7 Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan Tubuh Perlu Kamu Tahu

0
351

Koran.id – Berbicara soal teh, ada banyak sekali jenisnya yang bisa kita temukan sekarang ini. Mulai dari teh hijau, teh putih, teh hitam hingga teh oolong. Dari sekian banyaknya jenis teh yang ada, ada satu jenis teh yang menarik untuk dibahas yakni teh oolong. Namanya sangat unik, rasanya juga sangat nikmat dan menyegarkan penikmatnya. Sama seperti jenis teh lainnya, manfaat teh oolong untuk kesehatan tubuh juga cukup banyak.

Meminum teh oolong dipercaya mampu menghindarkan seseorang dari berbagai penyakit, bahkan penyakit berbahaya sekalipun. Tidak lain karena adanya kandungan nutrisi baik yang ada di dalam teh oolong tersebut. Daripada semakin penasaran, simak ulasan di bawah ini mengenai manfaat teh oolong bagi kesehatan tubuh selengkapnya.

Table Of Contents

Ragam Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan Tubuh Perlu Kamu Tahu

Manfaat Teh Oolong Bagi Kesehatan Tubuh

Teh oolong sebenarnya masih sama dengan teh hijau atau teh hitam, terbuat dari daun tanaman yang sama. Hanya saja, waktu ferementasi pada teh oolong berbeda dengan green tea dan black tea. Membuat teh oolong  membutuhkan waktu fermentasi yang lebih lama, sehingga membuat warna, rasa dan aroma teh oolong berbeda dengan jenis teh lainnya. Tidak hanya itu, proses tersebut juga mengakibatkan perubahan unsur kimia yakni cathechin.

Teh oolong sendiri kaya akan kandungan vitamin, antioksidan dan juga mineral yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh. Dalam secangkir teh oolong terdiri dari 26% Mangan, 5-24% Flouride, 1% Sodium, 1% Kalium, 1% Magnesium dan juga 1% Niasin. Adapun manfaat teh oolong untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Sebagai Anti Kanker

Manfaat teh oolong untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah mampu mencegah atau menurunkan risiko penyakit kanker yang berbahaya. Pada sebuah penelitian di Taiwan, ditemukan hubungan yang erat antara minum teh oolong dengan penurunan risiko penyakit kanker di kepala dan leher. Penelitian juga dilakukan di China dan menemukan fakta bahwa minum segala jenis teh termasuk teh oolong dapat menurunkan risiko penyakit kanker ovarium.

Mengonsumsi teh oolong secara rutin setiap hari, dapat menurunkan risiko penyakit kanker hingga 4 persen lebih rendah. Meski begitu, pernyataan ini masih belum dinyatakan secara resmi oleh National Cancer Institute yang berpusat di Amerika Serikat. Tetapi tidak ada salahnya juga mengonsumsi teh oolong mengingat manfaat luar biasa lain yang bisa didapatkan darinya.

2. Baik untuk Program Diet

Apakah saat ini kamu sedang menjalani program penurunan berat badan? Jika benar, sangat disarankan bagi kamu untuk juga mengonsumsi teh oolong. Ini karena teh oolong diklaim mamiliki khasiat untuk menurunkan berat badan secara lebih efektif. Mengonsumsi teh oolong akan membuat lemak yang tertimbun di perut lebih sedikit.

Hal ini juga sudah dibuktikan dengan sebuah penelitian yang dilakukan terhadap orang dewasa yang kelebihan berat badan. Mereka diharuskan meminum sekitar 300 ml teh oolong 4 kali sehari dalam waktu 6 minggu. Alhasil berat badannya turun sekitar 1kg dari berat badan semula.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung biasanya dipicu oleh tingginya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Meminum teh oolong sebanyak 10 ons per minggu dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi, kolesterol jahat atau LDL, dan trigliserida. Kadar kolesterol yang stabil tentu akan mampu menurunkan risiko penyaki jantung pada diri seseorang.

Penelitian juga dilakukan di Jepang dengan melibatkan orang dewasa. Mereka yang setidaknya meminum secangkir teh herbal termasuk juga teh oolong, hal ini akan mampu menurunkan risiko penyakit jantung terhadap dirinya.

4. Menjaga Kesehatan Gigi

Manfaat teh oolong untuk kesehatan lainnya yang tidak kalah penting adalah mampu menjaga kesehatan gigi. Mengonsumsi teh oolong secara rutin akan membuat gigi terhindar dari berbagai masalah seperti gigi berlubang. Manfaat ini sendiri di dapat dari kandungan fluoride yang ada di dalamnya. Seperti yang kita tahu, fluoride ini sendiri merupakan zat baik yang sering digunakan dalam pasta gigi, obat kumur dan juga air minum.

Meski baik bagi kesehatan gigi, kelebihan fluoride di dalam tubuh juga akan berdampak buruk. Karena itulah, sebaiknya mengonsumsi teh oolong tidak lebih dari 1 liter per hari agar tubuh senantiasa sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

5. Sebagai Antioksidan Alami Tubuh

Teh oolong dengan kandungan senyawa polifenol di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh. sifat antioksidan tersebut akan mampu melawan dan menangkal radikal bebas agar tidak masuk ke dalam tubuh. Hal ini juga sudah dibuktikan oleh sebuah studi jurnal nutrisi di tahun 2002 lalu, di mana fenol teh memiliki kemampuan membersihkan radikal bebas di dalam tubuh.

Seperti yang kita tahu, radikal bebas yang menyerang tubuh dapat mengakibatkan kerusakan sel-sel di dalamnya sehingga bisa memicu kanker, stroke, peradangan pada sendi, diabetes, neurodegenerasi, dan juga aterosklerosis.

Manfaat teh oolong untuk kesehatan tubuh juga ada hubungannya dengan penurunan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2. Pernyataan ini ditemukan dari sebuah penelitian yang dilakukan terhadap orang dewasa, di mana ia meminum 3 cangkir atau lebih teh oolong secara rutin setiap hari.

Pada penelitian lainnya yang dilakukan, menemukan seseorang yang meminum teh oolong secara rutin per hari, hal tersebut ternyata sama sekali tidak meningkatkan kadar gula darah atau insulin. Dengan begitu, teh oolong sangat aman bagi penderita diabetes.

7. Meredakan Stress yang Melanda

Dan manfaat teh oolong untuk kesehatan tubuh yang terakhir adalah minum teh oolong akan mampu meredakan stess secara signifikan. Hal ini sudah dipercaya sejak lama oleh masyarakat terdahulu, di mana meminum teh oolong memang akan membuat pikiran lebih tenang, suasana hati lebih bahagia, dan emosi bisa lebih terkendali.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Institut Ilmu Kesehatan Osaka di Jepang menemukan bahwa teh oolong dapat menurunkan stress hingga 18%. Luar biasa sekali bukan?

Itulah tadi beberapa manfaat teh oolong untuk kesehatan tubuh yang harus kamu tahu. Mengetahui manfaat luar biasa dari teh oolong di atas, sudah sepatutnya untuk kita menjadikan teh oolong sebagai minuman sehat yang harus diminum secara rutin. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel SebelumnyaRekomendasi Smartphone Gaming Murah Meriah Harga Dibawah 4 Jutaan
Artikel Selanjutnya7 Obat Radang Tenggorokan Tradisional Alami yang Ampuh
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini