7 Manfaat Menyantap Kurma Saat Buka Puasa Harus Kamu Tahu

0
572

Koran.idTahukah kamu manfaat menyantap kurma saat buka puasa? Buah kurma merupakan salah satu jenis buah yang sering ditemui di bulan puasa Ramadhan, buah kurma yang berasal dari timur tengah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh terutama baik untuk memberikan energi pada tubuh kamu di saat sedang berpuasa.

Buah kurma yang dikenal dengan rasanya yang manis ini mengandung tannin yang dapat membantu  melancarkan permasalahan usus, jadi tak heran jika buah kurma banyak khasiatnya yang banyak dikonsumsi ketika di bulan puasa ini. adapun dari beberapa manfaat menyantap kurma yang perlu kamu ketahui di saat buka puasa, apa saja manfaatnya? Yuk simak langsung dibawah ini.

7 Manfaat Menyantap Kurma Saat Buka Puasa

1. Pencernaan Menjadi Lancar

Manfaat menyantap kurma di bulan puasa yang pertama berkhasiat untuk memperlancar pencernaan pada usus, karena kandungan buah kurma memiliki serat larut yang bebas dengan disertai asam amino sehingga dapat mempercepat rangsangan proses pencernaan makanan di dalam usus. Dengan mendapatkan hasil yang positif buah kurma di bulan puasa, mampu menjadikan salah satu buak yang banyak dicari untuk dikonsumsi.

Apalagi buah kurma sekarang ini bukan hanya sebagai santapan tambahan, akan tetapi sudah banyak yang menjadikan buah kurma ini sebagai makanan pokok. Hal ini sangat baik untuk melindungi pencernaan ketika kamu ingin melakukan diet sehat dengan mengkonsumsi buah kurma, karena mengkonsumsi buah kurma 1 sampai 3 buah akan membuat perut terjaga dari rasa lapar.

2. Menghilangkan Rasa Lapar

Berikutnya buah kurma juga bermanfaat untuk menghilangkan lapar ketika kamu konsumsi di waktu berbuka dan sahur, buah yang sejatinya baik untuk tubuh ini cukup efektif pada saat kamu sedang berbuka untuk tidak lupa mengkonsomsi buah kurma. Bahkan dengan mengkonsumsi buah kurma ketika sahur, dapat mencegah kamu makan dengan porsi berlebih. Hal ini karena buah kurma dapan menjaga asupannya ketika sesudah pencernaan di dalam perut, jadi kamu bisa beraktivitas seperti biasanya seharian penuh.

Nah jadi buah kurma ini sangat cocok untuk kalian yang bermalas-malasan ketika waktu sahur menjelang, cukup simpel kamu bisa menyiapkan beberapa buah kurma untuk tambahan makanan kamu dan imbangi dengan asupan protein agar puasa kamu sempurna.

3. Menyeimbangkan Keasaman Darah

Kurma juga baik untuk menyeimbangkan keasaman darah ketika berpuasa, apalagi di waktu puasa ini terkadang kalian tidak bisa mengontrol semua dari jenis makanan pun pernah di cobanya. Hal inilah yang menyebabkan keasaman darah kamu tidak terkontrol dengan baik dan dapat menimbulkan penyakit kalau tidak dicegahnya.

Beberapa kandungan makanan yang bisa ketingkatan keasaman darah kamu naik seperti mengkonsumsi daging yang berlebihan serta makanan yang banyak mengandung karbohidrat tinggi. Jadi kamu bisa menyatap buah kurma ketika sedang berbuka maupun waktu sahur, hal ini manfaatnya yang diperoleh dapat direspon secara positif oleh tubuh.

4. Mengandung Manis Alami

Buah kurma yang melekat dengan rasa manisnya ini banyak sekali kandunganya seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa. Hal ini karena tingkat rasa manisnya pada buah kurma yang alami, sehingga jika dikonsumsi di saat berpuasa sangat baik. Rasa manisnya buah kurma tidak membuatmu lapar, tetapi buah kurma memberikan energi yang cukup pada metabolisme di dalam tubuh sehingga kamu ketika beraktivitas seharian di kantor akan tetap semangat dan fokus.

Dari kealamian manisnya buah kurma juga sangat baik untuk menstabilkan gula darah di dalam tubuh kamu, sehingga kondisi tubuhmu tidak akan kaget ketika awal berpuasa. Kamu juga perlu tahu loh, buah kurma ini kalorinya begitu rendah, jadi kamu tak perlu khawatir untuk mengkonsumsi buah kurma ini.

5. Memberikan Energi

Buah kurma yang menjadi santapan tambahan ketika berpuasa ini, memiliki pemanis alami yang baik untuk di cerna oleh tubuh. Sehingga mengkonsumsi buah kurma di saat bulan puasa secara rutin di saat berbuka puasa maupun waktu sahur, akan memberikan energi lebih selama berpuasa. Hal ini tak terlepas dari manis alaminya buah kurma yang di dalamnya banyak mengandung glukosa, jad kamu bisa mengkonsumsi buah kurma ini untuk pelengkap makanan kamu ketika sahur dan berbuka.

Tapi perlu diingat bagi kalian ya apabila ada yang penderita diabetes, maka dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi buah kurma secara berlebihan. Karena perlu diingat juga meskipun kandungan gulanya alami tapi untuk penderita diabetes dianjurkan tidak mengkonsumsi makanan yang rasanya manis.

6. Mengandung Nutrisi

Ternyata buah kurma selain banyak bermanfaat bagi tubuh, juga terbukti memiliki kandungan nutrisi yang banyak. Buah kurma yang kaya akan nutrisi ini terkandung beberapa vitamin seperti antioksidan, magnesium, protein, folat, vitamin B6, vitamin K dan masih ada lagi kandungan yang menyertai buah kurma.

Jadi baik sekali jika kamu mengkonsumsi setiap hari di waktu berbuka maupun sahur dengan buah kurma ini, baik itu kurma yang di sajikan kering maupun kurma basah. Tapi perlu diingat dalam mengkonsumsi setiap harinya, kamu juga perlu membatasi jumlah kurma yang akan di makan.

7. Merangsang Kesehatan Saraf

Perlu diketahui buah kurma yang kaya akan vitamin ini ternyata juga mampu merangsang kesehatan saraf, kandungan vitamin B buah kurma yang di dasari pula dengan kalium mampu kolaborasi dengan baik yang mampu merangsang sistem syaraf kamu menjadi sehat.

Jadi dengan segudang manfaat menyantap kurma, maka kamu akan terus di jaga kesehatan tubuh kamu sekaligus pikiran selalu berkonsentrasi dan fokus. Untuk itu kamu harus menyiapkan di bulan puasa ini terlebih dahulu untuk membeli kurma dan nanti bisa kamu simpan di lemari es.

Itulah tadi beberapa 7 Manfaat Menyantap Kurma Saat Buka Puasa Harus Kamu Tahu, semoga dengan adanya referensi ini memberikan manfaat bagi kalian sekaligus untuk menambah wawasan dan selamat menjalan ibadah puasa

Artikel SebelumnyaBahaya Penyakit Cacar Monyet dan cara Pencegahannya
Artikel SelanjutnyaRagam Festival di Korea yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan di Bulan Mei
Assalamualaikum, saya adalah pria yang akrab di sapa Dj Agha. Hobi olahraga dan sangat menyukai travelling, disamping itu saya senang dalam dunia blogging, Internet acces, dan desainer. Saya mengenal dunia blog hingga desainer sejak di masa kuliah, terus belajar sampai sekarang. "You never fail until you stop trying"

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini