Wajib Tahu! Ini Penyebab Berat Badan Naik Drastis Saat Haid

630

Koran.idSaat haid dari beberapa wanita mengalami berat badan naik drastis, hal ini bukan terjadi karena perasaan dan bayangan semata namun kenaikan berat badan bisa terjadi karena lesu, frustasi, putus asa, perut kembung dan stres. Namun para wanita tak perlu khawatir ketika haid sedang datang waktunya, alangkah lebih baiknya kalian jangan berburuk sangka terlebih dahulu dan kalian wajib tahu ini penyebab berat badan naik drastis saat haid.

Mungkin sebagian dari kalian masih penasaran penyebab berat badan naik saat haid, mungkin ada berbagai faktor penyebab yang belum kalian ketahui sampai saat ini. biasannya wanita saat sedang haid juga panik dan secepanya ingin sekali menjalani diet sehat untuk menurunkan berat badannya. Untuk mengetahui lebih jelasnya, yuk langsung saja simak selengkapnya berikut di bawah ini :

Ini Penyebab Berat Badan Naik Drastis Saat Haid

1. Terjadinya Perubahan Hormon

Penyebab yang pertama ketika sedang haid mungkin dari beberapa wanita mengalami pembengkakan pada tubuh, hal ini terjadi bukan hanya sekedar prasangka saja namun saat haid memang kenyataan badan lebih terasa berisi. Penyebab ini karena adanya perubahan hormon yang mempertemukan kelenjar adrenal sehingga rentan sekali pada tubuh kalian cairannya berlebihan hingga menyebabkan berat badan naik drastis.

Namun kalian para wanita yang saat ini sedang menjalani haid tak perlu khawatir lagi, menurut penilitian ahli ginekologi Chicago memaparkan bahwa cairan yang berlebihan akan dapat berkurang dengan secara bertahap tanpa melakukan diet rutin setelah kadar hormon terjadi penurunan secara signifikan. Dari itulah nantinya tubuh sekaligus berat badan kamu akan kembali ke awal pertama sebelum terjadi haid.

2. Keinginan Makanan Tak Terkontrol

Selanjutnya penyebab berat badan naik drastis saat haid bisa terjadi karena faktor dari makanan yang kurang terkontrol,  apalagi keinginan untuk menyantap makanan yang siap saji akan menambah tingginya angka berat badan kalian bertambah. lantas bagaimana untuk mengatasi akan hal ini? memang pada saat haid nafsu makan lebih cenderung menyukai kandungan yang banyak kadar garam, gula maupun makanan berlemak.

Solusi terbaik ada kalanya kalian para wanita sebelum masa haid harus membiasakan diri pada makanan yang banyak kandungan gizinya, dan lebih baik untuk menghindari makanan siap saji yang banyak tersedia di Swalayan atau toko modern. Hindarilah selalu mengonsumsi makanan yang terlalu manis, untuk mengatasi itu maka pilihlah selai kacang untuk mendapatkan camilan sehat karena rendah gula.

3. Jangan Malas Berolahraga Ringan

Wajar saja ketika wanita sedang mengalami haid maka badan terasa berat dan ingin sekali bermalas-malasan di tempat istirahat, hal ini di picu karena tingkat hormon di saat haid menurun secara drastis. Maka dari itu ini yang dapat menyebabkan berat badan naik drastis, karena energi yang dimiliki sangat rendah.

Untuk mengatur tubuh supaya tetap berenergi pada saat haid maka usahakan melakukan gerakan-gerakan kecil atau berolahraga secara ringan, dengan melakukan aktivitas olahraga maka tubuh yang sulit bergerak tadi lebih banyak dilatih untuk mendapatkan energi penuh. Sehingga dari kebiasaan berolahraga secara rutin akan mudah untuk mendapatkan berat badan normal kembali sekaligus dapat menurunkan gejala nyeri haid.

Baca Juga: Gak Perlu Minder! Ini Tips Tetap Percaya Diri Saat Menstruasi

4. Saluran Pencernaan Terganggu   

Kalian para wanita wajib tahu tentang penyebab haid tiba-tiba berat badan naik drastis, salah satu penyebab dari beberapa wanita saat haid mengalami masalah saluran pencernaan. Akibatnya hormon progesteron yang terjadi pada perut mengalami kembung, sehingga di saat menjelang haid atau mentruasi usus terasa tidak nyaman dan seringkali mengeluarkan gas.

Namun buat para wanita tak perlu khawatir dengan masalah di atas, solusi yang bisa dilakukan pada saat gangguan pencernaan seperti kembung, sembelit atau bahkan masalah perut lainnya kalian bisa melakukan dengan meningkatkan asupan air, lebih banyak menggerakkan anggota badan, dan tak lupa terus konsumsi jenis makanan yang mengandung serat.

5. Banyak Konsumsi Air Putih

Ketika berat badan naik drastis di saat haid tentunya kalian mesti melakukan gebrakan dengan merubah pola hidu sehat, hal ini biasanya ketika sedang mentruasi tak heran wanita senang untuk makan maupun minuman yang bersifat manis. Padahal di sisi lain dari mengonsumsi minuman seperti itu akan mudah tubuh kamu menjadi lebih berisi.

Untuk mengatasi agar angka berat badan tidak naik, maka gantilah pola makan kamu yang lebih sehat dengan kadar gizi yang banyak dan perhatikan selalu untuk meminum air putih secukupnya. sehari lakukanlah dengan mengonsumsi air putih sampai 8 – 10 gelas setiap harinya, agar dapat menghilangkan retensi air pada tubuh.

6. Pilihan Menu Makanan Terbaik

Menjelang mentruasi atau haid pastikan diri kalian harus benar-benar memilih konsumsi makanan yang menyehatkan, karena di saat haid ini pastinya jika mengkonsumsi makanan dengan kadar yang banyak terkandung alkohol, kafein dan lemak akan memudahkan angka timbangan terus naik drastis tak terkontrol.

Ada baiknya kalian harus memperhatikan menu makanan terbaik itu layaknya sudah di atur dengan pembelian makanan yang banyak mengandung gizi tinggi. Makanan dengan gizi tinggi ada kalanya kamu konsumsi sebelum menjelang haid dan sampai selesai haid, agar badan kamu tak membengkak yang pastinya akan mengurangi kepercayaan diri.

Nah, itulah tadi mengenai Penyebab Berat Badan Naik Drastis Saat Haid. Jadi kalian perlu mengatur pola hidup yang lebih sehat agar berat badan tidak naik, dengan mengetahui penyebab di atas semoga dapat memberikan manfaat buat kalian semua khususnya para wanita dan sekaligus untuk menambah wawasan.

Artikel SebelumnyaHarga Paket Internet Indosat Murah Terbaru 2019
Artikel SelanjutnyaCara Cheat Pokemon Go yang Mudah dan Masih Populer Digunakan di Tahun 2019
Assalamualaikum, saya adalah pria yang akrab di sapa Dj Agha. Hobi olahraga dan sangat menyukai travelling, disamping itu saya senang dalam dunia blogging, Internet acces, dan desainer. Saya mengenal dunia blog hingga desainer sejak di masa kuliah, terus belajar sampai sekarang. "You never fail until you stop trying"

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini