Tips Cerdas Bukber Sama Teman Agar Tidak Bikin Kantong Jebol

0
330

Koran.idBiasanya pada bulan puasa Ramadan salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu adalah bukber sama teman, kegiatan ini memang rutin dilakukan tiap bulan puasa tiba. Apalagi tak heran jika kegiatan bukber tidak hanya di laksanakan sekali, hal ini karena banyak sekali undangan seperti teman sekolah/ alumni, sahabat, teman kerja bahkan sebuah komunitas group kamu. Untuk menghindari isi kantong kamu tidak jebol, maka kalian perlu tahu tentang bagaimana tips Cerdas Bukber Sama Teman?

Kegiatan bukber yang selalu digelar untuk mempererat silaturahmi sekaligus reuni bersama angkatan-angkatan terdahulu, maka kamu harus wajib mengahadiri kegiatan yang dirutinkan tiap bulan puasa ini. banyaknya undangan bukber pasti kamu harus bisa mengatur jadwal kegiatan kamu agar tidak berbenturan dari aktivitas lainya, dan sekaligus kamu harus cerdas dalam mengatur keuangan agar kantong tidak jebol. Nah bagi kalian yang penasaran mengenai tips cerdas bukber agar tidak bikin kantong jebol, yuk mari simak dibawah ini.

Tips Cerdas Bukber Sama Teman Agar Tidak Bikin Kantong Jebol

Tips Cerdas Bukber Sama Teman Agar Tidak Bikin Kantong Jebol

1. Iuran Berbuka Puasa

Tips untuk terhindar kantong kamu bikin jebol adalah iuran ketika akan mengacarakan buka puasa, cara ini bisa menjadi solusi pertama bersama teman-teman dengan melakukan iuran sehingga di tempat makanya bisa mengambil menu paket buka puasa. Biasanya selain menu paketan yang tersedia menyediakan menu dengan porsi yang mahal, apalagi makanan dan minuman harganya beda melakukan tarif sendiri.

Kamu bisa mengacarakan iuran buka puasa di group bersama teman-teman, dengan menawarkan harga iuran yang standart sesuai harga menu paketan di tempat makan. Kamu bisa melakukan poling dahulu bersama teman-teman dengan harga sekian jika teman kamu banyak yang setuju, maka iuran langsung ditentukan waktu itu.

2. Membeli Menu Promo

Selanjutnya tips yang bisa kamu ambil agar kantong tidak bikin jebol yaitu mengincar promo di tempat makan, dengan adanya promo ramadhan pada menu yang ditawarkan akan membuat kamu lebih hemat dalam keuangan. Kenapa? Karena biasanya promo yang di gelar setiap bulan Ramadhan di tempat makan, harganya tidak terlalu kencang pada umumnya. Kebanyakan tempat makan tersebut mencari berkah sekaligus ingin tempatnya ramai pengunjung.

Agar cara ini lebih lancar usahakan terlebih dahulu untuk meriset beberapa tempat yang diyakini mengadakan promo menu ramadhan, dengan mencari menu paketan sekaligus harga yang ditawarkanya. Tujuan ini bukan masalah perhitungan ya? tapi untuk menghemat ketika kamu bukber.

3. Mengacarakan di Rumah Teman

Salah satu cara untuk menghemat kantong kamu tidak terus menerus jebol ketika menggelar bukber, kamu bisa mengacarakan sebelum nya di group bersama-sama dengan syarat persetujuan antar teman yang lain. bukber tidak seharusnya pergi keluar rumah, namun kamu bisa melakukan di salah satu tempat kawan kamu.

Untuk menu bisa dibicarakan bersama sekaligus budget berbuka, dengan menggelar di rumah otomatis harga iuran tidak semahal dengan membeli menu di restoran. Karena biasanya yang setuju untuk digelar dirumahnya, ingin sekali ada niatan untuk mengumpulkan temanya sekaligus acara bukber. jadi tips seperti ini bisa kamu coba ya bersama teman kalian?

4. Membeli Makanan Murah

Acara buka bersama memang sangatlah terkesan, dengan menyatap menu makanan bersama-sama sehingga suasana ini akan memberikan kesan berbeda. Dari keseruan seperti otomatis teman-teman kamu tidak selalu banyak memperhatikanmu untuk berbuka, nah kamu bisa membeli menu makanan biasa yang harganya murah. Biasanya menu-menu di sediakan di buku pesanan, jadi kamu tahu mengenai harganya.

Bagi kalian kalau ditanyai teman dan sempat salah satu teman tahu mempergoki kamu karena membeli makanan dengan porsi sedikit, maka kamu bisa membela diri dengan pernyataan kamu akan menghadiri acara lagi setelah ini. Dengan demikian kamu punya alasan jika nanti takut kekenyangan.

5. Memilah Undangan Bukber

Bulan puasa ramadhan bulan yang penuh dengan keberkahan ini, banyak sekali amalan kebaikan untuk dijalankan. Namun hal itu bisa kamu lakukan dibukber bersama teman, tetapi jika banyak undangan yang waktunya sama atau berbenturan kamu bisa memilah salah satunya untuk hadir. Kamu bisa mengkonfirmasi acara undangan yang tidak bisa di hadiri karena adanya benturan jam berbuka yang lain.

Hal ini bisa berlaku bagi kamu dalam memilah undangan bukber, usahakan yang dekat untuk hadir. Dan berikan salam kepada teman-teman yang ternyata kamu tidak bisa menghadirinya. Alasan memutuskan memilih yang dekat bukan karena pilih kasih, karena untuk menghemat pengeluaran kamu ketika bukber. Jadi jika yang dekat kamu hadiri, hanya membutuhkan baudget menu saja, sedangkan untuk yang jauh kamu mesti harus membayar kendaraan atau beli bahan bakar lagi.

6. Pilih Tempat Makan Biasa

Kegiatan buka bersama tidak hrus dilaksanakan di tempat-tempat seperti kafe, restoran dan sebagainya. Bukber bisa diacarakan di tempat makan biasa tapi menarik, tempat makan biasa bukan berarti yang tempatnya di pelosok, atau pinggiran jalan tapi tempat makan yang menyediakn menu makanan dengan harga ekonomis.

Jadi kamu menggelar acara bukber bersama teman-teman di tempat yang dengan menu murah, buka bersama yang di cari bukan pamer dalam hal kemewahan. Tapi sebagaimana yang tujuanya untuk memperat tali silaturahmi berasama kawan lama yang jarang ketemu, maupun teman akrab.

Itulah tadi beberapa Tips Cerdas Bukber Sama Teman Agar Tidak Bikin Kantong Jebol, jadi intinya kamu bisa mengatur ajakan teman-teman kamu untuk bukber sekaligus budget harus ditentukan dan semoga referensi ini bermanfaat untuk kalian. Selamat menjalankan ibadah puasa

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini