10 Tempat Wisata di Sleman Terbaik yang Wajib Dikunjungi

0
534
Tempat Wisata di Sleman Terbaik

Koran.idSleman merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang dikenal betul sebagai tempatnya buah salak pondoh dan Candi Prambanan yang bersejarah. Kabupaten Sleman yang baik dari segi perguruan  tingginya, ternyata juga memiliki pesona tempat wisata terbaik. Adapun beberapa tempat wisata di Sleman terbaik kini sudah banyak menjadi incaran para wisatawan lokal hingga mancanegara, karena objek wisata di Kabupaten Sleman mempunyai daya tarik unggulan seperti wisata bersejarah dan wisata alam pegunungan.

Wisatawan yang masuk di Kabupaten Sleman memang cukup banyak antusiasnya ketika berkunjung ke beberapa tempat terbaik ini, letaknya cukup strategis yang berbatasan langsung dengan Yogyakarta ini memang cocok sekali untuk di jadikan liburan akhir pekan bersama teman, sahabat dan keluarga. Nah bagi kalian yang akan berkunjung di Kabupaten Sleman, alangkah baiknya untuk menyimak rekomendasi terlebih dulu mengenai tempat wisata di Sleman terbaik. Yuk langsung saja simak berikut di bawah ini.

10 Tempat Wisata di Sleman Terbaik yang Wajib Dikunjungi

1. Wisata Candi Prambanan

Photo by ig @sudadisastrowieredjo

Tempat wisata pertama yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Sleman ini yaitu Candi Prambanan, terletak di Kranggan, Bokoharjo Sleman Yogyakarta objek wisata Prambanan selalu ramain dikunjungi oleh wisatawan lokal hingga mancanegara. Tempat wisata yang populer ini daya tariknya berupa bangunan sejarah yakni Candi Hindu Kuno yang banyak sekali story pada zamanya. Candi Prambanan yang merupakan unggulan dari Kabupaten Sleman, kini sudah lama menjadi icon dari kotanya agar dikenal lebih mudah.

Waktu bukanya tempat wisata Candi Prambanan biasanya untuk umum mulai pagi hingga sampai sore menjelang, hanya saja jika di obyek wisata candi Prambanan ada penyelenggaraan atau even maka sampai di waktu malam hari. Sebelum memasuki di kawasan objek wisata bersejarah ini kamu harus membayar dahulu tiket Rp. 40.000 untuk wisatawan lokal, sedangkan tarif yang di berlakukan untuk wisatawan mancanegara akan jauh lebih mahal.

2. Wisata Museum Gunung Merapi

Photo by ig @dikk_ko

Berikutnya wisata terbaik yang ada di Sleman adalah Museum Gunung Merapi, lokasi yang berada di Desa Harjobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman kini sebagai pusat obyek wisata terbaik di Sleman, meskipun tempat wisata ini terbilang baru, namun pengunjung selalu berdatangan karena penasaran dengan jejak cerita Gunung Merapi bereaksi dengan letusan besar pada tahun 2010.

Di dalam museum sangat beragam yang bertemakan mengenai Gunung Merapi, mulai dari story yang di abadikan melalui foto, benda-benda milik mbah Marijan yang dikenal sebagai juru kunci Gunung Merapi. Jadi jika kamu mengawalinya berangkat dari daerah Kaliurang, jarak tempuh sekitar 5 km dengan waktu 15 menit saja menggunakan sepeda motor.

2. Wisata Kampung Teletubbies

Photo by ig @dolandolen

Salah satu objek wisata di Kabupaten Sleman yang memiliki keunikan untuk memikat daya tarik wisatawan, kampung teletubbies menawarkan nuansa alam alami yang terinspirasi dari serial di fil teletubbies. Di tempat obyek ini akan menawarkan banyak spot yang indah untuk kamu jadikan background saat berfoto, seperti halnya pada rumah teletubbies maupun karakter bonekanya.

Jadi jika kalian ingin mengunjungi obyek wisata kampung teletubbies lokasinya berada di Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo, Sleman. Untuk kamu yang akan memasuki kawasan kampung tersebut, tanpa ditarik biaya sepeser pun, karena obyek wisata ini sebenarnya hanya sebuah perkampungan.

3. Wisata Stonehenge Cangkringan

Photo by ig @fanndyfand

Merupakan tempat wisata yang menarik untuk kamu kunjungi karena terdapat spot menarik seperti halnya di negara Inggris, tampilan tempat wisata Stonehenge Cangkringan menyuguhkan bebatuan besar dengan bentuk tersusun rapi sehingga kamu ketika akan berselfie ria dengan tampilan bebatuan di belakang akan serasa di negara Inggris.

Nah untuk kamu yang ingin berkunjung ke tempat wisata Stonehenge Cangkringan, lokasinya di Dusun Petung, Kecamatan Cangkringan Sleman. Sedangkan waktu kerja tempat wisata Stonehenge Cangkringan dibuka mulai pagi hari hingga matahari terbenam.

4. Wisata Tebing Breksi

Photo by ig @ayodolan

Lokasinya yang berada di Desa Groyokan, Kecamatan Prambanan, Sleman. Wisata Tebing Breksi  menawarkan panorama yang cukup indah yang bisa kamu lihat di atas ketinggian, nuansa alam di sekitar objek wisata ini memang terbilang masih alami. Jadi kamu bisa sekedar menikmati keindahan sunset di sore hari yang bisa kamu ambil momenya dengan berfoto selfie untuk di jadikan tampilan background.

Jika kamu tertarik berkunjung ke tempat wisata terbaik di Sleman ini, kamu bisa mampir ke tempat ini kapan saja. Karena untuk memasuki kawasan indah batu kapur ini kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tarif, hanya saja kamu perlu untuk parkir kendaraan dengan membayarnya.

5. Wisata Lava Tour Merapi

Photo by ig @samiran_jalanjalan

Momen ini pas sekali bagi kamu yang menyukai tour alam dengan menggunakan offroad, tempat wisata lava tour merapi menawarkan berbagai nuansa alam yang alami dari letusan gunung merapi pada waktu itu. jadi kamu bisa menyewa mobil dengan harga setiap jeep-nya Rp. 350.000 untuk jarak pendek, rute sedang Rp. 450.000, dan rute panjang cukup di tarif Rp. 650.000.

Kamu bisa menikmati keindahan dari kaki gunung merapi ini dengan keliling menggunakan jeep bersama teman-teman, dan kau disini berwisata sekaligus juga uji nyali untuk menantang jalan-jalan yang amat terjal.

6. Wisata Omah Salak

Photo by ig @jogjascrummy

Sleman selain dikenal dengan sebuah candi bersejarahnya juga tempatnya buah salak pondoh, mungkin salak pondoh di daerah kamu sudah tahu mengenai kelezatanya akan tetapi salak pondoh di Kabupaten Sleman memiliki ciri khas yang berbeda. Sleman juga penghasil buah salak pondoh terbesar loh se Nusantara, sekaligus sebagai produsennya.

Di daerah omah salak jika kamu berkunjung di tempat wisata ini akan melewati sejumlah perkebunan salak, yang bisa kamu lihat proses budidayanya yang benar hingga cara melakukan panen salak pondoh langsung dari pohonya.

7. Wisata Taman Pelangi

Photo by ig @djogjakarta

Salah satu tempat wisata yang ada di Sleman, Yogyakarta yang tidak pernah sepi dari pengunjung, tempat ini menawarkan beberapa aneka kuliner jajanan khas Yogyakarta, kamu bisa berpesan sembari duduk santai sambil menikmati pernak-pernik hiasan lampion.

Jika kamu ingin berkunjung lokasi  taan pelangi berada di Jalan Ring Road Utara, Kecamata Ngaklik, Sleman Yogyakarta. Jadi kamu bisa kesini sekedar bersantai ria bersama sahabat maupun keluarga, untuk berkunjung di waktu terbaik pada malam hari karena hiasan lampu mulai di nyalakan.

8. Wisata Spot Riyadi

Photo by ig @jogja24jam

Tempat wisata yang ada di Sleman yang wajib kamu kunjungi karena wisata spot Riyadi merupakan wisata kekinian yang sedang populer, wisata spot Riyadi menawarkan panorama alam yang menakjubkan karena dari ketinggian kamu bisa melihat daerah Sleman sekaligus menyaksikan megahnya Candi Prambanan.

Beberapa spot yang bisa kamu peroleh ketika berada di spot Riyadi ini adalah berfoto bersama teman-teman dengan menggunakan latar belakang dari terbenamnya matahari, dan untuk lebih kerenya kamu bisa mengunjungi wisata spot Riyadi pada malam hari saja.

9. Wisata Blue Lagoon

Photo by ig @bluelagoonjogja

Wisata terbaik di Sleman satu ini menawarkan kolam renang alami yang berada di kawasan alam, airnya yang jernih sekali sehingga kamu bisa untuk sekedar berenang laaknya di sebuah kolam renang. Blue Lagoon ini banyak sekali dipopulerkan melalui foto-foto yang di pamerkan di media sosila, jadi kamu jangan melewatkan momen ini ketika berada di Kabupaten Sleman untuk berkunjung ke wisata Blue Lagoon.

Untuk lokasi wisata Blue Lagoon berada di Widodomartani, Ngemplak Sleman Yogyakarta. Kebetulan kawasan kolam renang Blue Lagoon berada di area persawahan sehingga nuansa alamnya masih benar-benar alami. Untuk biaya masuk di kawasan wisata Blue Lagoon, cukup membayar Rp. 3.000 setiap orangnya.

10. Wisata Goa Jepang

Photo by ig @mamaofdaun

Salah satu tempat wisata yang berada di Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah. Kabupaten Sleman kini memiliki tempat bersejarah sekaligus sebagai tempat wisata terbaik yaitu Goa Jepang. Dulunya goa ini merupakan tempat persembunyian atau bunker yang kini di sulap sebagai tempat wisatawan untuk melihat bangunan di jaman dahulu kala, dan tempat ini pula terjaga mulai dari kebersihanya sampai suasana alam indahnya.

Itulah tadi beberapa rekomendasi 10 Tempat Wisata di Sleman Terbaik yang Wajib Dikunjungi. Bagaimana sangat seru bukan untuk di kunjungi? wisata untuk liburan akhir pekan tergantung pilihan kamu, semoga referensi ini memudahkan kalian untuk mengetahui wisata terbaik di Sleman dan selamat liburan

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini