang ini memasuki bulan suci Ramadhan, tentu tidak ada salahnya untuk meluangkan sedikit waktumu untuk traveling. Nggak usah takut batal, sebab ada nih tips liburan saat puasa yang tentu saja harus banget kamu tahu. Apa saja itu? Simak terus ulasan berikut ini untuk mengetahui jawaban selengkapnya.

Meskipun liburan menjadi salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan sekali, dan digemari oleh banyak orang, tetapi pada kenyataannya pada saat Ramadhan banyak yang memilih untuk menunda liburannya, dan mungkin saja kamu salah satu diantaranya. Ribet kerap kali dijadikan alasan bagi banyak orang ketika akan liburan di bulan puasa. Belum lagi jika nanti harus mencari tempat berbuka puasa yang nyaman dan aman, juga menyiapkan makan sahur, hingga rasa khawatir akan batalnya puasa di tengah hari.

Mau liburan yang nyaman, aman, dan seru saat puasa? Daripada harus berlama – lama lagi, langsung yuk di simak ulasan tentang tips liburan saat bulan puasa berikut ini.

Tips Liburan Saat Puasa yang Harus Kamu Tahu

Merencanakan jadwal liburan

Tips liburan saat puasa yang pertama adalah merencanakan jadwal liburan sebaik – baiknya. Karena liburan kali ini akan dilakukan di bulan puasa Ramadhan sehingga penting sekali untuk merencanakan jadwal liburanmu sebaik mungkin, mulai dari urusan tiket pesawat, akomodasi, destinasi wisata yang akan dikunjungi, hingga kuliner yang ramah muslim.

Selain itu, agar liburan di bulan puasa nanti jadi semakin seru dan menyenangkan, pastikan untuk tidak liburan sendirian, alias solo traveling. Kamu bisa ajak keluarga, kerabat, atau pun sahabat terdekatmu untuk berlibur. Liburan ramai – ramai tentu saja tidak akan membuat momen liburanmu jadi membosankan.

Memastikan untuk memilih destinasi yang tepat

Tips Liburan Saat Puasa

Untuk kamu – kamu nih yang takut batal sebab liburan di bulan puasa Ramadhan, penting sekali bagi kamu untuk memilih tempat wisata yang tepat. Dengan memilih destinasi tepat maka yang demikian ini juga bisa menghindarkan Anda dari batal puasa di tengah hari. Sangat disarankan sekali agar kamu tidak memilih tempat tujuan dengan cuaca yang ekstrim, baik itu yang terlalu panas atu pun dingin.

Jangan lupa untuk menyiapkan makanan darurat

Tips Liburan Saat Puasa

Jika tujuan dari liburan kamu adalah ke luar kota atau daerah, maka saya sarankan agar kamu siapkan juga makanan dan minuman darurat di dalam tas. Makanan dan minuman ini nanti akan jadi menu berbuka atau sahur kamu saat diperjalanan apabila memang tidak memungkinkan untuk mencari tempat makan untuk berbuka atau sahur.

Download dan instal aplikasi yang dibutuhkan

Tips Liburan Saat Puasa

Tips selanjutnya yang harus kamu terapkan pada saat liburan saat puasa adalah mendownload dan menginstal aplikasi yang dibutuhkan. Aplikasi yang dimaksudkan di sini, yakni beberapa aplikasi yang memberikan update waktu berbuka puasa, sahur, dan juga sholat. Dengan begitu kamu tidak akan lagi ketinggalan waktu – waktu penting tersebut meskipun sedang liburan.

Ingat, jangan pernah melewatkan waktu sahur!

Tips Liburan Saat Puasa

Agar puasa kamu selama liburan tidak terganggu, atau sampai batal di tengah hari, maka kamu sangat disarankan untuk tidak melewatkan waktu sahur. Melewatkan waktu sahur bisa membuat tubuhmu terasa sangat lemas dan kurang berenergi untuk melakukan berbagai aktifitas saat liburan nanti. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa merasa lebih cepat lelah, kekurangan cairan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Rasa Haus Saat Puasa dan Pencegahannya

Merencanakan waktu yang tepat untuk bepergian

Tips Liburan Saat Puasa

Sebab kamu akan liburan tepat disaat puasa Ramadhan, makanya penting sekali untuk merencanakan waktu yang paling tepat untuk bepergian. Contohnya saja dengan memulai perjalanan setelah berbuka puasa. Atau, kamu juga bisa berangkat berlibur sebelum waktu sahur tiba. Alasannya, waktu tersebut adalah waktu dimana tubuhmu masih belum terasa lelah dan lemas karena sedang berpuasa.

Jangan lupa untuk melakukan riset soal masjid

Tips Liburan Saat Puasa

Untuk hal yang satu ini pastinya penting untuk Anda perhatikan jika memang ingin traveling saat puasa Ramadhan. Sebab, melakukan riset mengenai masjid yang jaraknya berdekatan di setiap destinasi wisata yang kamu datangi tentu saja akan lebih memudahkan kamu untuk melaksanakan ibadah.

Memberikan informasi bahwa kamu sedang berpuasa kepada pihak hotel

Tips Liburan Saat Puasa

Jika akomodasi menginap kamu adalah di sebuah hotel, baik itu di hotel berbintang, atau pun di hotel – hotel murah sekalipun, sebaiknya kamu memberikan informasi kepada pihak hotel bahwasannya kamu sedang berpuasa. Dengan begitu sarapan yang kamu dapatkan dari hotel tempat kamu menginap bisa dialihkan di jam sahur atau pun berbuka.

Tak perlu sungkan bertemu dengan komunitas muslim lainnya

Tips Liburan Saat Puasa

Pada saat Ramadhan, biasanya banyak sekali masjid – masjid yang memberikan makanan dan minuman gratis untuk berbuka dan sahur. Nah, kamu nanti juga bisa bertemu dengan komunitas muslim yang lain. Dengan begitu kamu juga memiliki kesempatan untuk mendapat sahabat atau kerabat baru di tempat yang baru ini.

Jangan jalan – jalan di tempat dengan jalur ekstrim

Tips Liburan Saat Puasa

Seperti yang sudah saya singgung di awal, bahwa dikarenakan kamu akan berlibur sambil berpuasa, sehingga sangat disarankan sekali agar menghindari jalan – jalan atau destinasi dengan jalur yang ekstrim. Misalnya saja di bawah terik matahari yang cukup menyengat. Agar kamu tidak semakin dehidrasi dan puasamu pun juga bisa tetap aman hingga waktu berbuka tiba.

Nah, itulah tadi beberapa tips liburan saat puas yang harus kamu tahu. Dengan menerapkan tips – tips di atas, kini kamu tak perlu takut lagi batal puas meskipun sedang berlibur.

Artikel SebelumnyaJenis Makanan Pencegah Penuaan Dini Paling Efektif
Artikel SelanjutnyaRahasia Sukses PDKT Lewat Telepon yang Tidak Banyak Orang Tahu
hallo... I write and travel to live. Love taking candid pics and always find time for my family coz they`re my treasure. Saya mulai aktif di dunia tulis menulis sejak 2014 dan sudah banyak artikel yang saya tulis, terutama untuk niche tekno dan kesehatan. Thank you for visiting Koran.id dan jangan lupa bagikan artikel di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini