10 Wisata Air Terjun di Lombok yang Paling Indah dan Menakjubkan

0
483

Koran.idLombok yang dikenal betul dari keindahan alamnya yang mempesona ternyata dapat memikat para wisatawan dengan mudahnya, hal ini karena Lombok letaknya begitu strategis berdekatan dengan Pulau Bali. Potensi kekayaan wisata alam di Lombok beragam, mulai dari wisata alam pegunungan, pantai yang eksotis dan bahkan yang sedang populer yaitu Wisata air terjun di Lombok yang paling indah dan menakjubkan.

Destinasi air terjun di Lombok memang begitu banyak, yang tersebar di berbagai wilayah seperti Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Tengah dan Lombok Barat. Jadi tak heran ketika wisatawan liburan panjang di Lombok, pasti tak luput untuk mengunjungi air terjun yang sangat mempesona ini. nah buat kalian yang penasaran mengenai destinasi air terjun yang ada di Lombok, yul langsung saja simak selengkapnya di bawah ini :

Table Of Contents

10 Wisata Air Terjun di Lombok yang Paling Indah dan Menakjubkan

1. Wisata Air Terjun Batu Apeq

Wisata Air Terjun Batu Apeq
komunitassantonglombokutara.blogspot.com

Yang pertama, ketika kalian sedang berkunjung ke Lombok khususnya arah Utara, disini ada wisata air terjun yang sangat eksotis. Apalagi air terjun batu apeq ini sudah cukup terkenal, lokasinya berada di Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Lombok. Jika kalian berada di Kota Mataram untuk menuju ke wisata alam air terjun batu apeq, jaraknya kurang lebih mencapai 75 Km.

Kemegahan air terjun batu apeq telah di nobatkan sebagai air terjun tertinggi yang ada di wilayah NTB (Nusa Tenggara Barat), pancuran airnya sangat besar dan jernih sekali sehingga cocok sekali untuk dijadikan ajang foto untuk mengisi story di sosial media. Selain itu aktivitas lainnya kalian bisa menikmati kesegaran airnya sembari berenang dan di area wisata ini pengunjung bisa nbanget untuk camping.

2. Wisata Air Terjun Batara Lenjang

Wisata Air Terjun Batara Lenjang
instagram.com/juliezihsan

Berikutnya salah satu air terjun yang banyak menarik wisatawan untuk datang yaitu air terjun batara lenjang, lokasi tempat destinasi air terjun ini berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani yang terletak di sebuah Desa Senaru, Bayan, Lombok Utara. View andalan air terjun batara lenjang terdapat pada sebuah alir airnya ada dua yakni air tejun sendang gila dan tiu kelep, namun juga air terjun ini memiliki suhu yang panas dan pula tidak terlalu tinggi air jatuh ke permukaanya.

Jika kalian penasaran dengan pesona alam air terjun batara lenjang, alangkah baiknya untuk membawa penunjuk jalan atau teman yang sudah pernah kesini. Karena jalur menuju ke obyek wisata air terjun harus melakukan pendakian terlebih dulu di Gunung Rinjani lebih tepatnya. Di samping itu kalian harus menyiapkan stamina yang fit, karena ketahuilah rute pendakian begitu menantang.

3. Wisata Air Terjun Kerta Gangga

Wisata Air Terjun Kerta Gangga
instagram.com/lombokfriendly

Air terjun kerta Gangga berada di daerah yang terletak di Desa Ganggelang, Kecamatan Gangga. Obyek wisata ini berada di wilayah Lombok Utara. Keberangkatan dari Kota Mataram untuk sampai di wisata air terjun ditempuh dengan jarak kurang lebih 42 Km, waktu yang dibutuhkan hanya sekitar satu setengah jam saja.

Setelah sampai di obyek wisata air terjun pengunjung bisa melakukan aktivitas seperti berfoto dengan tujuan mengabadikan momen saat berkunjung di wisata ini, selain itu suasana di kawasan wisata ini begitu sejuk sekali karena banyak sekali pepohonan rindang di sekitar area wisata dan tak heran jika pengunjung suka berlama-lama.

4. Wisata Tiu Bombong

Wisata Tiu Bombong
instagram.com/wicaksono.ir

Tiu Bombong terletak di Lombok Utara yang lokasinya di desa Santong, Kecamatan Kenyangan, menariknya air terjun Tiu Bombong pancuran airnya cukup tinggi sekitar kurang lebih 65 Km dan tak heran jika view air yang jatuh ke permukaan sungguh mempesona karena memiliki dua aliran yang sangat besar.

Jika kalian ingin berkunjung Lombok Utara jangan sampai melewatkan obyek wisata Tiu Bombong, jika di tempuh menggunakan transportasi pribadi dari Kota Mataram jaraknya sekitar 60 Km saja. Tapi tunggu dulu rute ke tempat Tiu Bombong ini kalian harus menyiapkan stamina yang fit, pasalnya jalan yang harus dilewati setapak menyusuri hutan dan waktu yang dibutuhkan kurang lebih hanya satu jam saja.

5. Wisata Tiu Teja

Wisata Tiu Teja
instagram.com/vian.inside

Jika kalian berada di Lombok pasti tak asing mendengar destinasi wisaa Tiu Teja, pemandangan alamnya yang luar biasa membuat wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Tak hanya itu saja keistimewaan di kawasan wisata satu ini masih asri, sehingga suasanannya sangat sejuk sekali dan cocok sekali untuk refreshing di akhir pekan.

Wisata Tiu Teja terletak di Desa Genggaleng, kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Jika keberangkatan dilakukan dari Kota Mataram waktu yang bisa kalian tempuh sekitar tiga setengah jam lamanya dan itu pun jaraknya 70 Km  yang harus ditempuh. Uniknya Tiu Teja ketinggian air dari atas jatuh ke permukaan sekitar 50 meter, yang dibawahnya menyerupai kolam renang terbuat dari bebatuan padas.

6. Wisata Air Terjun Sendang Gila

instagram.com/herlinaa4196

Salah satu destinasi air terjun di Lombok yang paling populer dengan pemandangan alamnya yang sangat mempesona, nama air terjun ini biasanya oleh masyarakat setempat di sebut dengan sendang Gile, keistimewaan dari air terjun satu ini memiliki dua tingkatan sekaligus dibawah terdapat dua kolam juga. jika kalian berkunjung ke wisata alam air terjun sendang Gile, letaknya di Desa Senaru, Kecamatan Baya.

Menariknya untuk menuju ke wisata air terjun ini, melewati lembah yang begitu curam. Namun pengelola menyiapkan kemudahan seperti anak tangga sebanyak 315 langkah kaki. Istimewanya lagi ketika sampai di air terjun sendang Gile adalah mitosnya, karena air pancuran dari permukaan bermanfaat membuat awet muda ucapnya.

7. Wisata Tiu Kelep

Wisata Tiu Kelep
instagram.com/jihem63

Salah satu destinasi wisata air terjun yang paling populer di Lombok, dengan pesona alam yang eksotis. Lokasi air terjun Tiu Kelep berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan. Uniknya perjalanan menuju ke Tiu Kelep, pengunjung wajib melewati rute terowongan air. Jika liburan ini tambah seru, maka ajaklah teman dan kerabat datang secara bersamaan.

Setelah perjalanan menuju ke wisata Tiu kelep melelahkan, kamu akan terbayar dengan pesona alamnya yang masih alami dan cocok sekali untuk refreshing di akhir pekan. Selain itu aktivitas yang bisa pengunjung lakukan disni tak hanya menikmati percikan air dengan basah-basahan, akan tetapi air tiu kelep dipercaya bermanfaat untuk membuat awet muda. Di sisi lain fasilitasnya terdapat toilet dan juga ruang untuk ganti baju.

8. Wisata Air Terjun Batu Butir

Wisata Air Terjun Batu Butir
instagram.com/cece_yeyen2

Setelah liburan ke Kabupaten Lombok tujuan selanjutnya yang tak kalah serunya yakni di Lombok Barat, keeksotisan alam yang berada di Kabupaten tersebut menyuguhkan obyek wisata air terjun Batu Butir. Lokasinya terletak di Desa Medas Kecamatan Gunung Sari. Kawasan air terjun Batu Butir terdapat lima sumber mata air sekaligus, hanya yang satu posisinya berada di tempat berbeda dari aliran air terjun lainnya.

Namun perjalanan untuk sampai di tempat ini begitu menantang sekali rute-nya, berbeda dari jalan pada umumnya untuk menuju air terjun. Wisatawan yang datang harus menggunakan alat bantu seperti rock climbing, dan tak kalah lebih pentingnya buat kalian yang liburan disini harus memiliki jiwa petualang dan pastikan stamina harus fit.

9. Wisata Air Terjun Gerobogan

Wisata Air Terjun Gerobogan
suarantb.com

Satu lagi wisata air terjun yang terletak di Kabupaten Lombok Barat adalah Air Terjun Gerobogan, lokasi daerah obyek wisata ini berada di Kawasan Desa Pelangan, Kecamatan Sekotong. Pastikan sebelum memulai perjalanan menuju air terjun Gerobogan, kalian harus siap untuk melewati rute menantang. Pasalnya jalan melewati bebatuan bentuk cadas, sekaligus juga terdapat aliran sungai yang jernih.

Akan tetapi kalian tak perlu khawatir dengan menantangnya jalan cadas, karena posisi dan bentuk cadas tertata rapi seperti halnya buatan. Setelah sekian lama melewati jalur yang membuat jantung berdetak, sesampai disana kalian akan disuguhkan pesona alam yang asri dengan view air terjun begitu memikat dan tak rugi bila kalian mengabadikannya.

10. Wisata Air Terjun Putri Kembar

Wisata Air Terjun Putri Kembar
instagram.com/virgorikadwiningsih

Seperti halnya sebutan air terjun ini yang menyuguhkan view cantiknya untuk memikat para wisatawan, lokasinya berada di Desa Senggigi Kecamatan Batu Layar. Perjalanan ketika menuju obyek wisata air terjun melewati hutan rindang yang hijau, untuk menempuh perjalanan biayasanya dibutuhkan waktu hanya satu jam saja.

Menariknya di sepanjang jalan kalian akan disuguhkan seperti tiga air terjun, dan masing-masing memiliki sebutan Temburun Beriq, Goa Walet dan juga Temburun Nyeboq. Kelengkapan fasilitas di tempat wisata alam air terjun, pengunjung dikenakan tiket masuk hanya lima ribu saja tiap orang. Aktivitas yang bisa dilakukan disini selain menikmati dinginya air dari atas jatuh ke permukaan, kalian juga menagabadikan momen di dekat pancuran air terjun.

Nah, itu tadi tentang 10 Wisata Air Terjun di Lombok yang Paling Indah dan Menakjubkan. sebenarnya masih banyak lagi air terjun yang berada di Lombok, namun rekomendasi di atas pilihan yang pas untuk liburan di akhir pekan-mu nanti. Selamat weekend

Artikel Sebelumnya7 Manfaat Minyak Telon Bagi Tubuh Bayi dan Orang Dewasa
Artikel Selanjutnya7 Pantangan Penyakit Tipes yang Harus Dihindari
Assalamualaikum, saya adalah pria yang akrab di sapa Dj Agha. Hobi olahraga dan sangat menyukai travelling, disamping itu saya senang dalam dunia blogging, Internet acces, dan desainer. Saya mengenal dunia blog hingga desainer sejak di masa kuliah, terus belajar sampai sekarang. "You never fail until you stop trying"

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini