10 Rekomendasi Merek Kamera DSLR Terbaik Favorit Fotografer

14
Merek Kamera DSLR Terbaik
Merek Kamera DSLR Terbaik

Koran.id – Mengabadikan momen dalam sebuah foto hasilnya lebih sempurna jika menggunakan kamera DSLR. Kamera jenis ini biasanya dibekali dengan lensa khusus yang punya resolusi tinggi. Gambar yang dihasilkan berkualitas bagus, anti-pecah, warna yang akurat dan juga jernih. Tidak heran banyak fotografer lebih memilih kamera DSLR untuk aktivitas memotret yang dilakukannya. Dan saat ini sudah ada banyak merek kamera DSLR terbaik yang bisa ditemukan di pasaran, di mana masing-masing merek punya keunggulan tersendiri.

Kamera DSLR biasanya juga dibekali dengan lansa yang bisa diubah atau diupgrade sesuai keinginan pengguna. Penggantian lensa tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dalam memotret, baik itu lensa mikro, lensa jarak jauh, lensa untuk menangkap gerakan cepat dan lain sebagainya. Mengenai brand kamera DSLR terbaik favorit pada fotografer selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Daftar Merek Kamera DSLR Terbaik Favorit Fotografer

Memilih kamera DSLR untuk kebutuhan fotografi, sebaiknya sesuaikan dengan aktivitas memotretmu tersebut. Untuk sekedar menyalurkan hobi, bisa memilih kamera DSLR biasa terlebih dahulu yang umumnya dibanderol dengan harga terjangkau. Sementara untuk kebutuhan bisnis, disarankan untuk memilih kamera DSLR profesional. Biasanya kamera jenis ini dilengkapi dengan banyak fitur yang membuat kemampuan memotretnya sangat baik dengan hasil yang berkualitas.

Selain soal kegunaan, kamu juga perlu memperhatikan beberapa fitur pendukung yang disematkan di dalam kamera DSLR. Fitur-fitur yang canggih umumnya sudah disematkan pada kamera DSLR keluaran terbaru, tidak lain hal ini dilakukan untuk menunjang aktivitas pengguna dalam menggunakan kamera. Yang paling penting adalah fitur lensa yang didukung oleh kamera, pastikan kamu memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, juga beberapa fitur pendukung lainnya, seperti bluetooth, wifi, layar LED, dan lain sebagainya.

Dan terakhir soal merek dari kamera DSLR, di mana masing-masing merek memang punya keunggulan tersendiri yang menjadi daya tarik bagi pengguna. Keahlian yang dimiliki juga berbeda-beda untuk setiap merek kamera DSLR, yang pasti ini perlu kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Adapun beberapa merek kamera DSLR terbaik selengkapnya, sebagai berikut:

1. Nikon

Nikon
Nikon

Sebagian besar dari kalian para pecinta fotografi pasti sudah tidak asing lagi dengan merek kamera DSLR satu ini. Nikon menjadi salah satu merek kamera fotografi terbaik dan terlaris di Indonesia khususnya. Bersaing ketat dengan brand Canon, kamera Nikon tentunya memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengguna. Meskipun demikian, harga kamera Nikon diklaim lebih mahal sedikit dibandingkan kamera Canon.

Brand kamera terbaik asal Jepang satu ini sudah merilis banyak seri kamera dengan keunggulannya masing-masing. Salah satunya adalah Nikon D5200 yang dibanderol dengan harga Rp 5 jutaan. Kamera satu ini didukung dengan sensor CMOS DX-Format yang memiliki resolusi 24.1 megapixel. Ditambah lagi dengan dukungan Processor Image EXPEED 3 yang memungkinkan ia memotret secara beruntun hingga 5 frame dalam 1 detiknya. Menarik sekali bukan?

2. Canon

Canon
Canon

Berikutnya ada merek kamera Canon yang juga menjadi salah satu brand kamera terlaris di dunia, termasuk di Indonesia. Sudah sejak lama Canon menguasai pasar kamera DSLR di dunia, dan hingga saat ini kamera Canon masih menjadi pilihan utama bagi para pecinta fotografi. Yang menarik dari kamera Canon adalah ada banyak seri kamera yang disediakan, serta dengan banderol harga terjangkau.

Pada kamera Canon, berbagai fitur canggih disematkan guna untuk memaksimalkan hasil jepretan foto maupun video dari kamera tersebut. Misalnya saja fitur eye-controlled AF dan image-stabilized lens yang membuat hasil jepretan foto tampak jernih, tajam, warna akurat serta anti pecah karena resolusinya yang tinggi.

3. Sony

Sony
Sony

Sony sebenarnya lebih unggul dalam produksi kamera mirrorless, namun mereka juga merilis seri kamera DSLR terbaik. Kamera DSLR dari Sony ini punya kelebihan tersendiri dibandingkan dengan kamera DSLR dari merek lainnya. Salah satu kelebihannya tersebut terletak pada dukungan lensa yang diciptakannya. Lensa kamera dari Sony diklaim mampu menghasilkan foto beresolusi tinggi dan berkualitas bagus.

Kamera DSLR dari Sony sendiri tidak banyak pilihannya, namun juga tidak kalah menarik untuk dijadikan pilihan. Untuk semakin membuat hasil jepretan foto tampak sempurna, beberapa fitur canggih juga disematkan di dalam kamera Sony ini.

4. Pentax

Pentax
Pentax

Bagi pemain lama tentunya sudah sangat akrab dengan nama brand kamera DSLR satu ini. Pentax memang sudah sejak lama menekuni dunia produksi kamera, di mana kamera DSLR merupakan salah satu jenis kamera yang dihadirkannya di pasaran. Kamera Pentax terkenal dengan kualitasnya yang bagus dan awet, di mana material yang digunakan merupakan bahan berkualitas tinggi.

Pentax sendiri sudah merilis beberapa seri kamera DSLR terbaik yang juga menjadi incaran para fotografer, baik itu pemula maupun profesional. Salah satu seri kamera DSLR dari Pentax yakni bernama Pentax K-50 yang dihargai sebesar Rp 14 jutaan. Harga kamera tersebut memang masih terbilang tinggi, namun kualitasnya juga tidak main-main. Kamera tersebut dibekali dengan Sensor CMOS APS-C beresolusi 16M dan Processor PRIME M yang akan menghasilkan foto berkualitas tinggi. Ditambah lagi dengan dukungan teknologi AF SAFOX IXi+ dan ISO 100-51200 yang membuatmu lebih mudah dalam memotret.

5. Samsung

Samsung
Samsung

Samsung merupakan salah satu brand ternama berasal dari Korea Selatan yang juga merilis produk kamera DSLR terbaik. Bahkan Samsung sudah memperkenalkan beberapa seri kamera DSLR, salah satunya adalah seri Samsung Galaxy NX 20. Kamera DSLR satu ini mengusung desain ergonomis dengan adanya lekukan sebagai pegangan di sisi kanan kamera. Selain itu, penempatan tombolnya juga mudah dijangkau, sehingga lebih mudah dalam memotret.

Kamera Samsung Galaxy NX 20 ini sendiri memiliki resolusi mencapai 20MP dengan dukungan Sensor CMOS APS-C Size di dalamnya. Tidak hanya seri Samsung Galaxy NX 20 ini saja, beberapa seri kamera DSLR lain juga dihadirkan oleh Samsung dan menjadi pilihan favorit para pecinta fotografi.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Merek Kamera Fotografi yang Paling Populer

6. FujiFilm

FujiFilm
FujiFilm

Jika kamu mencari kamera DSLR dengan banderol harga murah, kamera dari brand FujiFilm ini bisa kamu jadikan pilihan. Bersaing ketat dengan kamera Canon dan Nikon, FujiFilm punya peminat setianya tersendiri. Tidak heran produk kamera DSLR dari FujiFilm selalu dicari di pasaran karena kualitasnya yang bagus. Beberapa fitur pendukung juga disematkan di dalamnya guna untuk memaksimalkan pengambilan foto maupun video.

Dari sekian banyaknya seri kamera DSLR yang dirilis oleh FujiFilm, salah satu yang cukup banyak diminati yakni FujiFilm GFX100. Kemampuannya dalam mengabadikan objek sangat baik, ini berkat dukungan sensor dan processor mumpuni yang didukungnya. Tidak hanya foto saja, kamera FujiFilm GFX100 ini juga mampu menghasilkan video berkualitas tinggi dengan format mencapai 4K/30 piksel.

7. Leica

Leica
Leica

Untuk urusan produksi kamera, Leica menjadi salah satu merek ternama yang bisa dibilang paling handal. Bahkan lensa garapan dari Leica ini diminati oleh banyak brand, khususnya brand smartphone. Bersaing dengan Sony dan brand kamera lainnya, Leica punya karakteristik sendiri yang menjadi daya tarik utamanya. Namun, kamera dari Leica ini dibanderol dengan harga yang lumayan mahal.

Beberapa seri kamera DSLR sudah dirilis oleh Leica, salah satunya adalah seri Leica M-A (Typ 127). Kamera satu ini dibekali dengan M-Mount dengan rentang fokus antara 16-135mm. Hasil foto jepretan dari kamera Leica M-A (Typ 127) ini sangat bagus, jernih dan juga tajam. Tidak hanya foto, kamera Leica ini juga handal dalam hal merekam video dengan resolusi mencapai 1080p.

8. Kodak

Kodak
Kodak

Kodak bisa dibilang sebagai salah satu merek kamera tertua yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Kamera dari Kodak dibuat secara khusus dengan mengusung desain bodi berkesan klasik dan sederhana. Khususnya untuk jenis kamera DSLR, Kodak sudah merilis beberapa seri kamera terbaik untuk para peminat setianya.

Salah satu kamera DSLR dari Kodak yang paling recommended untuk dipilih, yakni Kodak Easyshare Z812 IS. Kamera satu ini didukung dengan Sensor CCD yang memiliki resolusi mencapai 8MP. Tidak hanya handal dalam menciptakan foto jepretan, kamera ini juga bagus dalam hal merekam video dengan resolusi hingga 720p/30fps.

9. Olympus

Olympus
Olympus

Kali ini ada merek kamera Olympus yang juga menghadirkan beberapa seri kamera DSLR terbaik. Olympus juga termasuk salah satu merek kamera ternama di dunia dan menjadi incaran favorit para fotografer pemula hingga profesional. Kamera dari Olympus ini tidak hanya tangguh, juga mampu menghasilkan foto maupun video berkualitas tinggi.

Olympus Evolt E-510 merupakan salah satu seri kamera DSLR dari Olympus yang cukup banyak diminati. Meskipun dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi, namun ini sudah sesuai dengan kemampuannya dalam hal memotret maupun merekam video. Di dalamnya didukung dengan fitur Image Stabilization SuperSonic Wave Drive yang mampu menangkap objek yang bergerak cepat dengan hasil sempurna.

10. Panasonic

Panasonic
Panasonic

Dan pilihan merek kamera DSLR terbaik yang terakhir yakni Panasonic. Brand satu ini memang punya banyak sekali jenis produk elektronik yang dijual di pasaran. Yang paling terkenal adalah kulkas dan TV LED-nya yang terbilang kuat, awet dan maksimal dalam menjalankan fungsinya.

Khususnya untuk kamera DSLR Panasonic, kualitasnya tidak perlu diragukan lagi dan pastinya tidak kalah bagus dibandingkan kamera dari beberapa merek yang telah disebutkan di atas. Bekerjasama dengan brand lain dalam hal produksi kamera DSLR full-frame, kamera dari Panasonic ini bertajuk kamera Lumix.

Itulah tadi beberapa rekomendasi merek Kamera DSLR terbaik yang menjadi pilihan favorit banyak fotografer. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel Sebelumnya10 Rekomendasi Merek Shower Murah yang Bagus dan Awet
Artikel Selanjutnya10 Rekomendasi Kamera DSLR Terbaik untuk Kebutuhan Fotografi
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini