Harus Baca! 7 Manfaat Daun Sage Bagi Tubuh yang Jarang Orang Tahu

0
399

Koran.id – Sebagian dari kalian mungkin masih cukup asing dengan salah satu jenis tanaman herbal satu ini. Daun sage sendiri merupakan salah tanaman herbal yang ternyata punya banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Daun sage juga sudah sejak lama dimanfaatkan untuk diambil khasiatnya. Manfaat daun sage bagi tubuh yang sangat luar biasa ini tidak terlepas dari kandungan nutrisi dan juga vitamin yang ada di dalamnya.

Beberapa kadungan zat yang ada di dalam daun sage ini sendiri seperti, mineral, flavonoid, vitamin A, B Kompleks, C dan K, serta juga antioksidan yang cukup tinggi. Selain dimanfaatkan untuk obat herbal, daun sage biasanya juga dijadikan sebagai campuran dari produk kosmetik, sabun mandi dan juga sedikit untuk penyedap masakan. Mengenai informasi manfaat daun sage bagi tubuh, bisa kalian simak di bawah ini.

7 Manfaat Daun Sage Bagi Tubuh yang Jarang Orang Tahu

Manfaat Daun Sage untuk Kesehatan Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, manfaat daun sage bagi tubuh didapat dari kandungan zat nutrisi dan juga vitamin yang ada di dalamnya. Untuk masalah kesehatan tubuh, daun sage ini sendiri bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit ringan hingga berat. Adapun manfaat daun sage untuk tubuh tersebut, antara lain:

1. Mencegah dan mengatasi penuaan dini

Manfaat daun sage bagi tubuh yang tidak banyak orang tahu pertama adalah bisa berguna untuk mencegah sekaligus mengatasi penuaan dini. Penuaan dini ini sendiri menjadi hal yang paling mengerikan bagi wanita. Apalagi mereka yang memiliki rutinitas harus bertemu dengan banyak orang setiap harinya. Penuaan dini yang muncul membuatnya semakin tidak percaya diri.

Daun sage dengan kandungan zat antioksidannya mampu menangkal radikal bebas sehingga bisa mencegah penuaan dini. Selain itu, di dalamnya juga terkandung vitamin A yang mampu mencegah kerusakan sel kulit sehingga menyebabkan munculnya tanda penuaan dini. Penggunaan daun sage secara rutin juga akan membuat kulit menjadi lebih awet muda dan selalu segar.

2. Merawat kesehatan tulang

Di dalam daun sage ini juga terdapat kandungan vitamin K yang cukup tinggi. Vitamin K ini sendiri memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga dan merawat kesehatan tulang. Selain itu, kandungan vitamin lain di dalamnya juga ikut membantu menyehatkan tulang.

Mengonsumsi daun sage secara rutin akan mencukupi kebutuhan asupan vitamin K dalam tubuh sehingga membuat tulang sehat. Selain itu, kebutuhan asupan vitamin K yang cukup untuk tubuh juga bisa menghindarkan kita dari berbagai penyakit tulang akibat kekurangan asupan vitamin K.

3. Sebagai pencegah kanker

Man faat daun sage bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah bisa menjadi zat pencegah kanker alami. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, daun sage memiliki kandungan antioksidan yang berkhasiat untuk mencegah tumbuhnya sel-sel kanker di dalam tubuh. Kandungan zat antioksidan di dalam daun sage ini sendiri terdiri dari camphor, camphene, borney, 1.8-cineole, dan juga bornyl asetat.

Salah satu faktor munculnya sel kanker di dalam tubuh sendiri karena adanya serangan radikal bebas yang membuat sel-sel dalam tubuh menjadi rusak. Zat antioksidan ini sendiri memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas agar tidak sampai masuk ke dalam tubuh. Dengan begitu, sel kanker tidak akan pernah muncul.

4. Pengendali gula darah dan kolesterol

Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat kita. Penyakit ini timbul diakibatkan oleh kadar gula darah dalam tubuh yang terlalu tinggi. Diimbangi pula dengan gaya hidup kurang sehat, membuat penyakit ini semakin parah diderita. Konsumsilah daun sage secara rutin untuk menormalkan kembali gula darah dalam tubuh.

Selain itu, mengonsumsi ekstrak daun sage secara rutin selama kurang dari 3 bulan akan berkhasiat menurunkan kolesterol jahat secara signifikan. Seperti yang kita tahu, kolesterol jahat atau lemak LDL yang berlebih bisa memicu penyakit jantung dan juga stroke.

5. Bisa mengatasi peradangan atau inflamasi

Manfaat daun sage bagi tubuh lainnya yang tidak kalah penting adalah mampu mencegah inflamasi atau peradangan yang terjadi pada tubuh. Manfaat ini sendiri didapat dari kandungan senyawa aktif yang ada di dalam daun sage, dimana kandungan tersebut memiliki sifat anti-inflamasi.

6. Meredakan gejala menopause

Pada waktunya, para wanita pasti akan mengalami masa menopause. Masa menopause pada wanita ini sendiri akan ditandai dengan berhentinya siklus haid alias ia tidak akan mengalami haid lagi. Ini karena pada masa tersebut hormon reproduksi sudah tidak diproduksi lagi.

Saat memasuki masa tersebut, biasanya akan ada berbagai gejala yang cukup mengganggu Kenyamanan wanita. Gejala menopause tersebut seperti, rasa panas pada wajah hingga dada, munculnya keringat berlebih dan juga detak jantung yang meningkat. Gejala seperti ini ternyata bisa diatasi dengan cara mengonsumsi ekstrak daun sage secara rutin selama 8 minggu.

7. Mencegah kerusakan pada gigi

Manfaat daun sage bagi tubuh yang terakhir adalah untuk mencegah kerusakan yang terjadi pada gigi. Ini karena di dalam daun sage terdapat kandungan antibakteri yang cukup kuat. Kerusakan gigi ini sendiri biasanya disebabkan oleh bakteri yang menimbulkan plak atau karang gigi.

Selain zat antibakteri, di dalam daun sage juga terkandung mineral kalsium yang berkhasiat untuk membentuk dan merawat kesehatan gigi.

Itulah tadi beberapa manfaat daun sage bagi tubuh yang perlu kamu tahu. Untuk bisa mendapatkan manfaat dari daun sage, kamu bisa menjadikannya sebagai teh, minyak essensial, atau juga dressing makanan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini