7 Manfaat Buah Bisbul Bagi Kesehatan Tubuh Perlu Kamu Tahu

0
551

Koran.id – Sebagian besar dari kita mungkin masih sangat asing dengan nama buah bisbul. Buah bisbul ini sendiri dikenal juga dengan nama buah mentega karena tekstur daging buah yang dimilikinya agak mirip dengan mentega. Awalnya buah ini merupakan buah dari tanaman semak, namun sekarang menjadi salah satu buah yang paling banyak dicari. Tidak lain karena manfaat buah bisbul bagi kesehatan tubuh yang cukup banyak.

Buah bisbul ini sendiri memiliki rasa manis dan sedikit sepat, beberapa orang justru ketagihan saat pertama kali mencobanya. Bagian kulitnya memiliki bulu-bulu halus yang agak mirip seperti beludru. Bentuk buahnya bulat sederhana layaknya buah kesemek yang cukup populer di Indonesia. Mengenai manfaat buah mentega bagi kesehatan tubuh, bisa kamu simak di bawah ini.

Ragam Manfaat Buah Bisbul Bagi Kesehatan Tubuh

Buah bisbul atau buah mentega memiliki nama lain Diospyros blancoi dan sudah lama dipercaya sebagai salah satu jenis buah kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah yang bisa dibilang cukup langka ini berasal dari Filipina dan memang masih ada ikatan kerabat dengan buah kesemek yang terkenal di Indonesia. Di Filipina, buah bisbul diberi nama Karagong.

Manfaat Buah Bisbul untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah bisbul bagi kesehatan tubuh yang cukup banyak tersebut didapat dari kandungan zat penting yang ada di dalamnya. Beberapa kandungan zat di dalam buah bisbul tersebut antara lain, protein, karbohidrat, serat, fosfor, zat besi, kalsium, tiamin, riboflavin, vitamin A, dan vitamin C. Adapun manfaat buah bisbul bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat buah bisbul bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat ini sendiri didapat dari kandungan vitamin A dan juga vitamin C yang ada di dalam buah mentega tersebut. Seperti yang kita tahu, kedua vitamin tersebut berperan penting dalam memperkuat daya tahan tubuh.

Sistem imun tubuh ini sendiri memiliki peranan sangat penting dalam tubuh, di mana tugasnya adalah menghalau tubuh dari serangan berbagai penyakit dan virus. Mengonsumsi buah bisbul secara rutin akan mampu meningkatkan sistem imun tubuh tersebut.

2. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Untuk setiap 100 gram buah bisbul, di dalamnya terdapat kandungan serat mencapai 1,8 gram. Kandungan serat di dalam buah bisbul inilah yang bermanfaat untuk menjaga dan menyehatkan sistem pencernaan di dalam tubuh. Serat ini sendiri merupakan zat yang sangat dibutuhkan tubuh setiap harinya untuk melancarkan kinerja sistem pencernaan. Tubuh yang kekurangan asupan serat, akan mengakibatkan berbagai masalah pencernaan seperti sembelit.

Buah bisbul atau buah mentega ini juga sering digunakan untuk obat diare paling ampuh oleh masyarakat Filipina. Tidak lain manfaat tersebut dikarena kandungan serat yang tinggi di dalamnya.

3. Merawat dan Menjaga Kesehatan Kulit

Tidak hanya berkhasiat bagi kesehatan tubuh, buah bisbul juga memiliki manfaat baik untuk kecantikan kulit. Mengonsumsi buah bisbul akan membantu kamu merawat dan juga menjaga kesehatan kulit. Berbagai masalah kulit yang mengganggu penampilan akan diminimalisir, seperti munculnya jerawat, penuaan dini, kulit kering dan lain sebagainya.

Manfaat luar biasa tersebut didapat dari kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalam buah bisbul. Vitamin C sendiri memiliki sifat antioksidan yang mampu menghalau serangan radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit. Dengan begitu, kulit akan senantiasa cantik dan terhindar dari berbagai masalah atau gangguan.

4. Memperlancar Peredaran Darah

Manfaat buah bisbul bagi kesehatan tubuh yang tidak kalah penting berikutnya adalah mampu melancarkan sistem peredaran darah. Manfaat ini didapat dari kandungan zat besi yang cukup tinggi di dalamnya. Seperti yang kita tahu, zat besi merupakan salah satu komponen penting dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu, zat besi juga berperan penting untuk membantu melancarkan peredaran darah.

Ada banyak pilihan jenis buah atau makanan yang mengandung zat besi tinggi. Namun, dalam hal ini buah bisbul dianggap cukup efektif untuk mencukupi kebutuhan zat besi dalam tubuh tersebut. Dalam setiap 100 gram buah bisbul terdapat kandungan zat besi sebanyak 0,6 miligram.

5. Merawat dan Menjaga Kesehatan Tulang

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, di dalam buah bisbul atau buah mentega terdapat kandungan kalsium dan fosfor yang cukup tinggi. Kalsium dan fosfor ini memiliki peranan yang cukup penting dalam pembentukan dan juga perawatan tulang. Apalagi pada saat usia anak-anak, pertumbuhan tulang harus dijaga dengan rajin mengonsumsi makanan serta minuman dengan kandungan kalsium dan fosfor tinggi.

Mengonsumsi buah bisbul atau buah mentega secara rutin akan membuat kesehatan tulang tetap terjaga. Selain sehat, tulang juga akan menjadi lebih kuat sehingga aktivitas apapun bisa dilakukan dengan maksimal.

6. Sebagai Pencegah Penyakit Kanker

Sering atau rutin mengonsumsi buah bisbul akan mampu mencegah tubuh terkena penyakit kanker. Penyakit kanker muncul dikarenakan sel-sel tubuh yang rusak akibat paparan radikal bebas. Nah, buah bisbul sendiri memiliki kandungan zat antioksidan cukup tinggi yang mampu melawan radikal bebas sehingga mencegah terjadinya kerusakan sel-sel tubuh.

7. Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Manfaat buah bisbul untuk kesehatan tubuh yang terakhir adalah mampu meminimalkan risiko penyakit jantung. Manfaat tersebut tak lain didapatkan dari kandungan serta tinggi yang ada di dalam buah saudara buah kesemek tersebut.

Kandungan serat di dalam buah mentega akan mampu mengendalikan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Kolesterol jahat atau lemak LDL yang terus menumpuk akan mengakibatkan penyumbatan padaarteri. Kondisi ini jika dibiarkan akan mengganggu kinerja jantung.

Itulah tadi beberapa manfaat buah bisbul bagi kesehatan tubuh yang tidak banyak orang tahu. Ternyata selain manis, buah yang juga dijuluki buah mentega ini punya manfaat yang luar biasa. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini