7 Obat Radang Tenggorokan Tradisional Alami yang Ampuh

0
502

Koran.id – Radang tenggorokan bisa dialami oleh siapa saja, baik itu anak-anak, remaja hingga dewasa. Namun, peradangan pada tenggorokan ini lebih sering dialami oleh anak-anak dari usia  5 hingga 15 tahun dan juga pria lebih besar mengalami risiko ini dibandingkan wanita. Radang tenggorokan juga menjadi salah satu penyakit menular. Karena itulah, perlu tindah pencegahan lebih dini agar hal tersebut tidak terjadi. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi obat radang tenggorokan tradisional alami.

Obat herbal tradisional lebih banyak dipilih karena aman dan juga efektif dalam menyembuhkan radang tenggorokan. Berbeda dengan mengonsumsi obat berbahan kimia, biasanya jenis obat tersebut menimbulkan efek samping negatif lain, apalagi penggunaan yang terus-menerus. Adapun jenis obat radang tenggorokan alami tradisional tersebut bisa disimak di bawah ini.

Jenis Obat Radang Tenggorokan Tradisional Alami yang Efektif

Umumnya radang tenggorokan bukanlah suatu penyakit yang serius, tetapi hal ini memicu rasa sakit di tenggorokan, apalagi saat akan menelan makanan. Selain itu, suara biasanya menjadi serak atau bahkan hilang dikarenakan iritasi yang terjadi pada pita suara. Biasanya radang tenggorokan akan sembuh tidak lebih dari 2 hingga 5 hari. Jika sudah lebih dari itu, bahkan mencapai lebih dari 3 minggu, kondisi sudah dikategorikan sebagai radang tenggorokan akut.

Sebaiknya segera lakukan penyembuhan agar radang tenggorokan tidak semakin menyiksa. Berikut ini adalah beberapa jenis obat radang tenggorokan tradisional alami yang diklaim sangat ampuh dan efektif, di antaranya:

1. Larutan Air Garam

Obat radang tenggorokan alami yang paling ampuh pertama adalah laruta air garam. Air garam dengan kandungan senyawa baik di dalamnya mampu meredakan sakit tengorokan akibat radang dan juga bisa merangsang produksi air liur. Selain itu, air garam juga mampu membunuh bakteri yang menjadi penyebab radang tenggorokn.

Untuk memanfaatkan garam sebagai obat penyembuh radang tenggorokan tidaklah sulit. Cukup siapkan sebanyak 200 ml air hangat lalu larutkan garam sebanyak satu sendok teh. Aduk-aduk hingga garamnya larut ke dalam air. Gunakan larutan air garam tersebut untuk kumur-kumur agar pembengkakan di tenggorokan mereda. Lakukan cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali sehari agar peradangan di tenggorokan bisa cepat sembuh.

2. Cuka Apel

Selain air garam, cuka sari apel juga cukup efektif dalam menyembuhkan peradangan yang terjadi di tenggorokan. Sama seperti air garam, cuka apel juga memiliki kemampuan membunuh bakteri berkat sifat antimikroba yang dimilikinya. Cuka apel dengan sifat asamnya juga mampu merangsang air liur sehingga rasa sakit akibat peradangan bisa mereda.

Cara memanfaatkan cuka apel sebagai obat alami radang tenggorokan juga tidak terlalu sulit. Kamu tinggal siapkan satu cangkir air lalu campurkan satu atau dua sendok makan cuka apel dan aduk hingga larut. Gunakan campuran tersebut untuk kumur-kumur dan lakukan sebanyak 3 kali sehari. Selain itu, perbanyak pula minum air putih agar pengobatannya lebih maksimal.

3. Jahe dan Kayu Manis

Obat radang tenggorokan tradisional alami paling efektif berikutnya adalah air rebusan dari jahe dan kayu manis. Air rebusan dari kedua bahan dapur tersebut terkenal dengan efeknya yang mampu melegakan tenggorokan. Secara medis, air rebusan jahe dan kayu manis ternyata juga bisa menyembuhkan radang tenggorokan dengan lebih cepat.

Untuk membuat ramuan tersebut sangatlah mudah, tinggal kamu rebus segenggam jahe dan kayu manis bersama air secukupnya hingga mendidih. Diamkan hingga agak dingin, lalu minumlah ramuan tersebut. Jika dirasa kurang enak, kamu bisa menambahkan madu sebagai pemanisnya. Minumlah segelas rebusan tersebut sebanyak 2 kali sehari, jika terlalu banyak justru akan membuat perut terasa mulas dan panas.

4. Madu

Madu juga menjadi salah satu obat herbal alami yang bisa menyembuhkan luka atau peradangan yang terjadi di tenggorokan. Dengan begitu, sakit di tenggorokan akan sembuh lebih cepat dengan cara rutin meminum madu. Selain manfaat tersebut, penelitian lain menemukan bahwasannya meminum madu juga mampu meredakan batuk dengan lebih efektif dan cepat.

Dalam menyembuhkan peradangan di tenggorokan menggunakan madu sangatlah mudah. Siapkan satu gelas air hangat lalu larutkan satu sendok makan madu ke dalamnya. Minumlah ramuan ini setidaknya satu gelas per hari selama penyembuhan. Madu akan mengatasi iritasi di tenggorokan yang diakibatkan oleh bakteri dengan lebih efektif.

5. Jeruk Nipis atau Lemon

Jeruk nipis dan lemon sama-sama kaya akan kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang bersifat sebagai antioksidan. Kandungan tersebut akan mampu melawan bakteri yang menyebabkan iritasi di tenggorokan. Selain itu, dengan sifat asamnya akan memberikan efek rangsangan terhadap produksi air liur serta melindungi selaput lendir agar tetap lembab.

Untuk membuat obat herbal radang tenggorokan dari jeruk nipis atau lemon juga sangat mudah. Siapkan satu gelas air hangat lalu campurkan air perasan jeruk nipis atau lemon di dalamnya. Jangan lupa campurkan juga madu dan garam ke dalamnya, lalu aduk hingga rata. Minumlah ramuan tersebu secara rutin agar tenggorokan tidak sakit lagi. Kamu bebas memilih apakah ingin menggunakan lemon atau jeruk nipis, kedua bahan tersebut sama-sama punya khasiat yang ampuh.

6. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga menjadi alternatif lain untuk menyembuhkan radang tenggorokan yang menyiksa. Kandungan yang ada di dalam minyak kelapa diklaim ampuh melawan infeksi, menyembuhkan peradangan, dan juga mengurangi rasa sakit di tenggorokan.

Bukan sebagai obat untuk diminum, melainkan minyak kelapa bisa digunakan obat kumur. Gunakan sekitar 2 sendok makan minyak kelapa atau sekitar 30 ml untuk berkumur, lakukan cara ini sekali dalam sehari hingga peradangan di tenggorokan sembuh.

7. Bawang Putih

Dan obat radang tenggorokan tradisional alami yang ampuh terakhir adalah bawang putih. Di dalam bawang putih terdapat kandungan senyawa organosulfer yang bernama allicin, di mana senyawa tersebut memiliki kemampuan melawan infeksi. Virus dan bakteri yang menjadi penyebab radang tenggorokan akan mampu ditumpas dengan bawang putih.

Cara memanfaatkan bawang putih untuk menyembuhkan radang tenggorokan adalah dengan mengonsumsinya bersama makanan. Atau bisa juga dengan mengemut atau mengulum satu suing bawang putih tersebut. Meski efeknya menimbulkan aroma tidak sedap di mulut, tetapi cara ini dianggap paling efektif dalam menyembuhkan sakit tenggorokan.

Itulah tadi beberapa obat radang tenggorokan tradisional alami yang paling ampuh dan efektif. Menggunakan bahan alami sebagai penyembuhan tidak hanya efektif, tetapi juga aman bagi kesehatan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini