7 Manfaat Petai Bagi Kesehatan Tubuh Jarang Orang Tahu

0
459

Koran.id – Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis makanan yang identik dengan aroma khasnya ini. Ya, petai atau sering disebut juga pete seringkali dijadikan sebagai teman nasi bersama sambal pedas. Selain dikonsumsi secara langsung, petai biasa juga dibuat olahan masakan bersama bahan lainnya. Beberapa orang kurang suka dengan petai dikarenakan aroma khas yang ditimbulkan saat menyantapnya. Meski begitu, manfaat petai bagi kesehatan tubuh ternyata sangat banyak, lho.

Manfaat petai untuk kesehatan tubuh ini didapatkan dari kandungan baik yang ada di dalamnya. Mungkin saja, setelah mengetahui manfaat luar biasa dari pete, nantinya kamu akan berubah pikiran dan berbalik menyukai petai. Adapun manfaat pete bagi kesehatan tubuh jarang orang tahu, bisa disimak di bawah ini.

Table Of Contents

Ragam Manfaat Petai Bagi Kesehatan Tubuh Harus Kamu Tahu

Bagi penyuka petai, jenis makanan satu ini bisa diolah menjadi beragam macam masakan. Baik itu digoreng, dijadikan campuran sambal, dibakar ataupun diacar, petai tetap memiliki rasa yang gurih dan bikin ketagihan. Apalagi dengan kandungan baik di dalam petai, akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Petai untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah manfaat peta bagi kesehatan tubuh yang tidak banyak orang tahu, di antaranya:

1. Mengatasi Mood saat PMS

PMS atau Premenstrual Syndrome merupakan suatu kondisi yang dialami oleh wanita yang sudah memasuki usia pubertas. Saat PMS, mood seorang wanita menjadi tidak stabil sehingga kerap kali membuatnya emosi secara tiba-tiba, bahkan karena hal sepele sekalipun. Untuk mengembalikan mood saat PMS, kamu disarankan mengonsumsi petai untuk mengatasinya.

Di dalam petai ini sendiri terdapat kandungan vitamin B6 yang cukup tinggi. Kandungan vitamin ini berguna untuk mengatur kadar gula darah sehingga bisa mengambalikan mood. Tidak perlu mencari obat-obatan lain yang biasanya cukup sulit untuk dicari, cukup dengan petai agar bisa mengatasinya.

2. Mencegah dan Mengatasi Anemia

Manfaat petai bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah mampu mencegah serta mengatasi anemia. Manfaat ini didapat dari kandungan zat besi yang terdapat dalam petai. Seperti yang kita tahu, zat besi memiliki peran cukup penting dalam pembentukan sel darah merah di dalam tubuh.

Zat besi sendiri akan menstimulas produksi sel darah merah sehingga akan  membantu saat mengalami anemia. Efek ini bahkan bekerja sangat cepat, dalam waktu singkat produksi sel darah merah akan meningkat.

3. Mengobati Sembelit

Sembelit yang dialami seseorang juga bisa diatasi dengan hanya mengonsumsi petai. Susah buang air besar akan lebih dipermudah dan sistem pencernaan akan dinormalkan kembali. Ini karena petai termasuk salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan serat di dalamnya.

Kandungan serat di dalam petai memiliki peran cukup penting dalam menjaga dan merawat kesehatan sistem pencernaan di dalam tubuh. Tidak perlu mengonsumsi berbagai jenis obat pencahar hanya untuk sekedar mengatasi sembelit. Terlebih lagi, terlalu sering mengonsumsi obat dari bahan kimia akan memberikan efek yang buruk bagi tubuh di kemudian hari.

4. Mengatasi Depresi

Manfaat petai berikutnya ini masih berhubungan dengan manfaat no.1 di atas. Dari sebuah survey yang dilakukan oleh MIND, menemukan para penderita depresi yang mengonsumsi petai merasa lebih baik setelahnya. Depresi yang dilanda mampu dinetralisir berkat kandungan baik yang ada di dalam petai.

Di dalam petai terdapat kandungan sejenis protein yang bernama zat triptofan. Ketika masuk ke dalam tubuh, zat tersebut akan dirubahnya menjadi serotonin. Serotonin inilah yang akan membantu membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Mood yang kacau juga akan mampu diperbaiki sehingga seseorang akan merasa lebih bahagia setelah mengonsumsi petai.

5. Mengatasi Begah dan Muntah

Hidangan yang lezat dan enak bisa membuat seseorang sampai lupa diri sehingga membuatnya kalap makan. Kondisi seperti ini bisa mengakibatkan perut begah karena terlalu banyak makanan yang masuk ke dalam perut. Kondisi ini biasanya juga akan memicu rasa panas di dalam dada.

Petai dengan kandungan baik di dalamnya akan memberikan efek antasid terhadap tubuh. Selain itu, petai juga memiliki kemampuan mencegah tubuh agar tidak muntah. Luar biasa sekali bukan manfaat makanan dengan aroma khasnya ini?

6. Meningkatkan Energi Tubuh

Manfaat petai bagi kesehatan tubuh yang tidak kalah hebat selanjutnya adalah mampu membuat tubuh lebih bertenaga dan penuh semangat. Energi tubuh akan lebih didorong kuat ketika seseorang mengonsumsi petai.

Pada sebuah riset yang dilakukan, seseorang yang mengonsumsi 2 porsi petai akan membuat tubuhnya lebih kuat dan mampu melakukan aktivitas berat bahkan hingga jangka waktu 90 menit. Manfaat ini didapat dari 3 macam gula di dalam petai yakni glukosa, fruktosa dan sukrosa.

7. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Dan manfaat petai bagi kesehatan tubuh yang terakhir adalah membantu kinerja otak agar lebih maksimal. Mengonsumsi petai akan membuat kemampuan otak menjadi lebih meningkat, sehingga berbagai permasalahan bisa diselesaikan dengan baik dan maksimal.

Selain itu, pada sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 200 siswa di Twickenham. Mereka memiliki kebiasaan mengonsumsi petai sebanyak 3 kali sehari. Dan saat mengerjakan soal ujian, mereka tampak lebih mudah tanpa adanya beban sedikitpun. Masih ragu dengan khasiat dari petai?

Itulah tadi beberapa manfaat petai bagi kesehatan tubuh yang perlu kamu tahu. Mulai sekarang, jangan lagi remehkan petai karena aroma khas yang ditimbulkannya. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel SebelumnyaSejarah Awal Pembentukan Internet di Dunia yang Harus Kamu Ketahui
Artikel Selanjutnya7 Manfaat Buah Bisbul Bagi Kesehatan Tubuh Perlu Kamu Tahu
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini