7 Manfaat Singkong bagi Kesehatan yang Jarang Orang Tahu

0
136

Koran.id – Sebagai orang asli Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan jenis umbi-umbian satu ini. Singkong atau ketela pohon ini sendiri bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan, mulai dari singkong rebus, singkong goreng, keripik, hingga jajanan singkong. Selain rasanya yang enak, manfaat singkong bagi kesehatan juga sangat banyak.

Manfaat luar biasa dari singkong tersebut tidak terlepas dari berbagai kandungan zat baik yang ada di dalamnya. Mengonsumsi singkong setiap hari juga sangat aman karena tidak menimbulkan efek samping berbahaya. Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat singkong untuk kesehatan, bisa kalian simak di bawah ini.

Ragam Manfaat Singkong bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Singkong untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Singkong untuk Kesehatan Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di dalam singkong terdapat banyak sekali kandungan zat yang baik bagi tubuh. Bahkan beberapa zat yang ada di dalamnya tersebut juga merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Adapun kandungan zat yang ada di dalam singkong, di antaranya:

  • Karbohidrat
  • Serat
  • Zat besi
  • Protein
  • Kalsium
  • Kalori
  • Fosfor
  • Magnesium
  • Zinc
  • Sodium
  • Magnesium
  • Vitamin A, B2, B3, B6, B9, E, dan K

Berkat kandungan zat yang cukup kaya tersebut membuat singkong sangat baik bagi kesehatan tubuh. Adapun manfaat singkong bagi kesehatan, di antaranya:

1. Sebagai Sumber Energi bagi Tubuh

Sama seperti nasi, singkong juga merupakan salah satu sumber energi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tidak heran, di beberapa daerah singkong dijadikan sebagai makanan pokok utama. Di dalam singkong terdapat karbohidrat yang cukup tinggi, yakni sekitar 38,06 gram per 100 gramnya. Seperti yang kita tahu, karbohidrat merupakan bahan bakar utama tubuh yang nantinya dirubah menjadi glukosa. Tubuh yang kekurangan karbohidrat akan membuat organ tubuh tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Selain karbohidrat, singkong juga merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan kalori. Dalam 100 gram singkong terdapat kandungan kalori sebesar 160 kalori, di mana kalori ini juga menjadi salah satu sumber energi bagi tubuh.

2. Baik untuk Program Diet

Meskipun singkong memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, namun mengonsumsinya tidak akan membuat tubuh cepat gemuk. Sebaliknya, singkong akan membantu menjaga berat badan agar tetap ideal. Karena itulah, bagi kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan, memilih singkong sebagai menu harian menjadi langkah paling tepat.

Di dalam singkong juga terdapat kandungan serat yang cukup tinggi, yakni sekitar 1,8 gram per 100 gram singkong. Seperti yang kita tahu, kandungan serat di dalam sebuah makanan memang sangat baik untuk program diet. Pasalnya, kandungan tersebut mampu membuat perut merasa kenyang lebih lama sehingga menekan keinginan untuk makan.

3. Menjaga dan Merawat Sistem Pencernaan

Manfaat singkong bagi tubuh berikutnya adalah mampu merawat serta menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai gangguan. Manfaat ini lagi-lagi didapat dari adanya kandungan serat tinggi yang ada di dalam singkong. Sistem pencernaan, terutama usus akan dijaga kesehatannya dengan baik.

Serat akan membantu usus meningkatkan produksi bakteri baik sehingga nantinya mampu melawan bakteri jahat yang mencoba menyerang. Selain itu, tubuh yang kekurangan serat maka akan mengalami berbagai gangguan pencernaan seperti, sembelit, diare, radang usus dan lain sebagainya.

4. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Singkong juga punya efek yang baik bagi para penderita diabetes. Pasalnya, singkong dengan kandungan vitamin A di dalamnya mampu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Kadar gula darah di dalam tubuh akan dikontrol agar tetap normal. Dengan begitu, penyakit diabetes akan mampu dicegah serta disembuhkan.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Nutrition and Human Health tahun 2018, singkong diklaim sangat efektif dalam mengendalikan kadar gula darah. Penelitian ini sendiri melibatkan sebanyak 40 orang dewasa yang mengonsumsi 360 gram singkong. Hasilnya kadar gula darah mereka menjadi lebih terkendali.

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Sistem kekebalan tubuh punya peran yang sangat penting yakni memastikan bahwasannya tubuh senantiasa sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Sistem imun tubuh berfungsi melawan berbagai bakteri dan virus yang menjadi penyebab utama tubuh sakit. Dengan mengonsumsi singkong, sistem imun tubuh akan lebih kuat lagi dalam menjalankan fungsinya.

Manfaat singkong dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh didapat dari kandungan vitamin A yang ada di dalamnya. Hal ini didasarkan dari sebuah studi yang diluncurkan oleh NCBI, di mana vitamin A memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerja sistem imun tubuh.

6. Sebagai Obat Anti-Kanker

Manfaat luar biasa singkong bagi tubuh berikutnya yaitu mampu mencegah berkembangnya sel-sel kanker. Singkong dengan kandungannya juga diklaim memiliki sifat antioksidan, yang mana senyawa di dalamnya mampu melawan radikal bebas yang merupakan penyebab utama tumbuhnya sel kanker.

Tidak sulit untuk cara memanfaatkan singkong sebagai makanan pencegah kanker, kamu hanya harus rutin mengonsumsinya. Tetapi sayangnya, belum ada bukti ilmiah resmi yang menyatakan singkong merupakan makanan pencegah penyakit kanker. Meski demikian, tidak ada salahnya untuk kita mengonsumsi singkong secara rutin, mengingat manfaatnya yang sangat banyak.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Dan manfaat singkong bagi kesehatan yang terakhir adalah mampu meminimalkan risiko penyakit jantung, khususnya Jantung Koroner. Manfaat ini didapat dari kandungan serat yang cukup tinggi di dalam singkong.

Pernyataan ini juga semakin diperkuat dengan hasil penelitian yang dilakukan di University of Kentucky, Amerika Sekitar pada tahun 2009 lalu. Tim peneliti dari universitas tersebut mengungkapkan bahwasannya kandungan serat punya kemampuan untuk meminimalisir risiko penyakit jantung koroner di alami oleh seseorang. Selain itu, serat juga cukup efektif dalam mencegah penyakit stroke dan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Itulah tadi beberapa manfaat singkong untuk kesehatan tubuh yang tidak banyak orang tahu. Mengetahui manfaatnya yang cukup banyak tersebut, wajib rasanya memasukkan singkong ke dalam menu harian. Menjadikan singkong sebagai pengganti nasi juga tidak disalahkan, karena memang fungsinya yang juga sebagai sumber energi bagi tubuh. Apalagi, singkong juga punya manfaat luar biasa lain menjadikannya sangat penting untuk dikonsumsi setiap hari. Semoga informasi di atas bermanfaat ya?

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini