7 Penyebab Sering Sariawan yang Jarang Disadari

0
354

Koran.id – Sariawan menjadi salah satu penyakit mulut yang cukup sering dialami oleh beberapa orang. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab sering sariawan, beberapa mungkin ada yang sama sekali tidak disadari. Menderita sariawan tidak hanya menimbulkan rasa perih, segala aktivitas juga bakal terganggu. Misalnya saja seperti saat berbicara, makan atau juga minum.

Selain itu, sariawan juga bisa berdampak ke keluruh tubuh, dimana kondisi kesehatan tubuh akan terganggu. Sangat penting untuk kamu ketahui apa saja penyebab sering sariawan. Dengan mengetahui penyebabnya, maka kamu nanti bisa melakukan pencegahan agar sariawan tidak bersarang lagi di mulut atau lidah. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

7 Penyebab Sering Sariawan yang Jarang Disadari

Penyebab Sariawan tidak sembuh-sembuh

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penyebab sering sariawan cukup banyak macamnya. Namun yang paling umum adalah kurangnya asupan vitamin ke dalam tubuh. Kebanyakan orang menganggap sariwan ditimbulkan karena tubuh kekurangan asupan vitamin C, padahal tidak sepenuhnya demikian. Adapun penyebab sariawan terlalu sering lainnya, sebagai beriku:

1. Kekurangan Vitamin dan Mineral

Penyebab sering menderita sariawan yang pertama adalah karena tubuh kekurangan asupan vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral yang dimaksud di sini adalah vitamin B12 dan juga Zat Besi. Selain kedua zat tersebut, tubuh yang kekurangan asupan seng, asam folat dan kalsium juga bisa memicu tumbuhnya sariawan.

Untuk bisa mendapatkan asupan vitamin B12, kamu bisa mengkonsumsi daging, ikan, kerang, telur dan juga produk olahan susu. Sementara untuk mendapatkan asupan zat besi yang cukup, disarankan untuk mengonsumsi bayam, kacang-kacangan, hati, kentang dan juga tahu. Selain itu, penuhi juga kebutuhan nutrisi dan gizi lain agar tubuh senantiasa sehat dan terhindar dari sariawan.

2. Disebabkan Oleh Pertumbuhan Jamur

Penyebab lain dari munculnya sariawan yang terlalu sering berikutnya adalah dikarenakan pertumbuhan jamur yang berlebih di mulut. Jamur yang dimaksud adalah jamur Candida Albicans, dimana jamur ini bisa membentuk bercak dengan lapisan berwarna putih di mulut.

Jamur Candida Albicans sebenarnya memang sudah ada di dalam mulut, namun jumlahnya tidak terlalu banyak. Yang menyebabkan jamur tersebut tumbuh dengan subur sehingga menyebabkan sariawan adalah karena sistem imun tubuh seseorang yang melemah. Selain itu, kurangnya menjaga kebersihan mulut juga bisa menjadi pemicu suburnya pertumbuhan jamur tersebut.

3. Sistem Imun Tubuh yang Menurun

Seperti yang dijelas sebelumnya, sistem kekebalan tubuh yang menurun bisa memicu tumbuhnya jamur Candida Albicans sehingga menyebabkan sariawan. Selain itu, sistem imun tubuh yang melemah juga akan menurunkan produksi sel darah putih di dalam tubuh. Seperti yang kita tahu, peranan sel darah putih sangatlah penting dalam melawan infeksi di dalam tubuh.

Jika hal ini terjadi, pastinya sariawan akan sering dialami oleh seseorang. Untuk meningkatkan kembali sistem kekebalan tubuh, kamu diharuskan untuk memperbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi cukup tinggi.

4. Terjadi Luka di Mulut

Penyebab sering sariawan yang jarang disadari berikutnya adalah karena terjadinya luka di bagian mulut, baik itu di bagian lidah, bibir atau bagian mulut lainnya. Luka di mulut tersebut biasanya terjadi karena tidak sengaja tergigit saat mengunyah, pemasangan gigi palsu yang kurang rata, menggosok gigi terlalu keras, atau juga penggunaan obat kumur yang tidak sesuai.

Sebenarnya ini masih ada hubungannya dengan penyebab sariawan sebelumnya. Dimana produksi sel darah putih yang menurun tidak mampu melawan infeksi yang terjadi. Selain cara tersebut, menjaga mulut tetap dalam keadaan bersih juga bisa membantu mengatasi sariawan.

5. Efek Samping dari Obat atau Metode Pengobatan

Jika kamu sedang menjalani suatu metode pengobatan tertentu atau harus meminum jenis obat tertentu setiap harinya, bisa jadi sariawan yang sering muncul disebabkan oleh hal tersebut. Hal seperti ini tentunya sangat wajar, karena efek obat yang bermacam-macam.

Beberapa obat atau metode pengobatan yang bisa menimbulkan sariawan cukup sering seperti, radioterapi, kemoterapi, obat  nicorandil, antibiotik, penghambat beta, hingga obat antiinflamasi nonsteroid.

6. Karena Penyakit Gingivostomatitis

Penyebab sering sariawan yang paling umum berikutnya adalah karena penyakit gingivostomatitis. Gingivostomatitis ini sendiri merupakan suatu penyakit mulut yang ditimbulkan oleh bakteri dan jenis virus tertentu. Seseorang yang menderita gingivostomatitis biasanya kurang baik dalam menjaga kebersihan mulutnya.

Gejala yang biasanya ditimbulkan oleh gingivostomatitis ini salah satunya adalah menimbulkan bengkak bahkan luka di mulut dan juga gusi. Dari luka tersebutlah nantinya yang semakin lama menjadi sariawan. Jika hal ini tidak ingin kamu alami, perlu perhatian khusus dalam menjaga mulut agar selalu bersih dan sehat.

7. Alergi

Dan penyebab sering mengalami sariawan yang terakhir adalah karena alergi. Alergi yang disebabkan oleh bakteri tertentu yang dibawa melalui makanan juga bisa membuat mulut terluka dan memicu tumbuhnya sariawan di mulut. 

Mulut sendiri merupakan tempat masuknya berbagai jenis makanan dan minuman. Dari makanan dan minuman yang dikonsumsi tersebut bisa saja membawa bakteri tertentu, dimana respon tubuh terhadap bakteri tersebut lain yakni menyebabkan sariawan.

Itulah tadi beberapa penyebab sering sariawan yang jarang disadari dan harus kamu tahu. Mengetahui penyebab di atas, nantinya kamu bisa melakukan pencegahan agar sariawan tidak lagi muncul. Penting juga untuk menjaga mulut agar tetap bersih agar bakteri dan virus tidak bersarang di mulut sehingga menyebabkan timbulnya sariawan. Cukupi pula nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh agar tubuh terjaga kesehatannya. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini