10 Kuliner Khas Bandung yang Wajib Dicicipi Saat Berkunjung Ke sana

3242

Koran.id – Bandung sangat terkenal dengan wisata alamnya yang beragam dan menarik untuk dikunjungi. Beberapa tempat wisata di Bandung tersebut menyuguhkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan dan membuat siapa saja terpesona akan keindahannya. Selain tempat wisata alam, kuliner khas Bandung juga cukup beragam dan wajib untuk kamu cicipi. Sama seperti di daerah lainnya, beberapa kuliner di Bandung juga punya cita rasa yang lezat dan membikin ketagihan.

Berbicara mengenai makanan khas Bandung, ada banyak sekali jenisnya. Beberapa kuliner tersebut bisa kamu temukan dengan mudah di warung-warung pinggir jalan atau tempat keramaian lainnya. Beberapa tempat kuliner di Bandung juga mengusung konsep yang lebih modern dan unik, ini juga bertujuan untuk menarik minat pengunjung. Mengenai daftar kuliner khas di Bandung yang paling lezat dan wajib dicicipi bisa kalian simak di bawah ini.

Daftar Kuliner Khas Bandung yang Paling Enak dan Wajib Dicicipi

1. Seblak

id.wikipedia.org

Jenis kuliner khas Bandung yang wajib kamu cicipi saat berada di sana yakni seblak. Seblak menjadi salah satu jenis makanan yang paling mudah kamu temukan di Bandung. Seblak ini sendiri dibuat dari bahan utama kerupuk yang direbus. Dicampur dengan bahan lain seperti, ayam, telur, olahan daging sapi, boga bahari serta siraman kuah pedas dari campuran bawang putih, cabe, garam dan juga kencur.

Seblak khas Bandung ini juga terdiri dari 2 jenis yakni seblak kering dan seblak basah. Untuk segi rasa mungkin sama, namun yang paling favorit adalah seblak basah.

2. Nasi Kalong

instagram.com/kulineraddictbdg

Nasi Kalong juga menjadi salah satu kuliner di Bandung yang paling enak dan banyak diburu pelancong. Diberi nama Nasi Kalong karena jenis makanan ini dibuatnya di malam hari dan nasinya pun juga berwarna hitam. Berwarna hitam bukan karena menggunakan beras hitam, melainkan karena proses pembuatannya menyebabkan warna hitam pada nasi.

Warna hitam tersebut dikarenakan tambahan campuran kluwak, cabe, kelapa parut, bawang merah dan juga daun salam. Nasi Kalong sendiri biasanya juga disajikan bersama dengan berbagai lauk, seperti telur, abon, dendeng, rendang dan lain sebagainya.

3. Mie Kocok

kompas.com

Sajian mie mungkin sudah tidak asing lagi dengan lidah orang Indonesia. Tapi beda lagi dengan Mie Kocok yang berasal dari Bandung ini. Mie Kocok tersebut mempunyai cita rasa yang lezat dan bisa membuat siapa saja ketagihan saat pertama kali mencicipinya.

Rasa lezat yang diberikannya dihasilkan dari berbagai campuran bahan lain yang dimasak bersama mie. Menggunakan mie pipih yang dicampur dengan sumsum, kikil, bawang goreng, daun seledri serta juga siraman kuah kaldu yang semakin membuatnya terasa nikmat.

4. Batagor

pegipegi.com

Sebagian dari kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis makanan satu ini. Ya, Batagor memang sudah bisa ditemukan di berbagai wilayah di Jawa khususnya. Tetapi, mencicipi kuliner Batagor langsung dari tempat asalnya pastinya akan memberikan sensasi rasa tersendiri yang tidak akan kamu rasakan di tempat lain.

Cita rasa gurih dan lezat sangat terasa dari bakso tahu goreng yang menjadi bahan utamanya. Ditambah lagi dengan bumbu kacang yang lezat dan pedas membuat rasa yang diberikan lebih nikmat dan membuat ketagihan.

5. Lotek

tribunnews.com

Kuliner khas Bandung yang wajib dicicipi selanjutnya adalah Lotek. Dari tampilannya kuliner satu ini hampir mirip seperti gado-gado khas Jawa. Tetapi untuk soal rasa, Lotek punya cita rasa tersendiri yang pastinya berbeda dengan gado-gado. Lotek khas Bandung ini dibuat dari campuran berbagai sayuran rebus, potongan lontong atau ketupat, serta siraman saus kacang yang khas.

Saus kacang inilah yang menjadi pembeda Lotek dengan gado-gado. Di mana pada saus kacang tersebut diberi campuran kencur dan bumbu khas lain sehingga menghasilkan cita rasa yang berbeda. Kuliner Lotek ini sendiri bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai sudut kota Bandung.

Baca Juga: 10 Pusat Oleh-Oleh Khas Bandung Paling Laris dan Terkenal

6. Ketan Bakar

pegipegi.com

Ketan Bakar merupakan salah satu kuliner tradisional khas Bandung yang punya cita rasa lezat dan membuat ketagihan. Ketan Bakar ini sendiri biasanya disajikan dengan bahan makanan lain sebagai penambah rasa nikmat. Bahan lain tersebut seperti oncom, serundeng, serta juga bumbu kacang. Cita rasa Ketan Bakar ini sendiri sangat gurih dan nikmat, ini karena campuran ketan, kepala parut, santan dan garam yang digunakannya.

Termasuk jajanan paling mudah ditemukan di Bandung, Ketan Bakar ini tersedia di berbagai sudut kota Bandung. Mulai dari jalan Dago, Lembang, Dalem Kaum, hingga Ciwalk. Jangan lupa mampir ke sana untuk bisa mencicipi jajanan khas Bandung ini.

7. Karedok

instagram.com/ipink_nicole

Karedok juga menjadi salah satu makanan khas Bandung yang paling favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana. Karedok ini sendiri memang cukup terkenal di Jawa Barat, khususnya kota Bandung. Cita rasa yang diberikannya sangat lezat dan membuat siapa saja ketagihan saat mencobanya.

Karedok ini sendiri terbuat dari berbagai campuran sayuran sehat dan masih mentah, seperti kol, tauge, timun, kadang hijau, kemangi dan juga terong. Selain itu, juga ada siraman saus kacang khusus yang dibuat dari campuran kacang tanah, gula jawa, cabe, kencur, bawang putih, terasi, air asam dan juga garam. Campuran tersebut akan menghasilkan cita rasa karedok yang gurih dan nikmat.

8. Nasi Tutug Oncom

instagram.com/seto_beri

Nasi Tutug Oncom juga merupakan salah satu kuliner khas di Bandung yang wajib untuk kamu cicipi saat berada di sana. Nasi Tutug Oncom ini sendiri memiliki cita rasa yang lezat dan bisa membuat lidah bergoyang karena kenimatannya. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang suka dengan kuliner Bandung ini, melainkan juga pelancong mancanegara.

Nasi Tutug Oncom ini sendiri terbuat dari campuran nasi dengan bumbu oncom dan juga sedikit tepung tapioka. Campuran nasi tersebut nantinya masih akan di bakar sehingga cita rasanya semakin gurih dan nikmat. Dijasikan pula dengan sayuran, sambal dan juga kerupuk yang bakal menjadi teman makanmu.

9. Nasi Timbel

detik.net.id

Makanan khas kota Bandung yang tidak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah Nasi Timbel. Nasi Timbel terbilang sangat unik karena disajikan dengan cara dibungkus meggunakan daun pisang. Daun pisang sendiri mampu menciptakan aroma khas yang semakin membuat cita rasanya lebih lezat. Apalagi jika menyentapkan di luar rumah yang dekat dengan persawahan atau kebun, suasana tradisional semakin terasa saat menyantap kuliner satu ini.

Nasi Timbel ini sendiri biasanya juga disajikan dengan berbagai jenis lauk seperti tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng dan juga sambal. Makannya harus pakai tangan langsung agar cita rasa yang diberikan semakin lezat.

10. Kupat Tahu

beritagar.id

Dan kuliner khas Bandung yang terakhir adalah Kupat Tahu yang juga punya cita rasa lezat serta gurih bercampur menjadi satu. Jika dilihat Kupat Tahu lebih mirip seperti Tahu Tek, namun cita rasanya pasti berbeda.

Kupat Tahu ini sendiri dibuat dari campuran potongan ketupat, tahu goreng, dan juga tauge rebus. Di atasnya diberi siraman saus kacang lezat yang dibuat dari paduan kacang tanah, kecap, dan juga petis yang dihaluskan. Disajikan bersama sambal dan kerupuk semakin menambah cita rasa lezat dari makanan satu ini.

Itulah tadi beberapa kuliner khas Bandung yang paling lezat dan wajib menjadi buruan saat berkunjung ke sana. Bandung selain terkenal dengan tempat wisatanya yang beragam dan menarik, juga punya sajian kuliner yang menggugah selera. Atur waktu liburanmu dan kunjungi Bandung untuk menikmati tempat wisata yang ada di sana.

Artikel Sebelumnya10 Kuliner Khas Jawa Timur yang Paling Lezat dan Bikin Nagih
Artikel SelanjutnyaHarus Sabar! Begini Cara Mendapatkan Hati Calon Mertua yang Benar
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini