10 Kuliner Khas Bogor yang Paling Enak Favorit Banyak Orang

0
204

Koran.id – Punya rencana liburan dalam waktu tepat, tapi bingung memilih kota yang ingin dikunjungi? Daripada bingung, pilih saja Kota Bogor sebagai destinasi liburan kamu bersama teman atau keluarga tercinta. Bogor dengan suhu udaranya yang sejuk memang menjadi tujuan yang tepat untuk melepas penat dipikiran. Selain tempat wisatanya yang beragam, Bogor juga punya kuliner khas yang tidak boleh dilewatkan. Kuliner khas Bogor sendiri juga beragam dan mudah ditemukan di berbagai sudut Kota Bogor.

Memang kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu tempat atau kota dengan melewatkan kuliner khas yang ada ditempat tersebut. Termasuk juga saat berkunjung ke Kota Hujan ini, wajib bagi kamu untuk mencicipi kuliner khas yang ada di sana. Belum tahu apa saja kuliner khas Bogor yang paling enak dan wajib dicicipi? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

10 Kuliner Khas Bogor yang Paling Enak Favorit Banyak Orang

Berbicara kuliner khas Kota Bogor ada banyak sekali macamnya, mulai dari kuliner ringan hingga berat bisa kamu temukan dengan mudah. Bahkan ada beberapa jenis kuliner Kota Bogor yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Untuk lebih jelasnya mengenai kuliner Bogor, bisa dilihat berikut ini:

1. Laksa Bogor

Laksa Bogor
instagram.com/trixiegayatri_

Makanan khas Bogor paling enak dan banyak diburu wisatawan adalah Laksa Bogor. Sekilas memang tidak berbeda jauh dengan Laksa Betawi yang juga sangat terkenal. Laksa Bogor ini punya cita rasa yang enak dan gurih, membuat siapapun yang mencobanya pasti langsung ketagihan. Karena itulah, saat berkunjung ke Kota Bogor jangan lupa untuk mencicipi kuliner satu ini.

Berbeda dengan Laksa Betawi, Laksa Bogor ini menggunakan oncom sebagai bahan tambahannya. Selain itu, di dalam campurannya juga tidak disertakan mie. Dan satu lagi yang membuat Laksa Bogor sangat khas yakni terdapat campuran parutan kelapa yang membuat teksturnya agak kasar. Dalam satu porsi Lasa Bogor biasanya disertakan pula tambahan lauk seperti tahu, telur, dan juga serundeng.

2. Cungkring

Cungkring
instagram.com/ms_stevy

Sebagian dari kalian mungkin menganggap cungkring merupakan sebutan untuk portur tubuh seseorang. Cungkring merupakan salah satu jenis makanan khas Bogor yang punya cita rasa enak dan banyak disukai orang-orang, bahkan wisatawan yang berkunjung ke Kota Bogor.

Cungkring sendiri berasal dari Bahasa Sunda yang artinya kikil sapi. Memang benar, kuliner satu ini terbuat dari bahan utama kikil sapi yang dimasak bersama bagian kepala sapi dengan bumbu kuning yang khas. Selain itu, disiram pula dengan bumbu kacang manis yang membuat rasanya semakin nikmat. Cungkring ini sendiri biasanya disantap bersama nasi putih dan juga parutan kelapa sebagai tambahannya.

3. Ngo Hiang

Ngo Hiang
instagram.com/miss.foodculinary

Bagi kalian yang beragama muslim, jenis makanan khas Kota Bogor satu ini mungkin tidak boleh dijadikan pilihan. Pasalnya, Ngo Hiang biasanya dibuat dari bahan utama daging babi, udang dan juga sagu. Ketiga bahan tersebut dicampur menjadi satu dengan cara digulung sehingga bentuknya agak mirip dengan rolade.

Saat disajikan, gulungan tersebut biasanya akan dipotong-potong terlebih dahulu lalu dicampur dengan bahan lain seperti tahu, kentang, serta siraman kuah yang agak kental dengan cita rasa gurih dan manis. Biasanya juga dalam porsinya ditambahkan dengan acara timun, wortel dan lobak.

4. Toge Goreng

Toge Goreng
instagram.com/kuliner_bekasi

Kuliner khas Bogor yang tidak kalah enak dan lezat berikutnya adalah Toge Goreng. Sebagian dari kamu mungkin berpikir toge yang digunakan sebagai bahan utama kuliner ini diolah dengan cara digoreng. Padahal tidak demikian, di mana ini hanya sekedar nama saja.

Saat membuat kuliner ini, toge yang digunakan tidak digoreng, melainkan direbus kemudian dicampurkan dengan mie kuning serta potongan tahu goreng. Di bagian atasnya nanti disiram dengan bumbu khusus yang terbuat dari oncom, tauco, kecap manis serta bumbu khas lainnya. Kuliner satu ini sangat jarang ditemukan di kota lain, karena itu saat berkunjung ke Bogor kamu wajib mencicipinya.

5. Bapatong

Bapatong
priangansari.com

Dari namanya, kuliner khas Bogor satu ini bisa dibilang agak anak dan asing ditelinga. Sejatinya, nama Bapatong sendiri merupakan sebuah singkatan yang memiliki kepanjangan Bakso Kupat Gentong. Meski begitu, Bapatong ini punya cita rasa yang enak dan berbeda dengan bakso pada umumnya.

Dibuat dari bahan utama bakso yang disajikan bersama potongan ketupat dan juga iga sapi. Dan yang menjadi ciri khasnya adalah kuah kaldu sapi yang digunakan, di mana kuah tersebut ditaruh di dalam gentong khusus setelah dimasak.

6. Doclang

Doclang
instagram.com/rasalokalindonesia

Doclang juga menjadi salah satu kuliner khas di Bogor yang juga tidak boleh kamu lewatkan. Dari segi tampilan, Doclang memang tampak mirip seperti kupat tahu yang bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Hanya saja, bahan serta cita rasa dari Doclang tersebut tentu berbeda.

Doclang khas Bogor ini sendiri dibuat dari campuran bahan pesor (sejenis ketupat), potongan kentang dan tahu goreng, telur rebus, serta siraman bumbu kacang yang lezat dan kecap. Tidak lupa juga tambahan emping tangkil serta kerupuk sebagai teman makan Doclang.

7. Asinan Jagung Bakar

Asinan Jagung Bakar
instagram.com/cintiaretno

Kalau makan jagung bakar mungkin sudah biasa, tetapi bagaimana jika jagung bakar dicampur dengan bahan lain sehingga punya cita rasa unik dan berbeda? Kamu harus mencicipi kuliner khas di Kota Bogor satu ini saat berkunjung ke sana.

Diberi nama Asinan Jagung Bakar, jenis makanan satu ini benar-benar menggunakan jagung bakar sebagai bahan utamanya. Asinan Jagung Bakar dibuat dari campuran jagung bakar yang hanya diambil bijinya, kuah cabai, cuka serta gula sebagai penambah rasa manis. Campuran bahan tersebut membuat cita rasa Asinan Jagung Bakar menjadi sangat unik. Di mana, saat menyantapnya kamu akan merasakan perpaduan rasa antara asam, pedas, dan manis.

8. Ubi Bakar Cilembu

Ubi Bakar Cilembu
instagram.com/food.videnpasar

Jika kebetulan kamu berkunjung ke kawasan puncak Bogor, wajib rasanya mencicipi jenis makanan khas  satu ini. Seperti namanya, makanan khas Bogor satu ini terbuat dari bahan utama ubi yang dibakar.

Berbeda dengan ubi bakar pada umumnya, Ubi Bakar Cilembu khas Bogor ini punya cita rasa yang manis layaknya madu. Apalagi menyantapnya di kawasan puncak Bogor yang identik dengan suasana dingin, pasti akan lebih nikmat. Tidak perlu susah untuk mencari pedagang yang menjual Ubi Bakar Cilembu di kawasan puncak Bogor, karena memang cukup banyak.

9. Mie Glosor

Mie Glosor
instagram.com/sofiechrisbay

Apakah kamu salah satu orang pecinta hidangan mie? Jika benar, saat berkunjung ke Kota Bogor sebaiknya jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas warga muslim Bogor ini. Namanya memang cukup unik, membuat banyak orang penasaran dengan cita rasa dari Mie Glosor tersebut.

Tidak sama seperti sajian mie pada umumnya, Mie Glosor terbuat dari campuran bahan dasar tepung tapioka dan juga kunyit. Karena penggunaan kunyit tersebutlah yang membuat warna mie tampak kuning keemasan. Untuk cita rasanya sendiri sangat berbeda dengan jenis mie lainnya, pastinya akan membuat siapa saja ketagihan.

10. Bir Kotjok

Bir Kotjok
instagram.com/jfff_info

Kurang lengkap rasanya jika sudah berburu kuliner namun melupakan soal minuman khas di Bogor. Dari sekian banyaknya jenis minuman khas Bogor, Bir Kotjok atau Bir Kocok menjadi salah satu minuman favorit bagi banyak orang. Meskipun namanya bir, tetapi minuman khas Kota Bogor ini sama sekali tidak memabukkan layaknya bir pada umumnya. Justru sebaliknya, Bir Kotjok khas Bogor ini punya efek menyehatkan bagi tubuh kita.

Tidak lain karena penggunaan bahan dalam pembuatan minuman Bir Kotjok tersebut. Termasuk jenis minuman legendaris di Bogor, Bir Kotjok dibuat dari campuran jahe merah, gula aren, cengkeh, kayu manis dan juga sedikit gula pasir. Tidak ada campuran alcohol sama sekali di dalam minuman ini, sehingga sudah pasti halal untuk diminum. Hingga sekarang ini, masih cukup banyak penjual Bir Kotjok yang bisa ditemukan di berbagai sudut Kota Bogor.

Itulah tadi beberapa jenis kuliner khas Bogor yang paling enak wajib untuk kamu cicipi jika kebetulan berkunjung ke sana. Beberapa kuliner khas tersebut juga dibanderol dengan harga murah, sehingga tidak akan menguras isi kantong kamu. Siap untuk liburan ke Kota Bogor? 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini