10 Oleh-oleh Khas Jogja yang Paling Terkenal

0
2396

Koran.idJogja yang begitu dikenal dengan Malioboro memang menjadi daya tarik saat ini oleh wisatawan, obyek wisata di Jogja tak hanya bertemakan tentang kebudayaan saja akan tetapi banyak sekali tempat wisata alam yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Di samping itu rugi banget jika selesai liburan tetapi tidak membawa oleh-oleh khas Jogja yang paling terkenal.

Berburu buah tangan untuk dibawa pulang kerumah memang wajib untuk kalian beli, pasalnya jika liburan keluar kota namun tidak membawa barang khas kota tersebut seperinya kurang lengkap dan tidak di akui jika kamu benar-benar mengunjunginya. Khas Jogja sendiri beraneka ragam selain bisa berburu fashion andalanya seperti batik, juga bisa memilih kerajinan tangan dan kuliner. Nah buat kamu yang penasaran apa saja khas Jogja yang bisa di bawa pulang, yuk simak selengkapnya di bawah ini :

10 Oleh-oleh Khas Jogja yang Paling Terkenal

1. Kue Bakpia Jogja

instagram.com/jogjabikinlaper

Pertama, yang bisa kamu bawa ketika berkunjung ke Jogja adalah Kue bakpia. Jajanan asli Jogja ini memang sudah populer untuk di cari para pelancong, dan bakpia juga saat ini salah satu icon khas Jogja. Banyak sekali varian rasa yang tersedia kue bakpia Jogja, di antaranya rasa kacang hijau, telo ungu, rasa keju, rasa teh hijau dan cokelat.

Jika kamu ingin berbelanja untuk di bawa pulang, kue bakpia yang populer terletak di Jalan AIP II KS Trubun NG 1, nomor 504, Pathuk Yogyakarta. Kalian juga bisa membeli bakpia bagi yang berada di daerah Umbulharjo Yogyakarta, letaknya di Jalan Glagahsari nomor 91 C. Nikmatnya pun sama-sama menggugah selera.

2. Kuliner Gudeg Kering Yu Djum

instagram.com/bur_gud

Berikutnya yang wajib kalian bawa pulang ketika berada di Jogja yaitu makanan gudeg kering Yu Djum,  kuliner satu ini mempunyai cita rasa yang begitu lezat dan gurih. Jadi tak heran jika gudeg kering sering di minati baik oleh wisatawan lokal hingga mancanegara, kalian sebelum membawa pulang untuk dijadikan buah tangan bisa menikmatinya terlebih dahulu di tempat kuliner populer ini.

Kuliner gudeg kering Yu Djum berada di Jalan Wijilan No. 167, jualan kuliner Yu Djum sudah lama mempromosikan salah satu makanan khas Jogja. Sejak tahun 1950 Yu Djum sudah membuka beberapa cabang di Jogja hingga sampai sekarang ini, menu andalan yang di sajikannya seperti ayam utuh, gudeg kering, telur dan sajian sambal krecek.

3. Kue Cokelat Monggo

instagram.com/chocolatemonggo

Salah satu sajian jajanan Jogja yang banyak diminati oleh wisatawan adalah cokelat monggo, olahan yang dibuat dengan tenaga ahli dan sekaligus terjaga kebersihannya membuat kue satu ini semakin naik daun hingga sekarang. Keistimewaan kue cokelat monggo mempunyai aneka varian rasa seperti isi rasa kacang, rasa cokelat, rasa buah hingga rasa olahan rempah-rempah.

Ketika kamu selesai berkunjung ke Jogja, tak ada salahnya untuk menemui tempat jualan cokelat monggo yang letaknya di Jalan Dalem KG III No. 978 Purbayan, Yogyakarta. Buat kamu yang perjalanan jauh hingga memakan waktu lama, tak perlu khawatir dengan sajian kue cokelat monggo. Karena bisa tahan lama alias bebas dari kadaluarsa.

4. Jajanan Keripik Belut

instagram.com/nindriany17

Satu lagi keinginan ketika sedang di Jogja pasti kalian berpikir untuk membawakan jajanan bagi keluarga tercinta, hal ini kamu bisa memilih sajian jajanan kering seperti keripik belut. Kalau di tanya soal rasa pasti yang pertama gurih dan begitu mantab lidah ini dimanjakan, sedangkan dari tekstur yang renyah jajanan keripik belut banyak di cari untuk dijadikan camilan pengunjung di Jogja.

Lokasi jualan keripik belut kalian bisa berkunjung di Jalan Godean Km 10, Sleman, Jogjakarta, selain itu kalian bisa menemui keripik belut di pasar kuliner so di sana banyak sekali varian ukuran mulai dari porsi yang sedang hingga yang besar. untuk masalah harga cukup bervariasi tergantung dari ukuran banyaknya isi keripik belut.

5. Kue Yangko

instagram.com/dapoersikoko

Menikmati weekend di Jogja lebih lengkap apabila juga membeli salah satu kue yang sudah populer di kota ini, namanya yakni kue yangko rasanya yang manis sekaligus tekstur kenyalnya membuat lidah ini ketika menikmati membuat ketagihan. Selain rasanya cocok untuk penikmat jajanan kuliner, kue yangko juga tidak ribet ketika di bawa kemana-mana termasuk untuk buah tangan.

Buat kamu yang ingin sekali menikmati rasa varian yangko yang tersedia rasa original , dan juga banyak sekali rasa lainnya yang dapat menggugah lidah penikmat kuliner jajanan. Untuk mendapatkannya kue Yangko terletak di Jalan Pramuka No. 82, Umbulharjo, Jogyakarta. Kue yangko juga ini juga bisa kalian beli toko oleh-oleh yang ada di Jogja, karena sudah tersebar kue yang cukup diminati banyak wisatawan ini.

6. Buah Salak Pondoh

instagram.com/shavira_diva

Salak pondoh juga bisa kalian dapatkan di Sleman Yogyakarta, jenis salak satu ini memang banyak diminati oleh pengunjung yang memadati daerah Jogjakarta. Selain itu salak pondoh rasanya yang dikenal dengan manisnya alami, biasannya salak pondoh ukurannya tidak terlalu besar. namun tekstur isi buahnya ketika di gigit lebih renyah dan selalu lidah menjadi ketagihan.

Banyak sekali budidaya yang diciptakan oleh petani di Jogja, jika kalian ingin sekali melihat perkebunan salak pondoh ini bisa mengunjungi Agrowisata Salak Pondoh Bangunkerto. Lokasinya terletak di daerah Gadung, Bangunkerto, Turi Sleman Jogjakarta. Di sana kalian bisa membelinya langsung dengan buah masih segar, sekaligus bisa sekalian liburan ditempat ini. namun disarankan jika ingin membawa pulang buah salak, lebih baik di musim panen sekitar di akhir bulan.

7. Jajanan Peyek Tumpuk

instagram.com/sellyn_mommynaara

Olahan jenis peyek satu ini memang sedikit berbeda dari peyek pada umumnya, hanya saja peyek tumpuk lebih merata isinya yang berbahan kacang tanah. Kerenyahan peyek ini cukup banyak disukai banyak pecinta kuliner di Jogja, rasanya yang gurih dan nikmat tak heran jika peyek tumpuk menjadi populer di Bantul, Jogjakarta.

Meski pembuatan peyek tumpuk dilakukan dengan cara tradisional, seperti penggorengannya ditempatkan di atas tungku bahan bakar dari kayu. Akan tetapi cita rasa yang lezat dapat menjadi ciri khas bagi para penikmat kuliner. Jika kamu ingin membawa pulang peyek tumpuk, bisa berkunjung di tempat olahan mbok tumpuk di jalan Wahid Hasyim No. 104B, Bntul, Jogjakarta.

8. Jajanan Emping Mlinjo

instagram.com/sekolahpagesangan

Bagi para pecinta jajanan tradisional mungkin mendengar emping mlinjo sudah tak asing lagi di dengar, jajanan satu ini bahan utama dari mlinjo yang di tumbuk sampai gepeng. Selanjutnya diolah dengan bumbu andalan sehingga rasannya rasa pahitnya tidak terasa lagi, namun di lidah rasanya manis dan gurih.

Biasannya jajanan satu ini ketika di Jogja dijadikan menu pelengkap seperti kuliner gado-gado, dan gorengan nasi. Di samping itu letaknya di daerah Bantul jajanan emping mlinjo kerap dijadikan sajian campuran tape ketan, meski terlihat aneh akan tetapi rasa campuran ini sangatlah padu dan membuat ketagihan yang mencobanya.

9. Kue Geplak

instagram.com/faraleyama

Salah satu icon khas Jogja yang cukup banyak diminati wisatawan adalah kue geplak, rasanya kue ini cukup manis di lidah namun gurihnya membuat kue satu ini tak bisa berhenti untuk dinikmati. Olahan geplak yang terbuat dari parutan kelapa, isian di tambah gula merah dan gula putih yang dibentuk bulatan unik.

Agar para penikmat kue geplak semakin terus diminati, beranekaragam olahan telah disiapkan dengan sajian rasa disesuaikan sama warnanya. Cukup istimewa sekali kue tradisional satu ini di lidah para wisatawan yang ingin menikmatinya, dan satu lagi ketika kamu ingin membawa pulang jajanan geplak lokasinya terletak di Jalan Wahid Hasyim 104, Bantul, Jogjakarta.

10. Jajanan Thiwul Ayu

instagram.com/jastipoleholeh.jogja

Salah satu jajanan tradisional khas Jogja yang terbuat dari olahan gaplek dengan sajian cita rasa yang lezat ketika di nikmati, biasanya di jaman dahulu thiwul sebagai makanan utama sebagai pengganti nasi. Namun di jaman modern seperti ini sudah di sajikan begitu menariknya, agar jajanan thiwul menjadi banyak diminati wisatawan yang dari luar kota khususnya untuk di nikmati ketika dalam perjalanan pulang.

Jajanan thiwul cara penyajiannya di berikan tambahan gula merah, sekaligus di campur dengan parutan kelapa. Tak hanya rasa itu saja yang bisa dinikmati, ada aneka rasa seperti rasa cokelat sekaligus keju agar penikmat jajanan semakin suka dengan thiwul. Untuk mendapatkannya jajanan Thiwul Ayu kalian bisa berkunjung ke Jalan Mangunan KM 4, 5. Mangunan, Bantul Jogjakarta. Dan juga bisa membelinya di pasar tradisional Jogja, yang pastinya sudah ada yang menyediakan sekaligus kamu bisa membelinya dengan jumlah banyak ya?

Nah, itu tadi tentang 10 Oleh-oleh Khas Jogja yang Paling Terkenal. Jadi buat kalian yang berniat berkunjung ke Jogja, ada baiknya terlebih dulu untuk melihat rekomendasi di atas. Semoga referensi ini bermanfaat dan selamat menikmati liburan akhir pekan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini