7 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Orang Tahu

0
145

Koran.id – Sebagian besar dari kalian pasti sudah tidak asing dengan sayuran hijau yang kaya khasiat satu ini. Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang paling banyak diminati. Cara mengonsumsinya bisa dengan dijadikan tumis bayam, salad, sayur asem dan lain sebagainya. Manfaat bayam bagi kesehatan tubuh juga sangat banyak, tidak lain karena kandungan vitamin dan mineral tinggi yang ada di dalamnya. Jadi, tubuh akan senantiasa sehat jika kita mengonsumsi bayam secara rutin.

Kandungan vitamin yang ada di dalam sayur bayam di antaranya, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan juga vitamin K. Sementara untuk kandungan mineralnya sendiri antara lain, asam folat, zat besi, kalsium, magnesium, sodium dan juga potasium. Kandungan-kandungan tersebutlah yang membuat bayam sangat baik bagi kesehatan tubuh. Adapun manfaat bayam untuk kesehatan bisa disimak di bawah ini.

Ragam Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Bayam untuk Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat bayam bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah mampu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Manfaat ini tidak lain karena adanya kandungan vitamin C dan vitamin A cukup tinggi di dalam bayam. Selain itu, adanya kandungan asam folat dan magnesium yang juga berperan penting dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sistem imum tubuh yang kuat akan membantu tubuh terhindar dari berbagai virus dan bakteri, serta paparan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel di dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh akan senantiasa sehat dan bugar tanpa takut terserang penyakit.

2. Mencegah Anemia

Mengonsumsi sayur bayam secara rutin juga bisa menghindarkan seseorang dari penyakit anemia. Anemia ini sendiri merupakan suatu kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah yang mengandung hemoglobin. Seseorang yang menderita anemia biasanya akan mengalami berbagai gejala seperti, pusing, lemas, terasa lelah dan kurangnya konsentrasi.

Lebih lanjut anemia bisa membahayakan kesehatan tubuh, karena itulah kita harus menanganinya dengan segera. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi bayam. Seperti dijelaskan sebelumnya, bayam termasuk sayuran hijau yang kaya zat besi. Zat besi ini berperan sangat penting dalam meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

3. Menyehatkan Mata

Manfaat bayam bagi kesehatan tubuh yang tidak kalah penting berikutnya adalah mampu menjaga kesehatan mata. Mengonsumsi bayam secara rutin akan membantu seseorang terhindar dari berbagai masalah mata akibat bertambahnya usia seperti, rabun senja, degenerasi makula dan lain sebagainya.

Manfaat menyehatkan mata dari bayam ini sendiri didapat dari kandungan karotenoid yang ada di dalamnya. Beberapa kandungan tersebut seperti, lutein, beta-karoten, dan zeaxanthin yang memang punya peran baik dalam melindungi kesehatan mata.

4. Mencegah Peradangan

Manfaat satu ini masih ada hubungannya dengan poin nomor 1 sebelumnya. Bayam dengan kandungan vitamin dan mineral baik di dalamnya, membuatnya memiliki sifat antioksidan yang cukup baik dalam melawan serangan radikal bebas.

Seperti yang kita tahu, radikal bebas yang berhasil masuk ke dalam tubuh akan mengakibatkan beberapa kerusakan, salah satunya peradangan. Dengan semakin kuatnya tubuh dalam melawan radikal bebas, secara otomatis peradangan yang sering terjadi bisa dicegah dan diminalisir dengan sangat baik. Luar biasa sekali bukan manfaat bayam ini?

5. Baik untuk Penderita Diabetes

Menderita penyakit diabetes, membuat seseorang harus lebih selektif dalam memilih jenis makanan yang akan dikonsumsinya. Bagi penderita diabetes sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sayur bayam secara rutin. Bayam dengan sifat antioksidan di dalamnya mampu memberikan efek positif terhadap penderita diabetes.

Kandungan antioksidan dalam bayam yang baik bagi penderita diabetes tersebut dikenal dengan asam alpha-lipoic. Kandungan tersebut memiliki kemampuan menurunkan kadar glukosa, mencegah perubahan oksidatif dan juga meningkatkan sensitivitas insulin. Tidak hanya itu saja, asam alpha-lipoic juga dikenal mampu meminimalkan risiko neuropati perifer dan neuropati otonom.

6. Sebagai Anti Kanker

Inilah salah satu manfaat bayam bagi kesehatan tubuh yang paling luar biasa dan tidak banyak orang tahu. Bayam juga memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit kanker agar tidak diderita oleh seseorang. Tidak lain karena kandungan baik yang ada di dalam bayam.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan, ditemukan di dalam bayam terdapat kandungan klorofil. Kandungan klorofil inilah yang berperan penting dalam menghalau efek karsinogenik. Bagi kamu yang belum tahu, karsinogenik merupakan sifat dari suatu zat atau paparan bahan yang bisa memicu kanker. Jadi, penting sekali agar rutin mengomsumsi bayam agar tubuh terhindar dari penyakit bebahaya tersebut.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat bayam untuk kesehatan tubuh berikutnya adalah mampu menjaga tulang agar lebih sehat dan kuat. Manfaat ini sendiri didapat dari kandungan vitamin K yang cukup tinggi di dalam bayam. Seperti yang kita tahu, vitamin K memiliki peranan cukup penting dalam membantu tulang dalam menyerap kalsium sehingga membuatnya sehat dan kuat.

Selain meningkatkan penyerapan kalsium, mengonsumsi bayam secara rutin juga akan membantu mengubah matriks tulang dan juga mencegah lebih banyak kalsium terbuang bersama urine. Bagi lansia juga sangat dianjurkan mengonsumsi bayam agar membuatnya terhindar masalah tulang seperti osteoporosis.

Itulah tadi beberapa manfaat bayam bagi kesehatan tubuh yang perlu kamu tahu. Selain manfaat di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat bayam untuk kesehatan seperti, menyehatkan kulit, mencegah asma, menguatkan otot, meningkatkan metabolisme tubuh dan masih banyak lagi yang lainnya. Mengetahui manfaat luar biasa dari bayam, sangat penting bagi kita untuk mengonsumsinya secara rutin.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini