Tips Mudik Lebaran dengan Mobil Pribadi yang Menyenangkan

0
339
Tips Mudik Lebaran dengan Mobil Pribadi

Koran.idPada hari raya Idul Fitri telah tiba biasanya salah satu tradisi yang dilakukan setiap tahunya yaitu mudik lebaran,  bagi mereka yang ingin pulang kampung momen seperti ini sudah menjadi hal biasa. Bagaimana dengan kamu apakah mudik lebaran kali ini masih setia dengan mobil pribadi? Nah sebelum kamu mudik pastinya ada beberapa yang harus diketahui tentang tips mudik lebaran dengan mobil pribadi yang menyenangkan.

Demi mudik lebaran-mu menjadi lancar hal yang harus kamu ketahui yakni ikuti terus perkembangan info mudik lebaran, kamu bisa cari-cari tahu informasinya melalui media sosial atau internet yang dimana info tersebut akurat. Nah bagi kalian yang penasaran mengenai tips-nya, yuk mari simak paparan berikut di bawah ini.

Tips Mudik Lebaran dengan Mobil Pribadi yang Menyenangkan

1. Pentingnya Memeriksa Mesin Mobil

Tips mudik lebaran sebelum berangkat alangkah baiknya untuk memeriksa kondisi mobil apa benar-benar sudah siap jalan, caranya kamu bisa terlebih dulu nyalakan pada mesinya sekaligus mendengarkan suara mesinya. Jadi untuk menentukanya apakah suara mesin pada mobil tersebut kasar atau berbunyi tidak wajar, maka seperti itu adanya indikasi mesin kurang sehat dan untuk dibengkelkan.

Satu lagi kamu juga bisa cek kondisi yang sentral pada mobil seperti minyak kopling, minyak rem, oli mesin, air radiator dan lainya. Jika kamu masih belum paham mengenai mesin dalam lebih baik lagi untuk menggunakan jasa bengkel untuk di periksa.

2. Periksa Kondisi Ban

Tips selanjutnya kamu bisa mengecek kondisi pada ban mobil, ban mobil yang baik atau dikatakan layak pakai kondisi ban-nya tidak gundul atau tipis. Jika terjadi ban kamu seperti itu, lebih baik menggantikan dengan yang lebih baik atau bisa beli baru lagi. Kondisi ban yang baik akan memberikan kenyamanan pada perjalanan mudik lebaran bersama keluarga dan juga pastinya lebih aman meskipun sedang perjalanan jauh.

Namun untuk mengantisipasi hal-hal buruk pada ban seperti kondisi ban bocor, kamu bisa menyiapkan ban cadangan atau ban serep. Hal ini untuk mempermudah bagi kamu ketika kondisi ban bocor dan jauh dari bengkel otomatis kendaraan kamu tidak bisa jalan. Dari hadirnya ban serep ini, sudah bisa membuat perjalanan-mu menyenangkan.

3. Pastikan AC Mobil Berfungsi

Ketika mudik lebaran kamu jauh pastikan di dalam mobil seperti AC berfungsi dengan baik, hal ini agar ketika berada di dalam mobil kamu bersama keluarga menjadi nyaman dengan kehadiran AC. Bila saat perjalanan jauh tapi AC tidak dalam kondisi baik, akibatnya membuat gerah di dalam mobil dengan cuaca panas sehingga akan terjadi mabuk perjalanan. Untuk antisipasinya cek terus kondisi maupun derajat dari AC di mobil pribadi milikmu.

Periksalah dengan cek kondisi AC ke bengkel, karena untuk AC mobil sendiri harus ditangani oleh ahli AC mobil. Pemeriksaan pada AC nantinya juga mengetahui semua mengenai spare part pada AC Mobil seperti filter AC dan tombol pada kabin mobil. Semoga dengan mengecek semua keadaan mobil ini, perjalanan mudiknya lebih menyenangkan dan nyaman.

4. Menggunakan Google Maps

Tips yang satu ini memiliki manfaat yang banyak ketika sedang berada perjalanan, kenapa tidak? Dengan kehadiran aplikasi Google Maps ini kamu akan mudah mencari tujuan dengan rute yang sudah di pandu pada Google Maps. Meskipun kamu masih awam dalam perjalanan kota, tapi kamu cukup tahu alamat tujuanya untuk di search di Maps.

Untuk menggunakan google maps yang nyaman alangkah baiknya kamu posisi kan di depan dekat kabin mobil, kamu hanya cukup menyiapkan tempat dari perangkat mobile dan bagi yang mobilnya tipenya baru untuk layar Google Maps sudah tersedia ya tepatnya di kabin mobile, sehingga kamu bisa langsung mengoperasikanya saja.

5. Kondisikan Badan Selalu Fit

Salah satu hal yang lebih penting setelah mengecek kondisi semua mobil yakni mengkondisikan bada selalu tampil fit, pengendara atau sopir disini sebagai tumpuan untuk selalu tampil berenergi ketika mengendarai karena jika pengendara siap dalam segala kondisinya, maka ketika di perjalanan semua akan tenang.

Untuk mengkondisikan badan selalu fit alangkah baiknya ketika lelah jangan memaksa lebih baik berhenti sejenak di tempat peristirahatan, dan jangan lupa untuk selalu mencukupi kebutuhan air putih agar badan lebih bugar. Imbangi ketika keadaan kondisi mobil baik siap jalan, maka sebaliknya pengendara harus tampil lebih berenergi.

6. Membawa Bekal Makan & Minum

Ketika mudik lebaran kamu begitu jauh perjalananya maka ada baiknya untuk membawa bekal makan & minum dari rumah, hal ini nantinya bisa di makan ketika sedang di tempat peristirahatan bersama keluarga. Jadi kamu tak perlu mencari tempat makan di tengah perjalanan, hal ini akan membuat jalan mudikmu terganggu.

Tapi untuk kondisi bekal ini usahakan masakanya tidak cepat basi, pilihlah menu makanan yang menyehatkan dengan tekstur yang tidak basah. Jika bekal makanan yang kamu bawa ini bau-nya menyengat, maka bisa saja di dalam mobil akan mencium aroma masakan sehingga membuat kondisi seseorang menjadi ak karuan atau mabuk perjalanan.

7. Menyiapkan Uang Tunai

Disini uang tunai untuk menjaga-jaga jika suatu saat dibutuhkan seperti membeli bensin, atau beli secara tunai lainya. Karena tidak semua pembayaran menggunakan ATM jadi lebih baik menyiapkan segala sesuatu lebih dulu, dan usahakan membawa uang tunai secukupnya saja ya?

Itulah tadi beberapa Tips Mudik Lebaran dengan Mobil Pribadi yang Menyenangkan, jadi kamu terlebih dulu menyiapkan segala sesuatu terlebih dahulu ya sebelum berangkat mudik. Semoga tips di atas bermanfaat untuk kalian semua dan selamat mudik

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini