Tips Mudah Khatam Al-Qur’an di Bulan Puasa, Tingkatkan Pahala!

0
424

Koran.idBulan Puasa Ramadan merupakan bulan penuh berkah dengan setiap amalan yang dikerjakanya akan dilipat gandakan, setiap umat muslim pastinya di bulan keberkahan ini memiliki visi yang harus ditargetkan. Salah satunya adalah khatam Al-Qur’an di bulan puasa, membaca Al-Qur’an di bulan puasa Ramadan ini harus memiliki strategi agar waktu yang ditempuh dalam 30 hari lamanya dapat tepat waktu. Lalu, bagaimana tips mudah khatam Al-qur’an di bulan puasa?

Mengerjakan kebaikan di bulan pengampunan tak lain salah satu tujuanya mendapatkan bulan seribu bulan yang dikenal sebagai bulan penuh keuliaan, oleh karena itu umat muslim berlomba-lomba untuk khatam Al-Qur’an dalam waktu satu bulan penuh ini. nah bagi kamu yang berniat di tahun ini khatam Al-Qur’an, disini akan memaparkan mengenai ulasan beberapa tips-nya. Apa saja, yuk mari simak penjelasanya di bawah ini.

Tips Mudah Khatam Al-Qur'an di Bulan Puasa

Tips Mudah Khatam Al-Qur’an di Bulan Puasa

Meningkatkan pahala di bulan penuh keberkahan ini, amalan yang dikerjakan banyak sekali caranya. Pada umumnya memperbanyak amalan di bulan puasa ini seperti halnya banyak berdzikir, tiwalah dan yang sedang di bahas khatam Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an di bulan puasa memang tidak cukup menyelesaikanya dengan waktu 30 hari, tapi itu semua kembali pada niat-nya. Dan untuk kamu bisa menyelesaikan khatam Al-Qur’an mari melanjutkan selengkapnya di bawah ini.

1. Targetkan Sehari Satu Juz

Tips yang pertama kamu bisa memberi target pada diri kamu untuk menyelesaikan khatam Al-Qur’an selama 30 hari, waktu ini sudah cukup untuk dilakukan dengan waktu berpuasa selama 1 bulan. Sedangkan isi Al-qur’an terdiri dari 30 juz sehingga momen yang pas harus kamu manfaatkan dengan tepat waktu, dalam rincian sehari target yang dicapai harus minimal membaca 1 juz.

Jadi kamu di waktu bulan Ramadan ini minimal membaca 1 juz per harinya, alangkah baiknya jika kamu memiliki waktu luang atau setelah aktivitas selesai bisa membaca Al-Qur’an lebih dari 1 juz. Hal ini bisa kamu kerjakan setelah berbuka puasa sambil menunggu tarawih dan sesudah sahur untuk menunggu waktu bekerja.

2. Membaca Setelah Sholat 5 Waktu

Cara yang mudah untuk kamu khatam Al-Qur’an bisa memanfaatkan waktu dikala sesudah dan sebelum shalat wajib 5 waktu. Kamu bisa mencicilnya dengan banyak halaman sedikitnya 2 halaman atau lebih, jadi kalau kamu konsisten seperti tips setelah sholat 5 waktu maka otomatis akan mudah khatam Al-Qur’an di bulan puasa Ramadan.

3. Bacaan Qiroah

Membaca Al-Qur’an dengan benar akan memberikan suasana yang beda ketika akan mengkhatamkan Al-Qur’an, yang disebut qiroah merupakan membaca al-qur’an dengan suara tartil dan tetap fokus tanpa memikirkan yang lain. lantunan ayat suci al-qur’an dengan irama yang indah akan membuat si pembaca al-quran maupun si pendengar akan merasa tidak terburu-buru untuk mengakhiri, dari bacaan qiroah mampu target kamu akan terpenuhi di bulan penuh berkah untuk khatam al-qur’an yang mudah.

4. Kuasai Makhroj

Membaca al-qur’an di bulan puasa Ramadan ini tujuanya bukan hanya sekedar khatam saja, ketika kamu yang di targetkan hanya khatam maka yang diperoleh bacaan menjadi kurang sempurna dan pahalamu akan sia-sia.

Oleh karena itu bacalah bacaan al-qur’an yang sesuai dengan makhroj-nya, dengan memperhatikan huruf maupun bacaan tajwidnya. Jadi intinya kamu lebih baik membaca sesuai dengan cara kamu meskipun tidak cepat tapi pahala tidak sia-sia, karena di bulan Ramadan yang penuh berkah semua amalan baik akan dilipat gandakan.

5. Membawa Al-Qur’an Saku

Untuk khatam al-qur’an tidak harus membaca di tempat ibadah seperti masjid maupun rumah, kamu bisa membacanya dimanapun berada jika kamu sewaktu-waktu sedang bertugas ke luar kota. Untuk memudahkan ini kamu cukup membawa al-qur’an saku yang mudah dibawa kemana-mana tanpa harus membawa al-qur’an dengan ukuran tas standar, manfaat kan waktu luang kamu nantinya ketika kunjungan keluar kota bisa kamu membaca setelah sholat 5 waktu.

Dari tips inilah kamu akan mudah khatam al-qur’an, meskipun dalam keadaan di luar rumah. Dan tuntaskan cita-cita mu di bulan penuh keberkahan ini, untuk memperoleh pahala yang berlipat-lipat.

6. Manfaatkan Gadget untuk Install Aplikasi Al-Qur’an

Pada zaman yang serba modern ini teknologi semakin canggih untuk membantu aktivitas dari berbagai aspek, tak lain seperti halnya khatam al-qur’an. Kamu bisa menggunakan gadget dengan menginstall aplikasi Al-Qur’an yang lengkap, dengan adanya aplikasi Al-Qur’an yang terinstall maka kamu akan bisa melanjutkan membacanya.

Tidak perlu khawatir apabila kamu sewaktu-waktu keluar tidak membawa al-qur’an, sekarang kamu cukup membuka aplikasi Al-qur’an pada gadget. Gunakanlah waktu luang-mu meskipun kamu seharian sibuk, dan sempatkanlah untuk membaca al-qur’an.

Itulah tadi beberapa Tips Mudah Khatam Al-Qur’an di Bulan Puasa, Tingkatkan Pahala! Niatkan diri kamu untuk khatam al-qur’an, dengan keniatan yang mutlak kamu akan memiliki semangat besar untuk mengerjakanya. Semoga bermanfaat tipsnya dan selamat Ramadan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini