7 Manfaat Daun Suruhan bagi Kesehatan Tubuh Wajib Kamu Tahu

0
69

Koran.id – Diberi nama daun suruhan bukan berarti daun tersebut bisa disuruh-suruh. Namanya memang agak lucu dan cukup asing, tetapi manfaat daun suruhan bagi kesehatan tubuh sangat luar biasa. Daun Suruhan dikenal juga dengan sebutan daun tumpangan air dan jenis tanaman ini banyak tumbuh di area persawahan atau tempat yang lembab. Bagi kamu yang suka menanam tanaman di pot, biasanya tanaman ini juga ikut tumbuh di pinggiran tanaman utama.

Meskipun seringkali dianggap sebagai tanaman yang mengganggu, ternyata daun suruhan punya efek yang baik untuk tubuh. Dibeberapa Negara, tepatnya Kamerun daun suruhan bahkan dijadikan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan patah tulang. Selain itu, masih ada manfaat lain dari daun suruhan yang tidak kalah luar biasa. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Ragam Manfaat Daun Suruhan bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Suruhan untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Daun Suruhan untuk Kesehatan Tubuh

Daun suruhan memiliki nama latin Peperomia pellucida yang memang menjadi salah satu tanaman herbal tumbuh baik di wilayah Asia, termasuk Indonesia. Dijadikan sebagai obat herbal dikarenakan adanya kandungan alami di dalam tanaman tersebut. Beberapa kandungan alami di dalam daun suruhan, diantaranya:

  • Tanin
  • Lemak
  • Kalsium
  • Minyak atsiri
  • Kalsium oksalat
  • Alkaloid
  • Fitol
  • Senyawa patuloside A
  • Pellucida
  • Magnesium
  • Kalium
  • Natrium
  • Fosfor
  • Glikosida xanthone
  • Fenetilalkohol

Adanya kandungan senyawa di atas membuat daun suruhan memiliki beberapa sifat alami seperti, sifat anti-inflamasi, antibiotik, deuretik, dan juga analgesik. Selengkapnya manfaat daun suruhan bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Sebagai Obat Sakit Kepala

Manfaat daun suruhan bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah mampu meredakan sakit kepala atau migraine secara cepat dan efektif. Selain itu, seseorang yang menderita vertigo juga sangat disarankan untuk memanfaatkan daun suruhan ini. Tidak hanya cepat meredakan sakit kepala, obat ini juga diklaim aman karena memang berasal dari bahan alami.

Untuk mendapatkan manfaat daun suruhan sebagai obat sakita kepala atau migrain, kamu hanya perlu merebus daun suruhan tersebut dengan air secukupnya. Jika sudah agak dingin, langsung saja minum air rebusan daun suruhan tersebut secara berkala.

2. Meredakan Pegal Linu

Aktivitas berat yang dijalani setiap hari seringkali membuat badan terasa remuk dan pegal. Tidak perlu khawatir, daun suruhan dengan kandungan alaminya juga diklaim mampu mengatasi pegal linu secara efektif dan aman. Bukan meminum air rebusan seperti cara sebelumnya, melainkan dengan cara mengumsi daun suruhan tersebut.

Di dalam daun suruhan terdapat kandungan alami yang dipercaya mampu mengembalikan stamina tubuh. Selain itu, energi tubuh juga akan semakin meningkat setelah mengonsumsi daun suruhan tersebut.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat daun suruhan bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak terserang penyakit. Daun suruhan dengan kandungan alaminya akan membantu tubuh melawan kuman dan bakteri yang menjadi penyebab utama tubuh terserang penyakit.

Dengan begitu, daya tahan tubuh akan semakin meningkat karena tidak ada lagi yang mengganggu kesehatannya. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, masyarakat lokal biasanya merebusnya dengan air, kemudian meminum air rebusannya tersebut. Minumlah air rebusan daun suruhan secara rutin agar tubuh senantiasa sehat dan terhindar dari segala macam penyakit.

4. Meredakan Rasa Nyeri

Selain mengatasi pegal linu, daun suruhan juga dipercaya mampu meredakan berbagai rasa nyeri yang terjadi pada tubuh, seperti nyeri otot, nyeri sendi, dan nyeri tubuh. Manfaat tersebut bahkan langsung terasa tidak lama setelah mengonsumsi ekstrak daun suruhan.

Untuk mengolah daun suruhan sebagai obat anti-nyeri pada tubuh sangatlah mudah. Kamu tinggal merebusnya bersama air mendidih, kemudian meminum air rebusan tersebut secara rutin hingga nyeri pada tubuh tidak dirasa lagi.

5. Mengatasi Peradangan Dalam Tubuh

Masih dengan cara meminum air rebusan dari daun suruhan, kamu juga bisa mendapatkan manfaat mengatasi peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Daun suruhan juga memiliki senyawa anti-inflamasi atau anti-peradangan yang membuatnya mampu mencegah serta mengobat radang yang terjadi di tubuh.

Meminum air rebusan daun suruhan untuk mencegah dan mengobati radang juga diklaim sangat aman, karena tidak menimbulkan efek samping sama sekali. Berbeda dengan saat kita meminum obat anti radang yang berbahan kimia, biasanya ada efek samping yang ditimbulkannya.

6. Menjaga dan Merawat Kesehatan Ginjal

Khasiat darun suruhan bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah mampu menjaga serta merawat ginjal agar senantiasa sehat. Dengan begitu ginjal akan lebih optimal lagi dalam melakukan fungsinya tanpa terganggu dengan berbagai masalah yang sering terjadi.

Untuk mendapatkan manfaat daun suruhan dalam menjaga kesehatan ginjal tidaklah sulit. Cukup sediakan beberapa helai daun suruhan, kemudian cuci hingga bersih. Rebus daun suruhan tersebut bersama 3 gelas air hingga benar-benar mendidih. Saring kemudian minum air rebusan tersebut secara rutin agar ginjal selalu terjaga kesehatannya.

7. Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit kanker juga bisa dicegah pertumbuhannya dengan cara mengonsumsi daun suruhan secara rutin. Daun suruhan dengan sifat antioksidannya mampu melawan serangan radikal bebas yang menjadi penyebab utama kerusakan sel-sel dalam tubuh. Sel-sel dalam tubuh yang rusak memperbesar kemungkinan tumbuhnya sel kanker.

Di dalam daun suruhan terdapat kandungan senyawa bernama P. Pellucida, di mana senyawa tersebut punya peran penting dalam mencegah dan memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Itulah tadi beberapa manfaat daun suruhan bagi kesehatan tubuh yang jarang orang tahu. Mulai sekarang, manfaatkan daun suruhan sebagai obat alami untuk memastikan tubuh senantiasa sehat dan terhindar dari segala penyakit. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini