Wisata Ranu di Lumajang, Keindahannya Bak Surga Dunia

0
457

Koran.idSiapa sangka jika Lumajang memiliki sejumlah destinasi wisata alam unggulan yang dapat memikat wisatawan, di antaranya seperti pendakian gunung Semeru, Air Terjun dan masih banyak lagi lainnya. Lumajang sendiri cukup dikenal dengan icon gunung Semeru, di samping itu ada destinasi yang ada di Lumajang yang cukup populer saat ini yaitu wisata ranu di Lumajang keindahannya bak surga dunia.

Lumajang merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur, letaknya berada di antara perbatasan Kabupaten Probolinggo, Jember dan Malang. merencanakan liburan di Kabupaten Lumajang memang sangat pas sekali, karena suasana-nya yang menyejukan di tambah lagi pesona alamnya begitu indah dan eksotis. Nah buat kamu yang ingin mengetahui tentang rekomendasi wisata ranu di Lumajang, yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini :

Wisata Ranu di Lumajang, Keindahannya Bak Surga Dunia

1. Wisata Ranu Kumbolo

Wisata Ranu Kumbolo
instagram.com/emipuspitoningrum

Yang pertama, obyek unggulan wisata Ranu di Lumajang yaitu Ranu Kumbolo. Tentu saja wisata ini sudah tak asing lagi oleh para wisatawan, jika kalian ingin berpetualang untuk pendakian ke Gunung Semeru pasti akan menemui Ranu Kombolo. Selain itu pesona alam di Kumbolo juga sangat indah dan suasana di Ranu Kumbolo juga begitu dingin, jika kamu ingin kesana maka siapkan stamina yang fit karena ketahuilah rute yang dilewati lumayan jauh dan menanjak.

Ranu Kombolo merupakan danau air tawar yang bisa dikonsumsi oleh para wisatawan dan sebagai tempat camping ketika ingin melanjutkan pendakian ke Gunung Semeru. Danau ini lokasinya berada di ketinggian 2.400 Mdpl dari atas permukaan laut, dan berada di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Bagi kalian yang melakukan pendakian untuk berhenti ke Ranu Kumbolo, diharapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Karena di Kawasan tersebut masih terjaga kebersihanya, dan alangkah baiknya kalian membawa kantong plastik sampah besar untuk di bawa turun.

2. Wisata Ranu Pane

Wisata Ranu Pane
instagram.com/link_catering_

Berikutnya obyek wisata Ranu yang paling indah dengan pemandangan yang memikat adalah ranu pane, lokasi ranu pane berada dekat dengan pos pendaftara pendakian Gunung Semeru. Dimana letaknya berada di perkampungan warga di Desa Ranupani, Kabupaten Lumajang. Jika kalian berangkat dari arah Utara pasti akan melewati Ranu Pane dengan suguhan pesona ranu yang begitu mempesona dan layak untuk di abadikan.

Wisata danau atau ranu ini biasanya dijadikan kolam pemancingan oleh warga setempat, tak hanya itu saja fasilitas yang disediakan cukup lengkap. Jadi untuk wisatawan bisa memakirkan sepeda terlebih dahulu sebelum berkeliling danau, dan untuk tempat lainya ada musholla, kamar mandi dan tempat makan. Jadi jangan ragu-ragu untuk datang ya, pengunjung tidak di tarik biaya masuk alias gratis.

3. Wisata Ranu Regulo

Instagram.com/dj_agha11

Salah satu ranu yang memiliki pemandangan eksotis yang tak kalah mempesona di antara dua ranu di dekatnya yaitu ranu pane dan ranu Kumbolo, letak Ranu Regulo berada di Desa Ranu Pane Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Jika kalian sedang berada di Desa tersebut atau merencanakan pendakian ke Gunung Semeru, sempatkan untuk mampir berjalan-jalan ke Ranu Regulo yang tentunya sangat mempesona.

Destinasi wisata Ranu Regulo disana pengunjung melewati jalan dengan rute yang baik mendatar, tidak ada tantangan sulit ketika menuju ke Ranu Regulo. Setelah memasuki area Ranu pasti kalian akan tak sabar untuk mengeluarkan kamera untuk mengabadikan keindahan ranu dengan pemandangan pepohonan rindang, istimewanya di tempat ini juga di fasilitasi tempat makan, toilet dan area camping jika ingin bermalaman di sini.

4. Wisata Ranu Pakis

Wisata Ranu Pakis
instagram.com/dolanjawatimur

Destinasi wisata ranu terbaik lainnya yang tak kalah saing dengan wisata lainnya di Lumajang adalah Ranu Pakis, lokasinya berada di Kecamatan Klakah dengan rute jalan baik. Ranu yang memiliki luas mencapai 112 hektare ini, di balik view-nya dikelilingi oleh pegunungan. Sehingga di kawasan wisata Ranu Pakis begitu sejuk, dan cocok sekali untuk refreshing di akhir pekan.

Ketika menuju Wisata Ranu Pakis pengunjung pasti akan merasakan lelah, tapi jangan khawatir karena di sekitar area danau terdapat perkampungan warga dan tempat wisatanya dilengkapi sejumlah fasilitas yang memadahi. Bahkan jika kalian yang suka dengan camping, bisa mendirikan tenda sembari menikmati keindahan alam yang asri nan eksotis.

5. Wisata Ranu Bedali

Wisata Ranu Bedali
instagram.com/adjeng18

Perjalanan menuju ke Ranu Bedali ini memang pengunjung harus menggunakan kendaran pribadi seperti sepeda motor, pasalnya jalannya naik turun akan lebih mudah untuk memanfaatkan roda dua sebagai transportasinya. Ranu Bedali sendiri berada di ketinggian 700 Meter dari atas permukaan laut, tentu saja suasananya sejuk dan pas banget untuk dijadikan liburan bersama keluarga dan teman.

Keistimewaan ketika menuju ke Ranu Bedali pastinya kalian akan menyaksikan view terbaik seperti bukit yang ditumbuhi pepohonan rindang dengan daun warna hijau, setelah sesampai di Ranu Bedali pengunjung akan di suguhkan danau yang airnya di tampung seperti di sebuah mangkuk raksasa. Jadi jika kalian berniat ingin berkeliling ranu tersebut, bisa menggunakan transportasi seperti sampan.

6. Wisata Ranu Klakah

Wisata Ranu Klakah
instagram.com/yoikilumajang

Populernya wisata Ranu Klakah yang ada di Kabupaten Lumajang, membuat wisatawan yang berakhir pekan di kota pisang seakan penasaran dengan view di wisata alam itu. Terciptanya Ranu Klakah bermula dari aktifnya Gunung Lemongan yang meletus, sehingga terjadilah secara bersamaan tercipta yang namanya tiga ranu terindah yang di sebut segitiga emas.

Ketiga ranu tersebut bernama Ranu Klakah, Ranu Pakis dan Ranu Bedali, letaknya memang berdekatan dan masih satu kawasan. Di Ranu Klakah sendiri pengunjung bisa menikmati berbagai wahana yang disediakan seperti naik perahu tradisional, perahu ayun dan sampai perahu mesin. Ketika seharian penuh beraktivitas di area ranu Klakah, pasti kalian akan merasakan lapar dan tepat sekali untuk di coba warung kuliner di obyek alam ini dengan menu ikan segar.

7. Wisata Ranu Darungan

Wisata Ranu Darungan
instagram.com/wiliargo

Sebenarnya obyek wisata danau ini tidak begitu terkenal seperti yang lainnya, lokasinya yang tersembunyi dan masih jarang di kunjungi oleh para wisatawan. Letak Ranu Darungan sendiri berada di Kecamatan Pronojiwo daerah penghasil salak pondoh, keistimewaan ketika berkunjung ke Ranu Darungan pasti kalian akan melihat pepohonan jenis Rekisi yang posisinya tepat mengelilingi letak ranu.

Jika dilihat dari tampilan Ranu Darungan sebenarnya masih bisa bersaing dengan nama ranu terkenal lainnya yang ada di Kabupaten Lumajang, hanya saja Ranu Darungan masih dalam tahap renovasi oleh pengelola agar bisa memiliki fasilitas yang memadai. Awal mulai terciptanya sebuah Ranu Darungan disini, sejak di jaman penjajahan Belanda. Alasanya area di wisata danau masih berdiri kokoh bangunan Belanda dengan fungsi sebagai pelestarian jenis anggrek langka.

8. Wisata Ranu Lading

Wisata Ranu Lading
instagram.com/agung.kenzie.nugroho

Yang terakhir wisata Ranu paling indah yang letaknya di Lumajang yaitu Ranu Lading, Lokasi wisata danau satu ini berada di Desa Papringan, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang. Jika kalian berangkat dari arah Kota Lumajang, jaraknya sekitar kurang lebih 25 Km. Jika kalian ingin tahu tepat posisi Ranu Lading yakni pas ditengah lereng Gunung Sadeng, dan di sekitaran wisata ini terdapat bangunan loji yang masih berdiri kokoh di samping danau.

Meski Ranu Lading tak terlalu populer seperti halnya Ranu lainya yang berada di Kabupaten Lumajang, akan tetapi setelah kalian sampai disana akan disuguhkan pemandangan alam yang masih asri dan alami. Sehingga suasana di lokasi wisata sangat sejuk sekali dan kalian juga bisa memanfaatkan kegiatan di tempat wisata seperti melihat pemetikan buah kopi, foto dengan view ranu dan bisa menikmati heningnya alam yang pas untuk bersantai.

Ranu Lading berada di ketinggian 900 mDpl, area-nya begitu cukup luas sekali mencapai 22 Ha dengan kedalaman permukaan danau sekitar 28 meter. Jadi untuk rute perjalanan ke obyek wisata ini cukup mudah sekali, kalian bisa menggunakan transportasi kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua. Karena perjalanan yang di tempuh cukup baik dan lancar.

Nah, itulah tadi tentang Wisata Ranu di Lumajang, Keindahannya Bak Surga Dunia. Apakah kalian tertarik untuk mengunjunginya? Semoga dengan adanya rekomendasi di atas dapat memudahkan wisatawan agar lebih tahu sekaligus untuk menambah wawasanya dan selamat liburan

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini