10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik untuk Semua Jenis Motor

1835
Oli Motor Terbaik
Oli Motor Terbaik

Koran.id – Oli bukan hanya berfungsi untuk menjaga kinerja mesin motor saja. Melainkan juga berfungsi untuk menjaga kestabilan suhu mesin, mengurangi gesekan dan juga membersihkan mesin dari kotoran yang menempel. Karena fungsinya yang sangat krusial tersebut, kita sebagai pemilik motor harus selalu rutin mengganti oli. Berbicara mengenai oli, saat ini sudah ada banyak produk oli motor terbaik untuk semua jenis motor yang beredar di Indonesia. Oli tersebut dijual dengan harga yang bervariasi, mulai dari yang murah hingga mahal.

Harga terkadang tidak selalu menentukan kualitas dari sebuah produk. Nyatanya ada beberapa jenis oli murah yang memiliki kualitas yang bagus untuk kesehatan dan kinerja mesin. Banyaknya pilihan produk oli mungkin membuatmu bingung untuk memilihnya. Berikut ini ada beberapa rekomendasi oli yang bagus untuk semua jenis motor bisa kamu jadikan pilihan paling tepat. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Daftar Jenis Oli Motor Terbaik untuk Semua Jenis Motor

Rutin mengganti oli merupakan suatu keharusan bagi pemilik motor. Ini bertujuan untuk menjaga performa kinerja mesin motor agar tetap optimal dan responsif. Jangka waktu mengganti oli sendiri bisa disesuaikan dengan jenis motor serta seberapa sering kamu menggunakan motor tersebut. Atau jika bingung, kamu bisa melakukan penggantian oli jika motor tersebut sudah menempuh jarak sejauh 2.000 kilometer.

Memilih oli untuk motor juga tidak boleh sembarangan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Mulai dari tingkat keenceran dari oli, intensitas kinerja mesin, jenis motor, dan kualitas yang dimilikinya. Dengan demikian kinerja mesin motor akan optimal dan tahan lama. Adapun beberapa pilihan oli yang bagus selengkapnya, sebagai berikut:

1. AHM Oil

AHM Oil
AHM Oil

Pilihan oli untuk motor yang pertama datang dari merek ternama Honda, yakni AHM Oil. Oli jenis ini disarankan untuk semua jenis motor Honda, baik itu motor matic, motor bebek, ataupun seri sport. AHM Oil ini sendiri sangat baik dalam menjaga performa mesin motor, di mana di dalamnya terdapat kandungan sintetik yang berkualitas tinggi. Kinerja mesin akan sangat optimal, mengurangi gesekan, serta menjaga kestabilan suhu dengan sangat baik.

Setidaknya ada 4 jenis oli yang dikeluarkan oleh PT. Astra Honda Motor, yakni AHM Oil SPX 1, AHM Oil SPX 2, AHM Oil MPX 1, AHM Oil MPX 2 dan AHM Oil MPX 3. Harga banderolnya pun terbilang sangat murah, yakni hanya sebesar Rp 45 ribuan saja.

2. Oli TOP 1

Oli TOP 1
Oli TOP 1

Berikutnya ada merek oli motor yang sudah sangat terkenal, khususnya di Indonesia, yakni Oli TOP 1. Ada beberapa jenis oli yang dihadirkan oleh brand tersebut, salah satunya adalah TOP 1 Action Matic Series. Oli jenis ini dihadirkan khusus untuk menjaga performa mesin pada motor matic. Penggunaannya akan membuat mesin motor tetap halus dan tidak cepat panas, sehingga akan membuat nyaman penggunanya.

Oli untuk matic dari TOP 1 ini dibuat dari bahan dasar synthetic yang diformulasikan khusus untuk motor matic modern keluaran terbaru. Oli tersebut juga sudah mendapatkan sertifikasi JASO MB yang tentunya tidak perlu diragukan lagi soal kualitasnya.

3. Oli Motul

Oli Motul
Oli Motul

Produk oli motor dari Motul juga cukup terkenal di Indonesia, di mana produknya ini menjadi salah satu yang terlaris hingga saat ini. Produk pelumas mesin motor tersebut dibekali dengan teknologi modernd yang akan mampu meningkatkan kinerja mesin motor. Saat ditunggangi, motor akan terasa lebih nyaman, tarikannya halus dan tidak mudah panas meskipun sudah menjangkau jarak yang sangat jauh.

Motul juga sudah menghadirkan beberapa varian oli yang bisa kamu sesuaikan dengan jenis motor. Mulai dari oli untuk jenis motor matic, motor bebek, hingga jenis motor sport.

4. Oli Repsol

Oli Repsol
Oli Repsol

Bagi kamu penggemar motoGP pasti sudah tidak asing lagi degan brand satu ini. Repsol ternyata juga menghadirkan produk oli yang bagus dan cocok untuk berbagai jenis motor yang ada saat ini. Juga termasuk produk dari PT. Astra Honda Motor, oli Repsol tersebut cukup laris di Indonesia. Oli Repsol sendiri memiliki SAE atau tingkat kekentalan yang pas sehingga cocok untuk semua jenis motor, termasuk motor modern.

Sama seperti jenis oli lainnya, oli Repsol terdiri dari beberapa varian yang bisa disesuaikan dengan jenis motor yang kamu miliki. Meskipun merupakan oli besutan Honda, bukan berarti oli tersebut tidak cocok untuk jenis motor dari pabrikan lainnya.

5. Oli Shell Advance

Oli Shell Advance
Oli Shell Advance

Kamu yang mencari oli motor murah dengan kualitas bagus, maka bisa memilih oli dari merek Shell satu ini. Menjadi salah satu jenis oli yang bagus, oli Shell Advanced ini sangat cocok digunakan untuk semua jenis motor, baik motor lawas hingga motor keluaran terbaru. Meskipun dijual dengan harga terjangkau, namun oli Shell Advanced ini dibuat dengan teknologi tinggi yang membuat kualitasnya sangat baik.

Oli Shell Advanced tersebut terbuat dari bahan dasar synthetic serta dengan tingkat kekentalan yang pas. Saat digunakan, oli Shell akan langsung masuk hingga celah terkecil di mesin dan membuat performa mesin semakin meningkat. Untuk harganya sendiri, oli Shell Advanced bisa kamu dapatkan mulai dari harga Rp 30 ribuan saja.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik yang Populer di Indonesia

6. Oli Yamalube

Oli Yamalube
Oli Yamalube

Sementara untuk kamu pengguna motor merek Yamaha, tidak perlu bingung memilih oli yang tepat. Yamaha sudah menghadirkan produk oli terbaik yang memang dikhususkan untuk motor yang diproduksinya. Oli Yamalube bisa kamu pilih untuk motor Yamaha kesayanganmu. Oli dari Yamaha ini tidak kalah kualitasnya dengan oli dari merek lain, di mana ia akan membuat kinerja mesin semakin optimal, mengurangi keausan, dan juga menjaga kestabilan suhu mesin.

Oli Yamalube terdiri dari beberapa jenis, mulai dari Yamalube untuk motor matic, motor bebek hingga motor sport. Tidak hanya cocok digunakan untuk motor dari pabrikan Yamaha saja, oli Yamalube juga tidak menutup kemungkinan untuk digunakan pada motor dari pabrikan lainnya.

7. Castrol Oil

Castrol Oil
Castrol Oil

Kali ini ada jenis oli berkualitas bagus yang berasal dari London, yakni Castrol Oil. Sudah tidak perlu diragukan lagi untuk kualitas yang dimiliki oleh Castrol Oil tersebut. Oli tersebut diklaim bisa memberikan perlindungan yang sangat baik terhadap mesin motor, sehingga kinerja mesin akan lebih optimal. Castrol Oil juga memiliki daya tahan yang cukup lama dengan tingkat keenceran yang pas, sehingga cocok untuk berbagai jenis motor.

Castrol Oil juga terdiri dari beberapa varian yang bisa disesuaikan dengan jenis motor-mu. Salah satunya adalah seri Castrol Power 1 Scooter yang merupakan oli terbaik untuk jenis motor matic. Ada pula seri Castrol Power 1 Racing 4T yang cocok untuk motor sport atau sejenisnya.

8. Federal Oil

Federal Oil
Federal Oil

Merek oli motor terlaris di Indonesia lainnya yakni bernama Federal Oil. Dulu merek oli satu ini menjadi partner setia Honda, sebelum akhirnya berpisah karena Honda menghadirkan produk olinya sendiri, yakni AHM Oil. Federal Oil sendiri punya kualitas yang sangat bagus, cocok untuk berbagai jenis motor yang ada sekarang ini.

Federal Oil memiliki tingkat kekentalan yang pas, serta dibekali dengan teknologi-teknologi terbaru sehingga cocok untuk motor modern, baik itu matic ataupun jenis motor lainnya. Oli tersebut akan menjaga performa kinerja mesin agar tetap optimal meskipun sudah menempuh jarak yang sangat jauh.

9. Oli Pertamina Enduro

Oli Pertamina Enduro
Oli Pertamina Enduro

Oli berkualitas bagus dan populer di Indonesia lainnya yakni bernama Pertamina Enduro. Menjadi salah satu produk pelumas mesin terbaik, Pertamina Enduro justru dibanderol dengan harga lumayan terjangkau. Jadi, kamu yang mencari produk oli motor murah namun dengan kualitas bagus, maka bisa memilih oli Pertamina Enduro ini.

Penggunaan oli dari Pertamina Enduro ini akan mampu mengurangi risiko keausan pada mesin dikarenakan gesekan yang terjadi. Gesekan pada komponen tersebut akan diminimalisir dengan sangat baik oleh oli Pertamina Enduro. Ini karena oli tersebut punya tingkat kekentalan yang baik sehingga bisa masuk ke celah terkecil pada mesin.

10. Oli Evalube

Oli Evalube
Oli Evalube

Dan pilihan produk oli lainnya yang cocok untuk semua jenis motor yakni bernama Evalube. Oli Evalube merupakan salah satu jenis oli termurah yang bisa kita temukan di pasaran, baik offline maupun online. Harganya yang sangat terjangkau, tidak heran oli tersebut sangat laris dan populer di Indonesia.

Oli Evalube dibuat dari bahan full synthetic yang membuatnya mamu meningkatkan performa mesin motor dan menjaga kestabilan suhunya. Kekentalan olinya juga sangat pas sehingga akan mengurangi gesekan yang mungkin terjadi di dalam mesin saat dinyalakan.

Itulah tadi beberapa rekomendasi oli motor yang bagus dan cocok untuk berbagai jenis motor yang ada saat ini. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel Sebelumnya10 Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik yang Populer di Indonesia
Artikel Selanjutnya10 Rekomendasi Merek Bedak Padat yang Cocok untuk Semua Jenis Kulit
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini