10 Oleh-oleh Khas Surabaya yang Paling Diincar Wisatawan

0
2279

Koran.id – Ingin berkunjung ke Surabaya atau justru sekarang ini sudah berada di Surabaya? Jika iya, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Surabaya untuk dibawa pulang nantinya. Membawa oleh-oleh khas kota tertentu memang menjadi hal wajib ketika kita berkunjung, baik untuk sekedar liburan ataupun mengunjungi sanak saudara di sana. Khususnya saat berkunjung ke Surabaya, ada beragam jenis oleh-oleh khas yang bisa kamu belu dan bawa pulang. Mulai dari makanan, cemilan, hingga minuman.

Bingung menentukan oleh-oleh yang cocok dibawa pulang saat ada di Surabaya? Tenang saja, di bawah ini sudah saya rangkumkan pilihan oleh-oleh asli Surabaya yang sering menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke sana. Informasi selengkapnya, simak ulasan di bawah ini!

10 Oleh-oleh Khas Surabaya yang Paling Diincar Wisatawan

1. Kerupuk Ikan Kenjeran

Kerupuk Ikan Kenjeran
instagram.com/camilan.chubbee

Oleh-oleh khas Surabaya yang pertama bisa kamu bawa pulang adalah kerupuk ikan kenjeran. Diberi nama kerupuk ikan kenjeran karena memang kerupuk tersebut dibuat dari ikan, yang mana merupakan hasil dari laut Kenjeran. Selain punya oleh-oleh yang khas, Pantai Kenjeran juga menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Surabaya. View lautnya yang memukau membuat pantai tersebut banyak dikunjungi wisatawan.

Selain kerupuk ikan, di sekitar pantai ini juga tersedia jenis kerupuk lain yang juga dibuat dari hasil laut, seperti kerupuk cumi, kerupuk kerang, kerupuk rumput laut dan lain sebagainya. Kamu bisa membeli kerupuk dalam keadaan mentah ataupun yang sudah digoreng dan siap santap.

2. Sambal Bu Rudy

Sambal Bu Rudy
instagram.com/surabaya.top

Selain kerupuk, Sambal Bu Rudy juga paling sering diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Surabaya. Sambal Bu Rudy punya cita rasa yang khas sehingga membuatnya disukai oleh banyak orang. Namanya bahkan sudah sangat terkenal hingga ke kota-kota lain, jadi jangan heran kalau teman-teman atau kerabat dekatmu meminta oleh-oleh sambal legendaris ini.

Sambal Bu Rudy juga tersedia dalam beberapa varian rasa, mulai dari sambal udang, sambal bawang, sambal bajak dan lain sebagainya. Untuk membeli oleh-oleh asli Surabaya ini, kamu bisa datang ke Jalan Dharmahusada 140. Harganya sendiri sangat murah hanya Rp 25 ribuan, jadi kamu bisa beli banyak tanpa takut kantong jebol.

3. Abon Sapi

Abon Sapi
instagram.com/tokobogajayaonline

Kurang lengkap rasanya jika datang ke Surabaya tetapi tidak membawa oleh-oleh abon sapi khas di Kota tersebut. Lebih tepatnya di Jalan Padmosusastro No. 86, Kel. Darmo, Kec. Wonokromo. Abon Sapi Bu Sarti menjadi salah satu sentral penghasil abon sapi paling terkenal di Surabaya.

Abon sapi di tempat ini punya cita rasa yang lezat, pastinya membuat selera makan seseorang semakin bertambah. Abon Sapi Bu Sarti ini sendiri tersedia dalam 2 varian rasa, yakni rasa manis dan rasa pedas. Tidak sulit untuk menemukan produsen abon sapi paling terkenal di Surabaya ini. Harga abon sapi yang ditawarkan pun cukup murah.

4. Siropen Telasih

Siropen Telasih
instagram.com/jastipoleholehsby_

Kalau di Solo punya Bir Kotjok, Surabaya juga punya minuman legendaris yanki Siropen Telasih. Ini merupakan minuman sirup paling legendaris di Surabaya, yang mana sudah berdiri sejak tahun 1923. Awalnya Siropen Telasih dikelola oleh Belanda, kemudian direbut oleh Jepang pada tahun 1942. Tidak lama Siropen Telasih direbut kembali oleh Belanda hingga tahun 1958. Pada tahun tersebut dilakukan nasionalisasi sehingga direbutlah perusahaan tersebut oleh pemerintah Indonesia hingga sekarang ini.

Yang menarik dari Siropen Telasih adalah rasanya yang manis dan tanpa menggunakan pemanis buatan. Tersedia beberapa varian rasa yang bisa dipilih, diantaranya cocopandan, melon, mawar, leci, vanili, frambozen dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan sirup legendaris tersebut kamu bisa datang ke Jalan Mliwis No.5, Surabaya.

5. Kopi Bandrek

Kopi Bandrek
telusurindonesia.co

Khusus kamu para pecinta kopi, belum bisa dikatan pecinta kopi sejati kalau belum mencoba kopi bandrek asli Surabaya. Kopi bandrek punya rasa yang khas dengan efek menghangatkan bagi tubuh. Tidak lain karena penggunaan campuran jahe pada minuman kopi ini, selain nikmat juga punya aroma yang khas.

Salah satu penyedia kopi bandrek di Surabaya yang cukup terkenal adalah Kopi Bandrek Sreg. Kopi bandrek yang disediakan di sini tersedia dalam 2 varian rasa yakni kopi original dan kopi cream. Sama-sama nikmat dan dibuat tanpa tambahan bahan  pengawet, meski begitu kopi ini diklaim bisa bertahan hingga 6 bulan lamanya.

6. Bebek Djangkep

Bebek Djangkep
instagram.com/elizasetiawan

Oleh-oleh khas Surabaya paling terkenal berikutnya adalah Bebek Djangkep. Kuliner satu ini punya cita rasa yang berbeda dengan masakan bebek pada umumnya. Bebek Djangkep dimasak menggunakan bumbu rempah pilihan yang membuatnya punya cita rasa khas dan berwarna kuning cerah. Pembuatannya juga tidak menggunakan bahan pengawet, tetapi oleh-oleh ini bisa bertahan dalam waktu lumayan lama. Dikarenakan Bebek Djangkep dibungkus menggunakan wadah yang kedap udara.

Bebek Djangkep sendiri bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai pusat oleh-oleh khas Surabaya. Harganya pun juga lumayan murah, kamu bisa membeli oleh-oleh ini dalam jumlah banyak.

7. Rambak Sapi

Rambak Sapi
instagram.com/rambaksapi_allind

Rambak sapi juga menjadi oleh-oleh khas Kota Surabaya yang bisa kamu bawa pulang. Rambak sapi merupakan sejenis kerupuk yang punya cita rasa gurih dan renyah, serta aromanya yang khas. Diberi nama rambak sapi karena cemilan kerupuk satu ini dibuat dari kulit sapi asli. Kulit sapi lebih dahulu direndam dengan kapur sirih sekitar 2 hari, kemudian direbus menggunakan bumbu khusus. Setelahnya kulit sapi dipotong-potong lalu di jemur hingga kering dan kerupuk rambak sapi bisa digoreng.

Cemilan satu ini juga bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh Surabaya. Salah satunya bisa kamu kunjungi adalah toko Bogajaya yang beralamat di Jalan Genteng Besar No.69, Genteng, Genteng, Surabaya.

8. Spikoe / Kue Lapis Surabaya

Spikoe / Kue Lapis Surabaya
instagram.com/veronicadhani

Selanjutnya ada oleh-oleh berupa kue atau jajanan yang juga tidak kalah terkenal yakni Spikoe atau kue lapis khas Surabaya. Berbeda dengan kue spikoe pada umumnya, spikoe khas Surabaya ini dibuat dengan menggunakan resep kuno yang masih terjaga hingga sekarang ini. Tidak heran cita rasa kue lapis ini sangat manis dan lembut.

Tersedia dalam beberapa varian rasa, mulai dari Spikoe rasa original, cheese cake, hingga kismis. Spikoe resep kuno sendiri bisa kamu temukan di Jalan Rungkut Madya No.49, Rungkut Kidul, Rungkut, Surabaya.

9. Kue Mente

Kue Mente
instagram.com/ata_ce1987

Sesuai dengan namanya, kue mente khas Surabaya ini terbuat dari bahan dasar kacang mente. Kacang mente merupakan biji-bijian unik dari buah jambu monyet. Kacang mente punya rasa yang gurih dan renyah. Saat dijadikan bahan utama pembuatan kue, cita rasa yang dihasilkan semakin nikmat.

Kue mente juga banyak dijual diberbagai toko oleh-oleh di Surabaya. Salah satu toko oleh-oleh yang paling direkomendasikan adalah Toko Wisata Rasa yang beralamat di Jalan Genteng Besar No. 83A, Genteng, Kec. Genteng, Surabaya.

10. Ting Ting Mente Wijen

Ting Ting Mente Wijen
tokobogajaya.com

Dan pilihan oleh-oleh dari Surabaya yang paling pas dibawa pulang adalah ting ting mente wijen. Selain menggunakan kacang mente, terdapat pula campuran kacang tanah yang membuatnya semakin nikmat dan gurih.

Cemilan ringan ini sangat pas disantap bersama keluarga sebari nonton TV atau hanya sekedar berbincang-bincang. Oleh-oleh satu ini juga bisa kamu temukan dengan mudah di Toko Bogajaya yang berlokasi di Jalan Genteng Besar No. 69.

Itulah tadi beberapa pilihan oleh-oleh khas Surabaya yang wajib kamu bawa pulang jika berkunjung ke sana. Selain punya cita rasa yang khas, beberapa jenis oleh-oleh di atas juga dibanderol dengan harga murah. Membelinya dalam jumlah banyak tidak akan membuat kantongmu jebol. 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini