10 Makanan Khas Makassar yang Paling Enak Wajib Dicoba

0
2711
Makanan Khas Makassar Favorit Wisatawan
Makanan Khas Makassar Favorit Wisatawan

Koran.idKota Makassar memang bukanlah hal baru lagi mengenai beragam kulinernya, apalagi olahan masakan masyarakat di Makassar mempunyai ciri yang unik di banding daerah lainnya. meski begitu makanannya dikenal sangat lezat dan gurih, karena mengandalkan campuran rempah-rempah. Buat anda yang berkeinginan kuliner di Makassar, ada baiknya melihat lebih dulu referensi makanan khas Makassar yang paling enak wajib di coba.

Kita ketahui bersama Makassar memang begitu luar biasa untuk soal rasa makanan, di samping aromanya yang aduhai menggoda membuat para pecinta kuliner penasaran ingin mencobannya. Sekali untuk mencoba masakannya pasti akan ketagihan ingin nambah, nah masakan yang ada di Makassar ini di setiap daerahnya memiliki jenis menu yang berbeda dan anda patut untuk membelinya. agar tak berlama-lama lagi langsung saja yuk simak selengkapnya di bawah ini :

10 Makanan Khas Makassar yang Paling Enak Wajib Dicoba

1. Kuliner Coto Makassar

Kuliner Coto Makassar
Instagram.com/jktfooddestination

Yang pertama, kuliner yang tidak asing lagi di daerah Makassar adalah kuliner coto. makanan coto ini dikenal paling enak serta gurih, di samping itu aromanya yang wangi membuat kuliner satu ini banyak yang menyukainnya. Siapa saja yang ingin mencobanya pasti ingin tambah porsinya.

Buat anda yang ingin mencoba kuliner coto Makassar bisa langsung berkunjung di Jalan Nusantara Baru No. 142, Ende, Wajo Kota Makassar. Biasannya bukanya setiap hari mulai jam 7 pagi sampai jam 6 malam waktu setempat. menariknya penyajian makanan coto Makassar ini di tempatkan disebuah mangkuk berkuah kental, dan isinya terdapat daging besar sekaligus daun bawang goreng.

2. Kuliner Konro Makassar

Kuliner Konro Makassar
Instagram.com/the.fooddoctor

Berikutnya, kuliner asli Makassar yang banyak diminati oleh para pecinta kuliner seperti makanan Konro. Bahan dasar dari makanan satu ini terbilang istimewa pasalnya daging iga-nya di rebus menggunakan campuran kayu manis, air asam serta bahan masakan rawon lainnya. sajian makanan ini cukup menggugah selera, jika di makan dengan keadaan hangat pasti membuat rasa konro makin melekat.

Jika anda ingin mencari kuliner Konro di daerah Makassar, bisa berkunjung di Jalan Gunung Lompo Battang No. 41-43, Pisang Utara, Ujung Pandang, Makassar. Warung ini biasannya di buka setiap hari mulai pukul 10 pagi sampai pukul 10 malam waktu daerah Makassar. Kuliner Konro ini kerap kali di incar para selebritis di tanah air jika ada show di daerah Makassar, tak heran bila kuliner satu ini sedang hits sampai sekarang.

3. Kuliner Sop Saudara

Kuliner Sop Saudara
Instagram.com/sasmitaedo

Makanan asli Makassar memang tak hanya berasal dari daerah tersebut saja, namun kali ini makanan sop saudara sebenarnya asli dari Sulawesi Selatang. Namun dengan masuknya kuliner ini di kota Makassar , membuat kuliner ini semakin di jadikan makanan khasnya. Akan tetapi rasannya tak sedikit pun di ubah, hanya saja ada tambahan dari cara penyajiannya.

Sop saudara ini aromanya dikenal menggugah selera, apalagi kuahnya yang dicampur seperti mie bihun ditambah kentang kering dan daging sapi selain membuat perut kenyang juga ketagihan. Pasti siapa sja yang ingin mencobannya meskipun sudah kenyang, pasti ingin membungkusnya lagi. Lokasi kuliner ini letaknya di Jalan Dokter Wahidin Sudiro Husodo No. 40, Pattunuang, Wajo Makassar.

4. Kuliner Pallubasa

Kuliner Pallubasa
Instagram.com/sasmitaedo

Salah satu kuliner yang di hidangkan hampir sama dengan coto Makassar, yang isiannya terdapat jeroan sapi maupun kerbau. Bedannya cara penyajiannya masakan pallubasa dengan coto Makassar ini terdapat pada nasi di dalam mangkuk, jika coto Makassar mungkin umumnya di makan bersama ketupat.

Selain itu untuk campuran bahan bumbu di dalamnya ada tambahan tekstur daging, agar pallubasa semakin nikmat ketika di makan. Bagi anda yang berniat membeli makanan pallubasa lokasinya di Jalan Serigala Mamajang Dalam, Kota Makassar. Biasannya waktu buka sekitar mulai jam 9 pagi sampai 8 malam.

5. Kuliner Pallumara

Kuliner Pallumara
Instagram.com/genpiindonesia

Makanan berbahan dasar dari ikan yang di tambah kuah kuning di dalamnya, kuah bahan dasarnya dari bumbu kunyit dimana pallumara ini hampir mirip dengan bumbu ikan asam manis. Hanya saja pallumara cara penyajiaanya di mangkuk besar dengan isian kepala kakap merah, tongkol atau pun juga bandeng untuk isian lainnya.

Asiknya lagi bila kuliner pallumara ini di hidangkan, pas sekali dengan tambahan nasi putih hangat dan tak lupa minuman dingin teh maupun jeruk. Jika anda ingin mendapatkannya untuk bisa merasakan nikmatnya pallumara bisa menuju lokasi di Jalan Prof. Dr. Abdurrahman Basalamah N. 99A, Panakkukang, Kota Makassar. Bukanya setiap hari mulai jam 9 pagi hari sampai jam 10 malam.

6. Kuliner Kue Barongko

Kuliner Kue Barongko
Instagram.com/periuk_bunda

Sebenarnya kuliner barangko ini adalah jajanan asli daerah Makassar, yang bentuk teksturnya basah dan rasanya sungguh nikmat sekali. bahan dasar dari Barongko ini terbuat dari pisang manis dengan tekstur yang lembut, sebelum penyajiaannya biasanya kue ini di ceak lebih dalu kemudian di bungkus dengan daun pisang.

Nikmatnya kue Barongko yang basah ini di makan bisa di suasana dingin maupun panas, biasannya barongko juga lebih asik di nikmati dengan minuman hangat seperti teh, jeruk nipis hangat dan lain sebagainnya. Untuk mendapatkan kue barongko anda bisa datang di Jalan Serui No. 19, Pattunuang, Wajo Kota Makassar.

7. Kuliner Pisang Epe

Kuliner Pisang Epe
Instagram.com/ayudiahrespatih

Satu lagi kuliner berbentuk kue yang berbahan dasar dari pisang sudah menjadi pilihan oleh para pecinta kuliner di Makassar, biasannya cara mematangkannya pisang epe ini di bakar dengan diletakkan di atas bara api. Sehingga aromannya yang harum semakin tak sabar ingin mencicipinnya, untuk tambahan diberikan topping plus gula merah serta air daun pandan agar nikmatnya bertambah.

Istimewannya kue pisan epe ini momen paling pas untuk menyantapnya di waktu sore sampai malam hari, kuliner kue satu ini banyak sekali di sepanjang jalan pantai Losari Makassar. Untuk referensi lainnya anda bisa membelinya di Jalan Penghibur, Losari, Ujung Pandang, Kota Makassar. Waktu buka biasannya mulai jam 4 sore hari sampai jam 12 malam hari.

8. Kuliner Gogoso

Kuliner Gogoso
Instagram.com/cemilan.khas

Salah satu camilan atau lauk olahan dari masyarakat Makassar biasannya banyak disajikan di waktu lebaran tiba, hidangan kuliner satu ini terbuat dari sebuah beras ketan yang di bungkus dengan daun pisang lalu dibakar. Menariknya jika gogoso ini di sajikan biasannya ada tambahan sepertu telur asin.

Awal terciptanya kuliner Gogoso ini berawal dari masyarakat bugis asli Makassar menyukai makanan ini, jadi tak heran jika sampai sekarang ini dinobatkan sebagai ciri khas kuliner asli Makassar yang berbentuk camilan. Lokasinya di Jalan Serui No. 19, Pattunuang, Wajo Kota Makassar.

9. Kuliner Kapurung

Kuliner Kapurung
Instagram.com/citrahendrawijaya

Buat anda yang belum mengetahui bahan dasar makanan kapurung ini, terbuat dari campuran sayuran, sari serta tepung sagu. Menariknya disini awalnya kapurung ini tak begitu familiar hanya di makan oleh warga Makassar saj, namun dengan banyaknya para pecinta kuliner yang datang kapurung semakin terkenal dan dijadikan kuliner Makassar.

Makanan kapurung tergolong kuliner tradisional, untuk soal rasa memang sudah tak diragukan lagi. Rasa manisnya yang sedikit terasa asam, membuat lidah seakan tak ingin berhenti menikmatinya. Jika anda ingin mencobanya bisa langsung menuju di Jalan Tamalanrea Raya Blok C No. 12A, Kota Makassar.

10. Kuliner Bebek Palekko

Kuliner Bebek Palekko
Instagram.com/jiroesnimadaalim

Terbuat dari bahan dasar bebek yang di olah dengan bumbu andalam masyarakat Makassar, uniknya hidangan Bebek Palekko ini asli makanan warga Bugis yang dikenal rasannya sangat enak dan pedas sekali. selain itu tekstur daging bebeknya lembut dan biasannya penyajiannya di cincang, agar bumbunya lebih meresap lebih kedalam tentu saja semakin enak untuk dinikmati.

Jika anda suka masakan pedas bebek Palekko ini cocok buat rekomendasinya, lebih serunya lagi bebek Palekko ini di hidangkan dengan nasi putih hangat sekaligus minuman teh dingin maupun es jeruk. Sebenarnya kuliner bebek Palekko sudah tersebar di sudut Kota Makassar, namun untuk yang rekomended anda bisa berkunjung di Jalan Tamalanrea Raya BTP Blok C No. 27 A, Tamanlanrea, Kota Makassar.

Nah, itulah tadi tentang 10 Makanan Khas Makassar yang Paling Enak Wajib Dicoba. Kalian ingin mencoba yang mana? Semoga referensi di atas memberikan manfaat bauat anda semuanya dan selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini