Bukan Hanya Lapar, Ini Penyebab Tubuh Lemas Selama Berpuasa

816

Koran.idSelama menjalankan ibadah puasa Ramadhan terkadang aktivitas dikantor kurang bergairah untuk dikerjakan, hal ini terjadi karena kondisi tubuh yang lemas dan akhirnya tidak mempunyai semangat dan konsentrasi hilang. Lantas apa penyebab tubuh lemas selama berpuasa?

Saat berpuasa dengan kondisi tubuh lemas memang sesuatu hal yang wajar pada setiap orang, hal ini karena kurangnya nutrisi pada tubuh yang tidak dimasuki makanan maupun minuman. Padahal selama berpuasa seharian penuh tanpa asupan makanan dan minuman, di wajibkan untuk terus bersemangat.

Pada dasarnya ada beberapa hal yang menyebabkan tubuh lemas sekaligus lapar ketika melakukan aktivitas, nah untuk itu kalian perlu tahu faktor penyebabnya tubuh menjadi lemas? Ingin tahu penjelasanya, mari simak berikut di bawah ini.

Penyebab Tubuh Lemas Selama Berpuasa

Penyebab Tubuh Lemas Selama Berpuasa

1. Menyiakan Waktu Buka dan Sahur

Ketika berpuasa kewajiban menjalankan waktu buka dan sahur sangatlah penting, biasanya yang menjadi persoalan dalam waktu berbuka maupun sahur sering telat atau bahkan malas untuk makan. Sehingga yang menyebabkan kamu lapar sekaligus beraktivitas menjadi malas, kurangnya ada asupan makanan yang masuk atau sering telat.

Meski di bulan puasa ini makanan dan minuman hanya boleh di waktu berbuka dan waktu sahur, tapi kamu harus memanfaatkan pola makan yang sesuai. Terkadang bisa saja kamu saat berbuka mengandalkan pola makan besar sehingga nanti pada saat sahur tidak makan, hal ini akan menyebabkan kerugian untuk kesehatan kamu.

2. Kurangnya Istirahat

Yang harus diperhatikan selanjutnya adalah menjaga pola istirahat selalu tepat waktu, biasanya di bulan puasa Ramadhan seringkali jadwal istirahat tidak terpola dengan baik. Banyak kegiatan-kegiatan yang kamu jalani, sehingga terjadilah kamu sering bergadang. Padahal keesokan harinya kamu harus sahur sekaligus persiapan untuk kerja di pagi harinya, dari inilah penyebab itu timbul seperti mengantuk, lemas bahkan lapar.

Kurangnya istirahat jika ini terus-terusan terjadi membuat tubuh kamu mudah terserang penyakit, untuk mengatur pola istirahat yang baik usahakan waktu istirahat sekitar 8 jam lamanya, jika tidur jam 9 tepat kamu harus sudah bangun pagi di pukul 03.00. yuk jadikan puasa kamu menjadi semangat untuk beraktivitas dan istirahat secukupnya.

3. Menu Makanan Tidak Baik

Salah satu hal yang harus kamu perhatikan juga adalah menu makanan yang akan kamu konsumsi di waktu berbuka maupun sahur, hindarilah menu makanan yang tergolong goreng-gorengan, makanan siap saji dan minuman yang mengandung kafein. Dengan menjauhkan menu makanan yang kurang baik ketika puasa, akan membuat puasa kamu menjadi sempurna dan tidak merasa lapar lagi.

Menu makanan yang cocok di bulan puasa ini pilihlah dengan kandungan gizinya tinggi, manfaatnya sangat baik untuk kesehatan tubuh yang seharian tidak makan dan minum. Dengan demikian maka tubuh kamu akan selalu berenergi sepanjang hari, sehingga beraktifitas di tempat kerja selalu berkonsentrasi dan fokus.

Baca Juga: Tips Mencegah Asam Lambung Tinggi Saat Menjalani Ibadah Puasa

4. Minumlah Air Putih Secukupnya

Selama menjalankan puasa yang seharian penuh tanpa adanya makanan dan minuman yang masuk di dalam tubuh, maka kamu harus menjaga energi di dalam tubuh. Caranya dengan minum air putih  secukupnya sekitar 8 gelas sehari, maka cairan di dalam tubuh kamu akan terus terjaga dengan baik. Jangan sampai tubuh kamu kekurangan cairan yang disebabkan kurangnya minum air putih, hal ini akan menyebabkan tubuh kamu dehidrasi sekaligus akan tubuh kamu menjadi lemas dan mudah sakit.

Selain itu kamu bisa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi dengan baik, seperti halnya bauah-buahan, dan sayur-sayuran segar. Hal ini untuk menyeimbangkan cairan di dalam tubuh ketika berpuasa, dan semangat beraktifitas kamu di sepanjang hari akan selalu terjaga.

5. Olahraga Pagi Hari

Menjalankan puasa bukan berarti malas untuk olahraga, olahraga di pagi hari walaupun dengan gerakan-gerakan sederhana akan membuat tubuh kamu menjadi berenergi. Kamu bisa melakukan gerakan kecil seperti peregangan, jalan-jalan atau pun bersepeda, cara ini sangat efektif dilakukan ketika sedang berpuasa yang tidak banyak menguras tenaga.

Selain itu waktu olahraga ini kamu juga bisa melakukanya di tempat kerja, jika di pagi hari kamu harus berangkat ke kantor untuk rapat. Melakukan olahraga di kursi kerja bisa mengambil gerakan sederhana dengan melemaskan semua tubuh, karena seharian penuh duduk di kursi yang membuat badan pegal-pegal. Atau juga kamu bisa jalan-jalan di sekitar kantor, misalnya ketika ke kamar mandi maupun ketempat ruangan rekan kerja.

6. Hindari Konsumsi Makanan Manis

Perlu diketahui bersama mengkonsumsi makanan terlalu manis di saat bulan puasa akan menyebabkan kamu menjadi cepat lapar, hal ini bisa dibuktikan meskipun makanan dengan rasa manis mampu menyembuhkan rasa yang seharian tanpa asupan makanan akan tetapi hal ini tidak efektif dan hanya bersifat sementara untuk kenikmatanya.

Itulah tadi beberapa Penyebab Tubuh Lemas Selama Berpuasa, semoga dengan adanya referensi ini kamu dapat mengetahui untuk tidak melakukan hal yang membuat tubuh kamu lemas. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Artikel Sebelumnya7 Jenis Teh yang Bagus untuk Diet Menurunkan Berat Badan
Artikel Selanjutnya7 Pilihan Tempat Kursus Bahasa Inggris di Jakarta Terbaik
Assalamualaikum, saya adalah pria yang akrab di sapa Dj Agha. Hobi olahraga dan sangat menyukai travelling, disamping itu saya senang dalam dunia blogging, Internet acces, dan desainer. Saya mengenal dunia blog hingga desainer sejak di masa kuliah, terus belajar sampai sekarang. "You never fail until you stop trying"

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini