10 Tempat Wisata di Lombok yang Paling Hits dan Populer

0
295

Koran.id – Lombok merupakan salah satu pulau di Indonesia yang sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Pulau Lombok punya banyak sekali objek wisata alam indah dan menjadi tujuan favorit wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Tempat wisata di Lombok ini sendiri kebanyakan memang bertema alam. Mereka yang berkunjung ke sana tidak lain bertujuan menikmati keindahan alamnya tersebut.

Sama seperti Bali, Pulau Lombok juga cukup terkenal hingga ke mancanegara. Selain pemandangan yang indah, hampir semua tempat wisata alam di Lombok sudah dilengkapi dengan fasilitisa memadai. Beberapa tempat juga menyediakan penginapan khusus bagi para pengunjung yang datang dari tempat jauh. Khusus kamu yang ingin liburan ke Pulau Lombok, ketahui terlebih dahulu wisata apa saja yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini sudah saya rangkumkan beberapa rekomendasi tempat wisata di Pulau Lombok yang paling populer dan ramai dikunjungi. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Daftar Tempat Wisata di Lombok Paling Difavoritkan Oleh Wisatawan

1. Trio Gili Lombok

Trio Gili Lombok
lomboktourplus.com

Jika kamu ingin berkunjung ke Pulau Lombok, jangan sampai lupa untuk datang ke trio gili yang namanya sangat terkenal di dunia. Trio Gili di Lombok tersebut masing-masing, Gili Trawangan, Gili Meno dan juga Gili Air. Ketiga gili tersebut letaknya memang cukup berdekatan, tidak heran banyak yang menyebutkan dengan trio gili Lombok. Berkunjung ke gili kamu akan disuguhi dengan pemandangan alam indah dengan pasir putih luas dan air laut biru yang sangat jernih.

Tidak hanya pemadangan alam luar saja, pemandangan alam bawah laut di gili tersebut juga sangat menakjubkan. Jangan lewatkan untuk melakukan diving atau snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut yang menakjubkan tersebut. Satu lagi yang tidak boleh dilewatkan di Gili Lombok yakni pemandangan sunset yang menawan.

Lokasi: Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat

2. Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu
instagram.com/pergicom

Jika kalian mencari tempat yang sejuk dan menenangkan pikiran, Air Terjun Benang Kelambu bisa dikunjungi. Air terjun satu ini adalah yang paling terkenal karena keunikan airnya. Berbeda dengan air terjun pada umumnya, air terjun yang jatuh lebih mirip seperti kelambu atau tirai. Di bagian tebingnya ditumbuhi dengan tanaman hijau yang beringkat-tingkat. Air terjun yang jatuh tidak langsung ke permukaan, melainkan melewati celah-celah dari tanaman hijau yang tumbuh di antara tebing tersebut.

Air yang ada ditempat ini sangat jernih dan menyegarkan. Tidak heran karena airnya tersebut bersumber dari Danau Segara Anak yang ada di Gunung Rinjani. Untuk bisa sampai di lokasi kamu akan melewati pedesaan dengan jalan yang berkelok dan naik turun. Diharap untuk berhati-hati, meskipun jalanannya sudah beraspal.

Lokasi: Desa Aik Bukaq, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

3. Pink Beach/Pantai Tangsi

Pink Beach Lombok
instagram.com/adha_billyie

Inilah salah satu wisata pantai di Lombok yang paling unik dan beda dari lainnya. Pantai Tangsi atau yang lebih dikenal dengan nama Pantai Pink ini memiliki pasir yang berwarna agak kemerahan. Warna merah tersebut terbentuk dari pencampuran pasir putih dengan pecahan koral serta cangkang oranisme laut foraminifera yang memang warnanya kemerahan. Tahukah kamu, pantai dengan pasir berwarna merah mudah ini hanya ada 7 di dunia lho? Dua pantai pink ditemukan di Indonesia yakni di Lombok dan satunya lagi di Pulau Komodo.

Agar bisa menyaksikan keindahan pasir yang berwarna kemerahan, paling tepat mengunjunginya mulai pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore. Di waktu tersebut bias sinar matahari akan memantulkan warna pink yang sangat cantik.

Lokasi: Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

4. Pantai Tanjung Bloam

Pantai Tanjung Bloam
instagram.com/pergiyuk

Satu lagi wisata pantai di Pulau Lombok yang paling indah dan wajib dikunjungi yakni Pantai Tanjung Bloam. Di Pantai Tanjung Bloam kamu tidak hanya dimanjakan dengan hamparan padang pasir putih dan birunya air laut saja. Di sana juga terdapat batuan karang yang berwarna keemasan berdiri kokoh.

Ombak laut di pantai ini bisa dibilang cukup ganas, sehingga tidak disarankan untuk berenang apalagi bermain selancar. Pantai Tanjung Bloam juga merupakan salah satu tempat konservasi penyu. Jadi, jika beruntung nantinya kamu akan menjumpai penyu-penyu lucu yang hidup bebas di habitatnya.

Lokasi: Dusun Tangsi, Desa Temeak, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

5. Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan
instagram.com/travelpageid

Tempat wisata di Lombok yang paling indah dan wajib dikunjungi berikutnya adalah Bukit Pergasingan. Bukit indah di Lombok satu ini memiliki pesona pemandangan alam yang sangat spektakuler dan jarang ditemukan di tempat lainnya. Pemandangan indah tercipta dari perpaduan petak-petak sawah dan kebun warga setempat, jajaran pegunungan yang tinggi kokoh, serta langit biru. Dari lokasi ini juga kamu bisa menyaksikan kemegahan Gunung Rinjani yang menakjubkan.

Bukit Pergasingan ini sendiri memiliki tinggi sekitar 1.670 mdpl, yang mana wisatawan perlu melakukan pendakian sekitar 2 hingga 2,5 jam perjalanan. Butuh fisik yang kuat untuk bisa sampai di puncak bukit ini. Biasanya para wisatawan mendaki Bukit Pergasingan sebagai latihan sebelum mendaki Gunung Rinjani. Berbagai aktivitas seru bisa dilakukan di Bukit Pergasingan, mulai dari Paralayang, sepeda gunung, fotografi dan lain sebagainya.

Lokasi: Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

6. Taman Wisata Pusuk Sembalun

Taman Wisata Pusuk Sembalun
instagram.com/christie_leonita

Khusus untuk kamu yang ingin menyaksikan kemegahan Gunung Rinjani tanpa harus melakukan pendakian, Taman Wisata Pusuk Sembalun bisa menjadi jawaban. Ya, dari tempat ini kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam indah dari Gunung Rinjani. Lokasi taman ini sendiri berada di ketinggian 1.250 mdpl dan bisa ditempuh tanpa aktivitas fisik sedikit pun.

Bersantai di gazebo sambil memandangi pemandangan indah akan membuat pikiran menjadi lebih tenang dan beban pun akan hilang. Menyantap makanan bersama keluarga tampaknya menjadi aktivitas yang paling menyenangkan. Tetapi perlu diingat, di tempat ini banyak monyet liar yang terkadang meminta makanan kepada para pengunjung.

Lokasi: Jl. Wisata Gn. Rinjani, Sembalun Bumbung, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

7. Pantai Semeti

Pantai Semeti
instagram.com/lombokhitskekinian

Pantai Semeti juga menjadi salah satu tempat wisata di Lombok yang wajib untuk dikunjungi. Pasalnya, pantai satu ini punya keunikan tersendiri yang tidak bisa ditemukan di pantai-pantai lainnya. Pantai semeti dikelilingi oleh tebing batu dan karang yang berlapis-lapis serta meruncing, lebih mirip seperti dinding Kristal. Berada di tempat ini akan membuatmu serasa berada di dunia lain.

Pantai Semeti dijuluki juga sebagai Pantai Krypton, ini karena keunikannya tersebut yang membuatnya mirip seperti Planet Krypton yang ada di serial film Superman. Tetapi tampaknya untuk mecapai lokasi kamu perlu mengeluarkan sedikit usaha. Kamu harus melewati jalur terjal dan berliku, serta juga harus melewati tebing karang yang memiliki ketinggian 20 meter.

Lokasi: Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

8. Batu Payung, Tanjung Aan

Batu Payung, Tanjung Aan
instagram.com/ara.adventure

Di tempat ini terdapat sebuah fenomena batu besar dan tinggi yang berdiri sangat kokohnya. Bentuknya sangat unik, di mana setiap kamu berpindah posisi maka bentuknya juga akan berubah. Bahkan pada satu sisi, batu besar tersebut seperti menggambarkan wujud kepala manusia.

Namun untuk bisa sampai di lokasi Batu Payung tergantung pasang surutnya air laut. Batu Payung ini sendiri masih berada di satu garis yang sama dengan Tanjung Aan. Jadi, setelah puas menyaksikan Batu Payung, kamu juga bisa menikmati keindahan Tanjung Aan yang menakjubkan.

Lokasi: Jalan Kuta Lombok, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

9. Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun Mangku Sakti
instagram.com/padmafamily88

Pilihan tempat wisata di Lombok berikutnya ini juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Air Terjun Mangku Sakti punya keunikan tersendiri, di mana keunikannya tersebut sangat jarang ditemukan di tempat-tempat lainnya. Air terjun tersebut dikelilingi oleh bebatuan yang membentuk formasi unik dan mengesankan. Bentuknya tersebut lebih mirip seperti ngarai, di mana formasi bebatuan ini terbentuk secara alami.

Sementara untuk airnya sendiri juga sangat unik, yakni berwarna agak keruh seperti susu. Ini karena air tersebut mengandung belerang, di mana banyak yang percaya mandi di air terjun ini akan mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Lokasi: Dusun Sajang, Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

10. Pantai Nambung

Pantai Nambung
instagram.com/lombokexcursions

Dan pilihan tempat wisata terbaik di Lombok yang menarik dikunjungi terakhir adalah Pantai Nambung. Di pantai satu ini terdapat satu fenomena unik yang jarang ditemukan di tempat lain. Fenomena tersebut adalah adanya air terjun yang mana airnya langsung jatuh ke laut.

Tetapi air yang jatuh tersebut bukanlah air dari sebuah sumber, melainkan air laut itu sendiri. Dikarenakan ombak besar membuat air laut menghempas ke batu karang, kemudian air laut tersebut akan meluncur kembali ke laut layaknya air terjun.

Lokasi: Dusun Pengantap, Desa Buwun Emas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat

Itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di Lombok yang paling indah dan wajib untuk dikunjungi. Siap untuk liburan seru ke Pulau Lombok?

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini