10 Rekomendasi Router Wifi Murah Paling Cepat dan Stabil

250
Router Wifi Murah
Router Wifi Murah

Koran.id – Router wifi atau wireless router merupakan perangkat pemancar sinyal wifi, di mana nantinya perangkat lain memungkinkan untuk terhubung ke jaringan internet. Router sendiri ada banyak tipe dan jenisnya, di mana untuk masing-masing merek memiliki keunggulan tersebut. Pada router pengguna juga memungkinkan untuk memanage jaringan wifi yang dimilikinya. Disarankan untuk memilih router wifi murah paling cepat agar mengakses internet jadi lebih nyaman, puas dan tidak menguras isi kantong.

Beberapa hal perlu kamu pertimbangkan ketika akan membeli router wifi, baik dari segi harga, fitur maupun kemampuan kecepatan akses yang diberikannya. Bagi kamu yang masih bingung, berikut ini ada beberapa rekomendasi wireless router tercepat dan stabil yang bisa kamu jadikan pilihan. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Daftar Router Wifi Murah Paling Cepat dan Stabil

Ada banyak merek ternama yang menghadirkan perangkat router wifi dengan keunggulannya masing-masing. Mulai dari TP-Link, Tenda, Asus, Totolink, Huawei dan masih banyak lagi yang lainnya. Harga banderolnya pun bervariasi, mulai dari yang dibanderol dengan harga terjangkau hingga mahal, tergantung fitur dan kualitas sinyal yang dipancarkannya. Namun, bukan berarti router murah tidak bisa memancarkan sinyal yang cepat dan stabil.

Memilih router harus kamu sesuaikan dengan kebutuhan, agar fungsinya bisa maksimal dan nyaman digunakan. Misalnya saja perkiraan jumlah perangkat yang akan terhubung nantinya. Jika memang ada banyak perangkat yang terhubung, disarankan untuk memilih router yang memiliki banyak aliran (antena pemancar dan penerima). Selain itu, perhatikan pula standar komunikasi, pita frekuensi, hingga fungsi tambahan yang disematkan pada perangkat router.

Adapun beberapa pilihan router wifi murah paling cepat dan koneksinya stabil selengkapnya, sebagai berikut:

1. TP-Link AX1500 Wi-Fi 6 Router

TP-Link AX1500 Wi-Fi 6 Router
TP-Link AX1500 Wi-Fi 6 Router

Harga = Rp 1.169.000,-

Pilihan perangkat router wifi terbaik yang cepat dan murah yang pertama yakni TP-Link AX1500 Wi-Fi 6 Router. Produk router dari TP-Link satu ini menjadi salah satu yang paling laris di pasaran. Tidak hanya karena harganya yang terjangkau, melainkan juga fungsinya yang optimal dan dengan dukungan fitur lengkap. Untuk soal kecepatan koneksi terbilang sangat cepat dan anti-lag.

Di dalamnya disematkan CPU Triple-core berkecepatan 1.5 Ghz, di mana dukungan ini akan membantu memaksimalkan transfer data dalam jumlah besar. Sinyalnya yang kuat dan stabil, aktivitas gaming online maupun video conference akan sangat nyaman tanpa adanya lag sedikit pun. Di mana untuk kecepatan internet yang bisa dihasilkan oleh router ini yakni mencapai 1000 Mbps.

2. ASUS RT-AC59U V2

ASUS RT-AC59U V2
ASUS RT-AC59U V2

Harga = Rp 709.000,-

Berikutnya ada perangkat router wifi murah terbaik dari Asus, yakni diberi nama ASUS RT-AC59U V2. Merupakan produk router seri kedua dari Asus, perangkat satu ini sangat maksimal dalam hal menerima dan memancarkan sinyal internet. Memanage jaringan juga lebih mudah jika menggunakan router Asus ini, bahkan kamu bisa mengontrolnya kapan dan dari mana saja. Ini karena pada perangkat router memungkinkan untuk diintegrasikan dengan software Asus Router yang bisa kamu gunakan untuk mengontrol jaringan dari jarak jauh.

Router yang mengalami masalah jaringan, misalnya jaringan terputus, sinyal tidak bisa dipancarkan atau yang lainnya. Kamu bisa dengan mudah melakukan diagnosa dan perbaikan hanya melalui aplikasi Asus Router yang diinstall di perangkat smartphone. ASUS RT-AC59U V2 sendiri memiliki jumlah aliran 4×4, sehingga sinyal yang dipancarkan akan lebih cepat dan stabil.

3. Tenda AC1200 Smart Dual-Band WiFi Router

 Tenda AC1200 Smart Dual-Band WiFi Router
Tenda AC1200 Smart Dual-Band WiFi Router

Harga = Rp 350.000,-

Jika kamu sedang mencari produk wifi router dengan harga murah, namun dapat memberikan koneksi internet cepat, maka bisa memilih router dari Tenda ini. Tenda AC1200 Smart Dual-Band WiFi Router diklaim memiliki sinyal yang kuat, sehingga aktivitas streaming, gaming atau video conference akan lebih lancar tanpa lag. Ditambah lagi dengan dukungan aliran sebanyak 4×4 yang semakin memaksimalkan proses transfer datanya.

Pada antena router Tenda AC1200 Smart Dual-Band WiFi Router dibekali pula dengan Teknologi Multi-oscillator Radiaton. Di mana dukungan ini memungkinkan router Tenda ini mengcover rumah dengan sinyal wifi yang handal dengan lebih maksimal. Dan yang menarik lagi, router Tenda dibekali dengan Teknologi Hemat Daya, sehingga tidak membuat listrik boros.

4. TOTOLINK AC1200 Wireless Dual Band Router

TOTOLINK AC1200 Wireless Dual Band Router
TOTOLINK AC1200 Wireless Dual Band Router

Harga = Rp 289.000,-

Sebagian dari kalian mungkin masih agak asing dengan brand wireless router satu ini. Tetapi, untuk soal kualitas router yang dihadirkannya terbilang sangat bagus dan cepat. Salah satunya adalah seri TOTOLINK AC1200 Wireless Dual Band Router yang diklaim bisa memberikan kecepatan internet mencapai 1167 Mbps. Kecepatannya tersebut sangat stabil sehingga akan meminimalkan lag pada perangkat saat mengakses internet.

Termasuk jenis router dual band yang mengusung antena built-in dengan jumlah aliran 4×4. Pada perangkat TOTOLINK AC1200 Wireless Dual Band Router dibekali dengan 4 mode, di antaranya mode gateway, mode bridge, mode repeater, dan juga mode WISP. Masing-masing mode ini tentunya memiliki fungsi tersendiri yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

5. Xiaomi Wireless Router AX1800

Xiaomi Wireless Router AX1800
Xiaomi Wireless Router AX1800

Harga = Rp 699.000,-

Jika memang akan ada banyak perangkat yang akan terhubung ke router sekaligus, perangkat router dari Xiaomi ini bisa dijadikan pilihan. Diberi nama Xiaomi Wireless Router AX1800, perangkat satu ini diklaim dan menampung pengguna hingga mencapai 128 perangkat sekaligus secara bersamaan. Koneksi yang diberikannya tetap cepat dan stabil, ini karena pada router sudah ada dukungan Orthogonal Frequency Division Multiple Access atau OFDMA.

Produk router wifi dari Xiaomi ini sangat cocok digunakan di lingkup kantor atau cafe yang memang umumnya ada banyak perangkat yang tehubung sekaligus. Harga banderolnya pun terbilang sangat murah, kamu bisa mendapatkannya hanya dengan harga Rp 600 ribuan saja.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Merek Modem Wifi 4G GSM yang Bagus dan Awet

6. D-Link AC1200 MU-MIMO Wi-Fi Mesh Gigabit Router

D-Link AC1200 MU-MIMO Wi-Fi Mesh Gigabit Router
D-Link AC1200 MU-MIMO Wi-Fi Mesh Gigabit Router

Harga = Rp 949.000,-

Kali ini ada produk router terbaik dari D-Link yakni bernama D-Link AC1200 MU-MIMO Wi-Fi Mesh Gigabit Router. Router wifi satu ini sangat cocok digunakan untuk perkantoran atau rumahan. Penggunaannya juga akan membantu mengoptimalkan aktivitas kerja atau sekolah dari rumah. Akses internet yang diberikannya terbilang sangat cepat dan stabil sehingga membuatmu merasa puas dan nyaman saat internetan.

Akses internet cepat yang diberikannya didapatkan dari perpaduan antara teknologi dual-band dan Gigabit Ethernet dengan Wi-Fi 802.11ac. Ditambah pula dengan dukungan Teknologi Wireless AC yang mampu mengcover area yang lebih luas dan optimal. Untuk antenanya sendiri, router D-Link AC1200 MU-MIMO Wi-Fi Mesh Gigabit Router ini didukung dengan antena eksternal yang memiliki aliran sebanyak 4×4.

7. PROLiNK Wireless AC1200 Dual-Band Gigabit Router

PROLiNK Wireless AC1200 Dual-Band Gigabit Router
PROLiNK Wireless AC1200 Dual-Band Gigabit Router

Harga = Rp 909.000,-

Pilihan wireless router lainnya yakni datang dari bran PROLiNK yakni bernama PROLiNK Wireless AC1200 Dual-Band Gigabit Router. Perangkat satu ini juga memberikan kecepatan internet yang maksimal dan stabil, mengakses internet akan lebih nyaman dan puas. Sementara untuk kecepatan transfer data yang dimilikinya yakni mencapai 1200 Mbps. Memiliki aliran sebanyak 4×4, memungkinkan banyak perangkat terhubung dengannya secara bersamaan tanpa merasakan lag.

Di dalam PROLiNK Wireless AC1200 Dual-Band Gigabit Router juga disematkan fitur Band Steering. Di mana fitur ini akan membuat router lebih memprioritaskan perangkat yang terhubung ke jaringan 5 Ghz. Produk satu ini sangat mudah ditemukan di Indonesia, baik lewat toko online maupun offline.

8. Tenda N301

Tenda N301
Tenda N301

Harga = Rp 150.000,-

Masih dari brand Tenda, kali ini ada perangkat router wifi bernama Tenda N301. Perangkat router satu ini lebih cocok untuk penggunaan wifi pribadi di rumah. Tentunya tidak akan banyak perangkat yang terhubung ke jaringannya. Jika dipaksakan, kemungkinan yang terjadi adalah koneksi internet menjadi sedikit lambat karena sinyalnya yang terbagi-bagi ke banyak perangkat.

Ukurannya yang mini, namun untuk soal kecepatan internet yang diberikan oleh Tenda N301 ini terbilang cepat dan stabil. Kamu bisa menggunakannya untuk memancarkan sinyal internet dari ISP sehingga bisa digunakan oleh beberapa perangkat secara bersamaan.

9. Tp-link TL-WR844N

Tp-link TL-WR844N
Tp-link TL-WR844N

Harga = Rp 155.000,-

Kali ini ada perangkat router versi murah dari TP-Link yakni bernama Tp-link TL-WR844N. Dibanderol seharga Rp 150 ribuan saja, perangkat satu ini diklaim dapat memberikan kecepatan internet mencapai 300 Mbps. Kamu bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan, mulai dari streaming video, gaming online, video call dan lain sebagainya.

Perangkat Tp-link TL-WR844N ini sendiri dibekali dengan dua antena 5dBi berteknologi 2×2 MIMO dan didukung 5 port Ethernet. Perpaduan memungkinkan perangkat router tersebut menghasilkan kecepatan internet yang tinggi. Jangkauan areanya sendiri juga terbilang luas, bahkan memungkinkan untuk mengcover seluruh ruangan di dalam rumah.

10. Xiaomi Mi Router 4C

Xiaomi Mi Router 4C
Xiaomi Mi Router 4C

Harga = Rp 197.000,-

Dan pilihan router wifi murah paling cepat dan stabil yang terakhir yakni datang dari brand Xiaomi. Diberi nama Mi Router 4C, ini merupakan perangkat router terbaru dari brand Xiaomi. Dibekali dengan 4 antena omnidireksional, ini akan memberikan pengalaman mengakses internet yang lebih cepat dan cerdas. Kekuatan sinyalnya memang lebih baik dibandingkan dengan seri router Xiaomi sebelumnya, ini karena penggunaan 4 antena tersebut.

Pada perangkat Mi Router 4C memungkinkan untuk kamu lakukan kontrol dan manajemen dengan mudah hanya melalui aplikasi. Aplikasi khusus memang sudah disediakan oleh Xiaomi, di mana aplikasi ini bisa kamu pasang di perangkat smartphone.

Itulah tadi beberapa rekomendasi router wifi murah paling cepat dan stabil serta awet bisa kamu jadikan pilihan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel Sebelumnya10 Rekomendasi Merek Mouse Gaming Berkualitas Bagus
Artikel Selanjutnya10 Rekomendasi Merek Router Wifi yang Bagus dan Awet
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini