Ketahui Penyebab HP Cepat Panas yang Wajib Dihindari Sebelum HP-mu Rusak

0
83
Ketahui Penyebab HP Cepat Panas yang Wajib Dihindari Sebelum HP-mu Rusak

Koran.id – Sebenarnya ada banyak sekali penyebab HP cepat panas, tentu saja hal tersebut wajib banget untuk kamu hindari sebelum akhirnya HP-mu jadi rusak dan tidak bisa lagi digunakan sebagaimana mestinya. Penting untuk kamu tahu dan sadari bahwa sebuah ponsel pintar sangat berbeda sekali dengan PC, komputer, atau pun laptop. Bagaimana tidak, pada sebuah handphone kamu tidak akan menemukan pendingin Built In. Jadi, jangan heran jika kamu mendapati ada banyak sekali masalah gadget yang alami overheating.

Bahkan tidak hanya panas saja, tetapi kinerja sebuah smartphone pun bisa melambat seiring dengan seberapa seringnya HP tersebut digunakan. Tentu saja yang demikian ini sangat tidak membuat kamu nyaman, kan? Oleh karenanya kamu wajib banget tahu penyebab HP cepat panas, dengan begitu kamu bisa menghindari hal – hal tersebut sebelum masalah menghampiri gadget kesayanganmu.

Ketahui Penyebab HP Cepat Panas yang Wajib Dihindari Sebelum HP-mu Rusak

Ketahui Penyebab HP Cepat Panas yang Wajib Dihindari Sebelum HP-mu Rusak

Perlu untuk kamu tahu bahwa pada dasarnya setiap alat elektronik, tak terkecuali untuk sebuah ponsel pintar jika digunakan dalam waktu lama dan secara terus menerus pastinya akan menjadi hangat. Ini merupakan hal yang wajar terjadi. Pada saat aliran listrik bekerja, maka mereka secara otomatis akan menghasilkan panas. Tetapi ketika suhu tersebut terus alami peningkatan, bisa jadi ada masalah yang lebih serius yang harus segera mendapat penanganan. Berikut adalah alasan dibalik terjadinya overheating pada HP-mu yang perlu diketahui.

1. Sering terpapar sinar matahari langsung atau udara panas

Seperti yang sudah kami singgung di awal, bahwa ada banyak sekali yang menjadi penyebab HP cepat panas yang perlu kamu hindari, salah satunya adalah karena sering terpapar sinar matahari atau udara panas secara langsung.

Ya, tidak hanya karena faktor dari dalam saja, tetapi faktor dari luar pun juga bisa mempengaruhi overheating pada sebuah ponsel pintar. Contohnya saja seperti saat kamu meninggalkan HP di dalam mobil yang mati, atau terpapar sinar matahari. Setelahnya HP kamu akan menjadi sangat panas dan seakan – akan mau meledak. Ini dikarenakan komponen yang ada di dalamnya banyak yang dibuat dari logam yang mampu menyerap panas.

2. HP tetap dioperasikan seperti biasa saat di charge

Siapa diantara kalian yang sering sekali melakukan hal satu ini? Bahkan saking asyiknya kamu memainkan HP kesayanganmu tersebut, sehingga saat di charge pun kamu masih tidak bisa jauh – jauh dari ponselmu. Pada saat kamu charge HP lebih baik tidak menggunakan terlebih dulu. Tak perlu khawatir, baterai HP-mu tidak akan rusak kok.

Namun hal tersebutlah yang membuat HP-mu justru jadi semakin panas. Tidak hanya itu saja, proses pengisian akan meakan waktu yang lama jadi sangat tidak baik kalau kamu tetap mengoperasikan HP-mu ketika di charge.

3. Setelah upgrade sistem operasi

Sudahkah kamu tahu bahwa kinerja background processing sebuah HP akan alami peningkatan setelah kamu upgrade sistem operasi yang dimilikinya. Ini dikarenakan sistem operasi yang baru akan menambah berbagai macam fitur – fitur yang pada akhirnya akan membuat HP-mu bekerja lebih keras lagi dari biasanya.

Namun demikian, hal tersebut menjadi tidak wajar pada panas tak kunjung alami penurunan dalam beberapa minggu. Apabila kamu mendapati masalah yang sama pada handphone yang kamu miliki, itu artinya kamu harus segera membawanya ke tukang servis terdekat. Dengan begitu HP-mu bisa cepat – cepat mendapatkan penanganan sebelum akhirnya rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

4. Terlalu banyak multitasking

Siapa nih diantara kalian yang pernah atau justru sering sekali membuka banyak aplikasi dalam satu waktu? Apalagi bagi pengguna HP Android terbaik yang sudah menerapkan Slipt Screen. Perlu untuk diketahui juga bahwa multitasking di sebuah smartphone pada dasarnya akan membuat banyak aplikasi yang dibiarkan terbuka.

Tentu saja yang demikian ini sangat tidak baik untuk handphone itu sendiri, sebab bisa membuat HP tersebut bekerja lebih ekstra lagi sehingga menyebabkan suhu yang dihasilkan pun semakin tinggi.

5. Bermain game dalam waktu sangat lama

Pada saat kamu sedang asyik – asyiknya bermain game terbaik di Android, biasanya kamu bisa sampai lupa waktu. Apalagi jika itu adalah game favoritmu atau kamu sedang memainkan ramai – ramai bareng teman. Rasanya kalau belum menyelesaikan satu level, belum puas. Setelah bermain game, bisa dipastikan HP tersebut akan menjadi sangat panas.

Ini dikarenakan game ternyata banyak dalam menggunakan RAM dan inti pemrosesan HP. Ditambah lagi, di bagian dalamnya juga tersimpan banyak grafis yang harus diproses.

6. Penyetinggan HP kurang optimal

Penyebab HP mudah panas yang terakhir adalah karena penyetingan HP yang kurang optimal sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi seberapa banyaknya energi yang digunakan. Contohnya saja pada Brightness yang terlalu tinggi, penggunaan Animated Wallpaper, hingga terlalu banyak Widget yang dipasang.

Itulah penyebab HP cepat panas yang wajib dihindari sebelum HP-mu rusak. Semoga informasinya bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini