Tips Cerdik Memilih Parcel Lebaran Agar Gak Ketipu Penjual

0
568
Tips Cerdik Memilih Parcel Lebaran

Koran.idLebaran merupakan suatu momen yang paling dinantikan semua umat islam dimana itu adalah hari kemenanganya, adapun tradisi yang dilakukan di hari lebaran seperti mengunjungi ke rumah sanak saudara, sahabat untuk bersilaturahmi. Hal ini biasanya tak lengkap rasanya kalau tidak memberikan parcel lebaran kepada orang yang dicintai, nah bagi kamu yang ingin membeli parcel lebaran ada baiknya untuk mengetahui tentang beberapa tips cerdik memilih parcel agar gak ketipu penjual.

Memilih parcel yang baik memang perlu diperhatikan, pasalnya parcel lebaran yang akan dikasihkan ke saudara maupun kerabat harus benar-benar membuat mereka senang dengan isinya. Namun bahaya sekali jika isi parcel tersebut berupa makanan yang kadaluarsa, oleh sebab itu kamu ketika membelinya harus di cek terlebih dahulu agar gak ketipu penjual. Bagaimana tips cerdik memilih parcel lebaran? Yuk langsung saja mari menyimak paparan di bawah ini.

Tips Cerdik Memilih Parcel Lebaran Agar Gak Ketipu Penjual

Menjelang lebaran di hari raya saling memberikan parcel memang sudah menjadi tradisi oleh banyak orang, apalagi saat membeli parcel sekarang ini tidaklah susah meskipun budget sudah ditentukan. Banyak penjual di toko yang memiliki aneka ragam parcel untuk kamu beli, meski demikian kamu harus tetap cerdik ya dalam memilih parcel lebaranya? Berikut tips-nya ketika membeli parcel agar gak ketipu.

1. Cek Label Halal

Tips yang pertama untuk memilih parcel lebaran kamu wajib mengecek label halal logo MUI, hal ini untuk antisipasi isi parcel jenis makanan yang akan dikonsumsi. Berhubung nantinya parcel yang kamu berikan kepada sanak saudara maupun kerabat muslim, kamu wajib tentukan dengan memastikan keberadaan dari logo MUI.

Dengan adanya logo halal pada parcel yang terpampang, maka isi parcel berupa makanan ini layak dan dijamin kehalalanya. Namun bagi kalian yang menemukan parcel tidak tersedia logo halal meskipun benuk parcel itu bagus, lebih baik kamu ganti pilihan untuk produk yang pasti terjamin halal-nya.

2. Periksa Kadaluarsa Produk

Berikutnya tips cerdik memilih parcel ketika di dalam toko sebaiknya kamu terlebih dahulu untuk cek tanggal kadaluarsanya produk, meskipun produk yang kamu pilih itu murah dan bentuknya unik tapi tertera tanggal-nya sudah tidak layak atau melebihi tanggal yang ditentukan maka sebaiknya kamu pindah harapan ke parcel lainya yang lebih aman.

Meski kamu pada saat membeli parcel di toko sudah dijamin kepercayaanya, tapi kamu jangan mudah dan terburu-buru dalam memilihnya. Kamu bisa cek dengan teliti tanggal kadaluarsanya produk makanan tersebut, jika itu masih aman berarti makanan tersebut layak untuk dikonsumsi dan kamu bisa beli parcel lebaran tersebut.

3. Perhatikan Kualitas Isi Parcel Lebaran

Memilih parcel yang baik tidak lengkap rasanya jika kamu hanya periksa dari segi tanggal kadaluarsanya saja, salah satu hal penting lagi kamu juga periksa kualitas dari isi parcel yang akan kamu beli. Jangan tergiur dengan harga parcel yang lebih murah akan tetapi barang-nya kualitasnya di bawah, maka kamu bisa menghindarinya untuk menuju pilihan barang yang kualitasnya terjamin.

Berhubung nanti parcel yang akan kamu berikan kepada saudara dan kerabat, jika isi parcel tersebut yang berupa makanan dengan rasa yang asal-asalan maka membuat mereka malah kecewa dan bisa-bisa nanti parcel yang kamu berikan hanya sebagai tontonan bagi mereka yang enggan untuk mengkonsumsinya.

4. Cek Kemasan Parcel

Salah satu tips cerdik untuk memilih parcel lebaran yakni melihat dari segi kemasan produknya, parcel yang baik pastinya memiliki kemasan yang layak untuk dijual belikan dan tidak rusak. Meski begitu kamu harus benar-benar periksa kondisi kemasanya, hindari kemasan yang terbuka atau sobek hal tersebut akan membuat isi di dalamnya sudah tak layak konsumsi.

Dan satu lagi apabila kamu menemukan kemasan yang sudah berubah warna, alangkah baiknya untuk tidak dibeli. Biasanya produk kemasan parcel seperti itu sudah lama berada di toko dan bisa ddibilang tak layak lagi, ada baiknya kamu memilih dengan kualitas kemasan terbaik meski harga tersebut lebih mahal.

5. Hindari Produk Luar Negeri

Membeli parcel dengan buatan luar negeri memang mempunyai kebanggaan tersendiri, apalagi parcel tersebut kamu berikan ke saudara dan kerabat tujuanya agar mereka senang. Tetapi ada catatan untuk pembelian produk luar negeri ini biasanya isi parcel tersebut yang berisi makanan tidak mudah cocok dengan lidah orang Indonesia, sehingga parcel pemberian kamu bisa-bisa tidak akan dikonsumsi oleh mereka.

Begitu juga mengenai kehalalanya masih belum terjamin jika produk tersebut asli dari luar negeri, oleh karena itu ada baiknya kamu pindah pilihan untuk mengincar produk lokal yang umumnya sudah dijamin aman dikonsumsi dan kehalalanya.

6. Membeli Parcel Sesuai Budget

Untuk membeli parcel lebaran meski kamu belinya di toko ada baiknya untuk menyesuaikan isi budget kamu, sebelum kamu pergi ke toko untuk membeli parcel ada baiknya untuk menentukan biaya yang disediakan. Biaya atau budget yang tersedia untuk membeli parcel, nantinya kamu bisa mengira-ngira dalam memilih harganya. Memberikan parcel dengan biaya sendiri akan merasakan kebahagiaan tersendiri untuk memberikan ke orang yang kita sayangi, kenapa tidak hasil kerja keras kamu ketika di bagikan akan mendapatkan berkah yang lebih nantinya.

Hindari untuk niatan berhutang jangan sampai nanti hasil jerih payahmu dibuat melunasi hutang-hutang, alangkah baiknya untuk membeli parcel lebaran dengan budget yang sudah ada atau sesuai kemampuan yang kamu beli.

Nah, Itulah tadi mengenai Tips Cerdik Memilih Parcel Lebaran Agar Gak Ketipu Penjual. Semoga tips ini bermanfaat untuk kalian semua ketika memilih parcel dan selamat mengaplikasikanya

Artikel Sebelumnya7 Produk Pelembab Terbaik untuk Mengatasi Kulit Kering
Artikel Selanjutnya7 Kuliner Unik di Jakarta yang Paling Hits dan Banyak Diburu
Assalamualaikum, saya adalah pria yang akrab di sapa Dj Agha. Hobi olahraga dan sangat menyukai travelling, disamping itu saya senang dalam dunia blogging, Internet acces, dan desainer. Saya mengenal dunia blog hingga desainer sejak di masa kuliah, terus belajar sampai sekarang. "You never fail until you stop trying"

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini