Manfaat Makan Pakai Tangan yang Tidak Banyak Orang Tahu

0
487

Koran.id – Bagi masyarakat perkotaan mungkin terbilang asing jika harus makan dengan menggunakan tangan langsung, tanpa perantara sendok atau alat lainnya. Tapi tidak bagi masyarakat pedesaan, dimana kebiasaan makan pakai tangan langsung tetap dilestarikan hingga sekarang ini. Menurut mereka makan pakai tangan langsung lebih nikmat dan memberikan sensasi rasa yang berbeda. Manfaat makan pakai tangan ternyata juga banyak, bahkan menurut dokter pun juga demikian.

Makan pakai tangan langsung menurut beberapa orang terkesan jorok, padahal tidak sama sekali. Khususnya bagi mereka yang Bergama islam, makan dengan tangan langsung sangat dianjurkan dan ini juga menjadi kebiasaan Nabi. Adapun manfaat makan pakai tangan langsung selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Manfaat Makan Pakai Tangan yang Tidak Banyak Orang Tahu

Manfaat Makan Pakai Tangan Langsung

1. Lebih Higienis dan Nikmat

Sebagian dari kalian mungkin menduga makan dengan sendok atau alat makan lainnya lebih higienis dibandingkan makan dengan tangan langsung. Justru itu terbalik, makan dengan tangan langsunglah yang ternyata lebih higienis. Alasan yang paling mendasar adalah alat makan biasanya hanya sekali dicuci. Berbeda dengan makan menggunakan tangan, dimana tangan dicuci berkali-kali.

Selain itu, di tangan biasanya juga terdapat bakteri baik dan bakteri tersebut nantinya yang akan melawan bakteri jahat yang ada di makanan. Tentunya mencuci tangan sebelum dan sesudah makan penting juga untuk dilakukan agar tangan tetap terjaga kebersihannya.

2. Membuat Perut Lebih Cepat Kenyang

Manfaat makan pakai tangan selanjutnya adalah mampu meningkatkan rasa kenyang di perut. Hal ini tentu tidak akan bisa kamu dapatkan jika makannya menggunakan alat makan seperti sendok dan garpu. Pernyataan ini sendiri sudah dibenarkan dengan hasil dari penelitian yang sudah dilakukan.

Tidak hanya itu saja, makan dengan tangan langsung juga mampu membuat perut kenyang lebih lama, terutama saat makan sambil membaca koran atau menonton TV. Hal seperti ini tentunya juga sangat cocok diterapkan bagi kamu yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan.

3. Mampu Mencegah Penyakit Diabetes

Manfaat makan pakai tangan juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh seseorang. Dalam hal ini makan pakai tangan bisa mencegah penyakit diabetes tipe 2. Tentunya tidak secara langsung makan pakai tangan bisa mencegah penyakit serius tersebut.

Makan menggunakan alat makan biasanya cenderung membuat penderita diabetes tipe 2 menjadi lebih cepat saat makan. Kebiasaan seperti ini ternyata bisa berpengaruh terhadap keseimbangan gula darah dalam tubuh, sehingga menjadikan diabetes tipe 2 lebih cepat berkembang. Makan pakai tangan bisa mengatasi kebiasaan tersebut, dan perkembangan diabetes tipe 2 akan lebih terkontrol pastinya.

4. Mampu Meningkatkan Sirkulasi Darah

Makan pakai tangan secara langsung dianggap semacam latihan otot, dimana otot tangan yang digerak-gerakkan. Kebiasaan seperti ini juga memiliki manfaat yang sama seperti olahraga pada umumnya, yakni mampu meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Sirkulasi darah yang lancar akan membuat tubuh senantiasa sehat dan bugar. Meskipun efek meningkatkan sirkulasi darah dari kebiasaan makan pakai tangan tersebut tidak begitu besar. Setidaknya kamu mendapatkan manfaat luar biasa dari hal kecil tersebut.

5. Membuat Proses Pencernaan Lebih Baik

Manfaat makan pakai tangan lainnya yang tidak banyak orang tahu adalah mampu membuat proses pencernaan makanan di dalam perut bekerja lebih baik. Ini dipengaruhi oleh kebiasaan makan pakai tangan yang membuat makan lebih lambat. Berbeda dengan makan pakai alat makan yang membuat kita lebih cepat saat melahap makanan. Kebiasaan seperti ini tentu tidak baik untuk proses pencernaan makanan.

Tidak hanya itu saja, saat makan pakai tangan akan merangsang saraf ujung jari yang nantinya bakal memberi sinyal ke otak untuk mengeluarkan cairan pencernaan. Alhasil tidak hanya membuat proses pencernaan bekerja dengan baik, melainkan juga membuat makan terasa lebih nikmat. Tidak heran, masyarakat tradisional masih mempertahankan kebiasaan makan seperti ini hingga sekarang.

6. Sistem Pencernaan Lebih Terjaga Kesehatannya

Tidak hanya membuat proses pencernaan bekerja lebih baik, makan pakai tangan juga bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan agar lebih sehat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, makan pakai tangan akan mengeluarkan enzim pencernaan dan saraf ujung jari memberikan pesan terhadap sistem pencernaan agar segera melakukan proses pencernaan. Hal ini akan membuat sistem pencernaan lebih siap dan tahu bagaimana suhu dan tekstur makanan yang akan diproses.

Selain itu, pada tangan juga terdapat flora yang merupakan bakteri baik untuk menjaga sistem pencernaan dari mikroba berbahaya. Flora tersebut akan ikut tertelan saat makan pakai tangan sehingga membuat pencernaan di usus lebih sehat.

7. Sebagai Sensor Suhu

Dan manfaat makan pakai tangan yang jarang disadari yang terakhir adalah menjadi sensor suhu untu setiap makanan yang akan dimakan. Khususnya untuk makanan yang masih panas, ujung saraf jari akan  merasakannya terlebih dahulu. Nantinya kamu bisa menentukan apakah makan tersebut bisa langsung dimakan atau tidak. Hal seperti ini juga dapat mencegah rasa terbakar pada mulut dan juga lidah.

Berbeda lagi saat kamu makannya pakai alat makan seperti sendok dan garpu. Hal ini membuatmu tidak bisa merasakan tekstur dan suhu dari makanan yang ingin dimakan. Dengan begitu, resiko mengalami rasa terbakar di mulut dan lidah akan lebih besar.

Itulah tadi beberapa manfaat makan pakai tangan yang jarang orang sadari. Mulai sekarang cobalah untuk membiasakan diri makan pakai tangan tanpa bantuan alat makan lain. Selain nikmat, kebiasaan ini juga lebih sehat dan kaya manfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini