7 Pantangan Penyakit Tipes yang Harus Dihindari

687

Koran.id – Tipes merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup banyak dialami oleh masyarakat kita. Umumnya saat menderita tipes, seseorang diharuskan untuk banyak beristirahat. Baik beristirahat di rumah atau jika sudah terlalu parah disarankan untuk diopname. Selain itu, ada pula beberapa pantangan penyakit tipes yang harus dihindari agar bisa cepat sembuh. Pantangan ini sendiri bisa berupa jenis makanan atau aktivitas tertentu.

Tipes bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja bahkan orang dewasa. Akan tetapi, pada usia anak-anak memang lebih rentan untuk menderita penyakit satu ini. Untuk penyebab utamanya sendiri dikarenakan adanya bakteri salmonella typhii yang masuk ke dalam tubuh. Adapun pantangan tipes selengkapnya bisa kalian baca di bawah ini.

7 Pantangan Penyakit Tipes yang Harus Dihindari

Pantangan Tipes
Pantangan Tipes

Seperti yang dijelaskan di atas, penyakit tipes disebabkan oleh bakteri salmonella typhii. Bakteri tersebut biasanya terdapat pada lingkungan yang kotor dengan sanitasi airnya yang buruk. Selain itu, bakteri ini juga terdapat pada jenis makanan dan minuman yang kotor. Penyebab lainnya adalah karena seseorang menyentuh dengan sengaja atau tidak terhadap feses orang penderita tipes.

Sebagai langkah penyembuhan, dokter biasanya akan memberikan obat pereda nyeri atau obat antibiotik khusus. Selain itu, beristirahat yang cukup juga menjadi cara terbaik untuk menyembuhkan penyakit tipes. Sembari meminum obat dan beristirahat, ketahui juga apa saja pantangan penyakit tipes agar cepat sembuh dan tidak kambuh lagi. Berikut ini pantangan bagi penderita tipes yang harus dihindari, di antaranya:

1. Minum Air Sembarangan

Pantangan untuk penderita tipes yang pertama adalah tidak diperbolehkan untuk minum air sembarangan. Air sembarangan yang dimaksud di sini adalah air yang belum diolah seperti air keran atau air gallon isi ulang yang diecer bebas. Air semacam ini bisa saja membuat penyakit tipes yang diderita semakin parah. Dan lagi air yang tidak diketahui secara jelas sumbernya berisiko terkontaminasi bakteri salmonella typhii.

Tidak hanya itu saja, minuman es di pinggir jalan yang menggunakan es batu bongkahan sebaiknya juga dihindari, karena ditakutkan hal yang sama di atas terjadi. Alangkah lebih baiknya penderita tipes meminum air matang atau air kemasan botol.

2. Jenis Makanan Mentah

Selain minuman sembarangan, jenis makanan mentah sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita penyakit tipes. Alasannya, beberapa jenis makanan mentah diklaim banyak mengandung bakteri salmonella typhii, E. coli, dan listeria, di mana jenis-jenis bakteri tersebut bisa memicu infeksi semakin parah. Jenis makanan yang tidak dicuci dengan bersih sebaiknya juga harus dihindari. Pastikan semua alat dan semua jenis makanan yang akan dikonsumsi sudah dijamin kebersihannya. Dan lagi, buah

Adapaun beberapa jenis makanan yang patut untuk dihindari oleh penderita tipes seperti, buah dan sayuran yang tidak dicuci, salad sayur atau buah di pinggir jalan, susu tanpa dipasteurisasi, daging setengah matang atau mentah, dan jenis olahan seafood mentah (sushi, sashimi, kerang dan udang).

3. Jajan Sembarangan

Menikmati jajanan di pinggir jalan memang memberikan sensasi rasa yang berbeda, dan ini cukup disukai oleh banyak orang. Tetapi saat menderita tipes, sebaiknya hindari kebiasaan jajan sembarangan di pinggir jalan. Hal ini masih berkaitan dengan kebersihan dari makanan, alat yang digunakan untuk mengolah, atau juga cara pengolahan dari jajanan pinggir jalan tersebut. Ditakutkan jenis makanan tersebut sudah terkontaminasi oleh bakteri salmonella typhii yang pastinya bisa membuat kondisi penderita semakin parah.

Karena itulah, sebaiknya lebih mengutamakan kebersihan makanan jika tidak ingin gejala tipes semakin parah dirasakan. Selalu pilih makanan atau jajanan yang higienis sehingga terhindar dari bakteri salmonella.

4. Minuman Mengandung Kafein

Apa kamu salah seorang penikmat kopi? Jika iya, sebaiknya hindari dulu minuman tersebut saat menderita penyakit tipes. Selain kopi, jenis minuman lain yang mengandung kafein sebaiknya juga dihindari. Misalnya saja minuman teh, cokelat dan lain sebagainya. Jenis minuman yang mengandung kafein tinggi bisa membuat seseorang lebih sering kencing.

Saat menderita tipes, cairan tubuh si penderita harus tetap terpenuhi. Jika penderita terus-menerus ke kamar mandi untuk buang air kecil, hal ini bisa saja membuatnya dehidrasi. Apalagi saat yang bersamaan penderita juga sering muntah dan mengalami diare, kondisi ini akan semakin memperbesar kemungkinan si penderita mengalami dehidrasi.

Baca Juga: Bahaya Penyakit Cacar Monyet dan cara Pencegahannya

5. Melakukan Aktivitas Berat

Pantangan penyakit tipes berikutnya yang patut untuk dihindari adalah melakukan aktivitas yang berat-berat. Aktivitas yang terlalu berat seperti ini hanya akan membuat proses penyembuhan penyakit tipes akan semakin lama. Karena seperti yang dijelaskan sebelumnya, untuk menyembuhkan penyakit tipes dianjurkan untuk memperbanyak waktu istirahat sembari meminum obat-obatan tertentu.

Penyakit tipes disebabkan oleh bakteri salmonella typhii, untuk melawannya tubuh membutuhkan waktu dan energi yang kuat. Dengan tidur dan beristirahat, hal ini akan membantu tubuh melawan bakteri tersebut serta memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak disebakan olehnya. Dengan begitu, proses penyembuhan penyakit tipes akan semakin cepat.

6. Tidak Mencuci Tangan Setelah dari Toilet

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bateri salmonella juga terdapat pada feses dan bisa saja berpindah ke tangan jika tidak dibersihkan dengan baik. Karena itulah, sebaiknya kamu mencuci tangan hingga bersih ketika sudah buang air besar.

Meskipun tidak buang air besar, dianjurkan juga untuk mencuci tangan sehabis dari toilet. Karena bisa saja orang lain yang tidak mencuci tangannya sehabis buang air besar, kemudian menyentuh benda lain dan kamu juga menyentuh benda tersebut. Maka, bakteri salmonella typhii juga bisa berpindah ke tanganmu. Panting sekali untuk mencuci tangan hingga besih, apalagi saat ingin menyantap jenis makanan tertentu.

7. Berhubungan Intim

Dan pantangan untuk penderita tipes yang terakhir adalah berhubungan badan atau intim. Hal ini dikarenakan bisa saja penyakit tipes menular terhadap si pasangan yang sehat atau tidak menderita tipes.

Bakteri salmonella typhii juga bisa menular melalui urin, feses atau saat berhubungan anal-oral. Jika tidak ingin hal ini terjadi, sebaiknya jangan dulu lakukan hubungan intim hingga benar-benar sembuh dari tipes.

Itulah tadi beberapa pantangan penyakit tipes yang wajib dihindari agar tipes cepat sembuh. Semoga informasi di atas bermanfaat ya?

Artikel Sebelumnya10 Wisata Air Terjun di Lombok yang Paling Indah dan Menakjubkan
Artikel Selanjutnya7 Jenis Penyakit Perut yang Harus Diwaspadai
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini