10 Tempat Wisata Kuliner di Surabaya Paling Enak dan Terkenal

0
421
Tempat Wisata Kuliner di Surabaya
https://www.travelaper.com

Koran.id – Surabaya merupakan salah satu kota di Indonesia yang menyimpan banyak sekali tempat liburan menarik dan seru. Tetapi, belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Surabaya namun tidak mencoba mencicipi kuliner khas di sana. Ada banyak sekali tempat wisata kuliner di Surabaya yang bisa kunjungi. Tempat-tempat tesebut memang biasanya juga menjadi tujuan favorit wisatawan yang ingin mengisi perut setelah puas menejelajahi Kota Surabaya.

Dari sekian banyaknya tempat yang menyediakan kuliner khas di Surabaya, hanya ada beberapa saja yang paling terkenal dan menjadi favorit. Berikut ini adalah rekomendasi wisata kuliner di Surabaya yang wajib untuk dikunjungi. D

10 Tempat Wisata Kuliner di Surabaya Paling Enak dan Terkenal

1. Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

instagram.com/nou_pita

Rekomendasi tempat wisata kuliner di Surabaya paling favorit yang pertama adalah Sate Klopo Ondomohen Bu Asih. Sekilas satu khas Surabaya ini tampak sama dengan sate-sate pada umumnya. Yang membedakan adalah cita rasa yang diberikan, dimana terdapat rasa gurih dan menggoda dengan bumbu yang lebih meresap. Cita rasa unik tersebut dikarenak bumbu kelapa sangrai yang digunakan untuk daging satenya sebelum dibakar.

Untuk daging satenya sendiri bervariasi, bisa daging ayam, sapi, udang, usus atau sumsum. Dagingnya dipotong agak besar-besar dan dibumbui dengan kuah kacang yang kental dan manis.

Lokasi : Jl. Walikota Mustajab No.36, Ketabang, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur

2. Nasi Goreng Jancuk

instagram.com/yudha_sby

Kata jancuk sudah tidak asing lagi didengar saat kamu berkunjung ke Surabaya, karena memang kata tersebut sudah menjadi bahasa harian mereka. Tapi apa jadinya jika sebuah sajian diberi imbuhan kata “Jancuk”? Di Surabaya atau lebih tepatnya di Royal Plaza kamu bisa menemukan sebuah tempat kuliner unik yakni Nasi Goreng Jancuk.

Dinamai dengan Nasi Goreng Jancuk karena rasanya yang pedas porsinya cukup besar. Saking pedasnya secara spontan kamu akan mengucapkan kata “Jancuk, pedas cuk!”. Karena porisnya yang banyak, kuliner ini lebih cocok dimakan bersama 4-5 orang.

Lokasi : Royal Plaza Lt 3 Blok O1-15 Jl. Ahmad Yani, Wonokromo, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur

3. Soto Ayam Lamongan Cak Har

instagram.com/culinarypassion_girl

Soto sudah menjadi salah satu kuliner favorit sejuta umat di Indonesia. Pasalnya di wilayah atau daerah mana pun kamu bisa menemukan kuliner ini dengan mudah. Cita rasanya yang enak dan lezat membuat banyak orang menyukainya. Namun berbeda dengan Soto Ayam Lamongan Cak har ini, dimana memiliki cita rasa yang berbeda dari soto pada umumnya.

Sajian soto di sini memiliki cita rasa yang unik dengan aromanya sangat menggugah selera. Daging ayamnya empuk dengan bumbu yang sudah sangat meresap. Jika ingin sajian soto khusus, kamu bisa mengutarakannya sendiri ke penjualnya. Orangnya ramah kok, jadi tidak perlu sungkan. Soto Ayam Lamongan Cak Har ini sendiri dibanderol hanya sebesar Rp 20 ribu saja.

Lokasi : Jl. Arif Rahman Hakim, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota SBY, Jawa Timur

4. Nasi Cumi Waspada

instagram.com/wilmardody

Pilihan tempat wisata kuliner di Surabaya paling enak dan populer berikutnya adalah Nasi Cumi Waspada atau Nasi Cumi Pasar Atom. Sajian nasi cumi di tempat ini tidak sama dengan nasi cumi pada umumnya. Cita rasanya yang khas membuat tempat ini menjadi favorit bagi banyak orang.

Di sini disediakan setidaknya 4 varian menu nasi cumi, yang pertama adalah nasi biasa yang berisi nasi putih, cumi dan peyek udang. Yang kedua ada nasi campur yang berisi nasi, cumi, empal, telur dan peyek udang. Ketiga ada nasi komplet yang berisi nasi, cumi, mie goreng, usus, paru, babat, dan peyek udang. Dan varian terakhir adalah nasi rawon cumi. Selain nasi cumi, masih ada lagi menu kuliner lainnya yang bisa kamu pilih seperti, nasi paru, nasi tongkol, nasi ayam dan lain sebagainya.

Lokasi : Jl. Waspada No. 2-4, Bongkaran, Pabean Cantian, Bongkaran, Kec. Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur

5. Rawon Setan

https://asset.kompas.com/

Satu lagi tempat wisata kuliner di Surabaya yang wajib untuk dikunjungi yakni Rawon Setan yang ada di Embong Malang. Cita rasa yang disuguhkan sangat enak, dengan paduan rasa asin, gurih, dan pedas yang menyatu sempurna. Namanya memang agak menyeramkan, tapi rasanya tidak seseram itu kok.

Tempat satu ini bisa kamu jadikan pilihan jika kamu mencari kuliner malam yang buka dini hari. Karena bukanya malam hingga dini hari, makanya dinamakan dengan Rawon Setan. Yang mana setan identiknya dengan malam hari.

Lokasi : l. Embong Malang No.78/I, Genteng, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur

6. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

instagram.com/yunggywbsn

Lontong balap merupakan salah satu kuliner khas Surabaya yang punya cita rasa enak dan lezat. Tebuat dari potongan lontong yang dicampur dengan potongan tahu goreng, tauge, lentho dan juga bawang goreng. Disiram dengan kuah segar dengan campuran sambal dan juga kecap, membuat rasanya semakin maknyus.

Di Surabaya ada banyak tempat yang menyajikan kuliner lontong balap, namun Lontong Balap Garuda Pak Gendut adalah yang paling enak dan ramai dikunjungi. Selain cita rasanya yang enak, satu porsi lontong balap garuda dibanderol hanya Rp 12 ribu. Yang membuatnya enak dan populer adalah dari resep yang digunakan secara turun-temurun.

Lokasi : Jl. Kranggan No.60, Sawahan, Kec. Sawahan, Kota SBY, Jawa Timur

7. Sego Sambel Mak Yeye

instagram.com/eattemptationsby

Merasa lapar di tengah malam saat berkunjung ke Surabaya? Tidak perlu khawatir, kamu bisa datang ke tempat wisata kuliner di Surabaya yang terkenal satu ini yakni Sego Sambel Mak Yeye. Berbeda dengan warung pada umumnya, Sego Sambel Mak Yeye buka mulai pukul 9 malam hingga pukul 4 dini hari.

Sajiannya mungkin tampak sederhana, namun cita rasa yang diberikan sangat menggugah selera. Lauknya menggunakan iwak pe atau ikan pari yang ditaburi dengan sambal pedas.

Lokasi : Jl. Jagir Wonokromo Wetan No.10, RT.005/RW.06, Jagir, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur

8. Warung Leko

instagram.com/suroboyo_mbois

Apakah kamu salah satu orang yang suka sekali dengan sajian olahan iga? Jika iya, wajib nih mampir ke Warung Leko yang ada di Surabaya ini. Warung Leko sendiri memang menyediakan menu olahan daging iga yang enak dan menggugah selera banget. Sudah berdiri sejak lama, membuat Warung Leko ini terkenal hingga sekarang.

Beberapa menu olahan iga yang bisa kamu pesan di tempat ini mulai dari sop iga, iga penyet, iga goreng tepung dan juga babat penyet. Sekali mampir di sini pasti akan membuatmu ingin datang lagi ke tempat tersebut.

Lokasi : Jalan Manyar Kertoarjo V No.9, Mojo, Gubeng, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur

9. Bebek Sinjay Kaza

instagram.com/wennyhendarto

Bebek Sinjay sebenarnya bukanlah kuliner khas Surabaya, namun kuliner tersebut sering menjadi buruan wisatawan yang berkunjung ke sana. Salah satu tempat wisata kuliner di Surabaya yang menjual bebek sinjay paling enak dan terkenal adalah Bebek Sinjay Kaza.

Sajian ini berupa nasi putih dengan lauk bebek goreng krispi dan ditemani dengan sambal mangga yang pedasnya mantap dan bikin nagih. Harganya juga tidak mahal-mahal amat, yakni hanya Rp 25 ribu saja.

Lokasi : Kaza City- Foodcourt No.5 No.45, Jl. Kapas Krampung Blok B, Tambakrejo, Kec. Simokerto, Kota SBY, Jawa Timur

10. Rujak Cingur Delta

instagram.com/themightyyuichi

Rekomendasi tempat wisata kuliner di Surabaya paling enak dan wajib dikunjungi yang terakhir adalah Rujak Cingur Delta. Kuliner rujak cingur memang sangat khas di Surabaya dan wajib untuk kamu cicipi saat berada di sana.

Rujak Cingur Delta memiliki cita rasa yang berbeda dengan rujak cingur pada umumnya. Cita rasa yang kuat merupakan resep turun-temurun yang tetap dilestarikan hingga sekarang. Rujak Cingur Delta ini sendiri merupakan tempat kuliner cukup legendaris di Surabaya.

Lokasi : Jl. Kayoon Jl. Embong Kemiri No.46D, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur

Itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner di Surabaya yang wajib dikunjungi saat kamu berada di sana. Cita rasanya yang khas membuat beberapa kuliner di atas menjadi favorit bagi banyak orang.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini