10 Kuliner Khas Jawa Timur yang Paling Lezat dan Bikin Nagih

0
1995

Koran.id – Jawa Timur sangat terkenal dengan kulinernya yang khas dan cocok dengan lidah semua orang, khususnya orang Indonesia. Berkunjung ke berbagai kota atau wilayah di Jawa Timur, kita bisa menemukan banyak sekali kuliner khas di wilayah tersebut. Kuliner khas Jawa Timur ini sendiri juga menjadi buruan wajib saat wisatawan berkunjung ke sana. Sebut saja Soto Lamongan yang merupakan kuliner khas kota Lamongan yang punya cita rasa menggugah selera.

Selain Soto Lamongan, masih ada banyak lagi jenis makanan khas Jawa Timur tidak kalah lezat dan wajib dicicipi. Untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai ragam kuliner khas di Jawa Timur bisa kalian simak di bawah ini.

Daftar Kuliner Khas Jawa Timur yang Paling Lezat dan Bikin Nagih

1. Lontong Balap

instagram.com/surabayafoodies

Kuliner khas Jawa Timur paling enak yang pertama adalah Lontong Balap. Lontong Balap ini sendiri merupakan sajian khas Surabaya yang cukup melegenda. Tidak hanya di Surabaya, Lontong Balap juga bisa kamu temukan di berbagai daerah di Jawa Timur. Meski begitu, menikmati kuliner Lontong Balap di tempat asalnya memiliki cita rasa tersendiri yang pastinya bisa membikin ketagihan.

Lontong Balap sendiri dibuat dari perpaduan potongan lontong, tahu goreng, tauge, bawang goreng serta kuah kaldu yang khas. Paling pas dinikmati saat sore atau malam hari, Lontong Balap ini biasanya dijual di pinggir-pinggir jalan dengan tempatnya yang masih tradisional.

2. Lontong Kupang

instagram.com/laurentiadewi_blog

Kuliner Lontong Kupang juga menjadi makanan khas Jawa Timuran yang paling banyak diburu para pelancong. Lontong Kupang ini sendiri bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai wilayah di Jawa Timur seperti, Surabaya, Pasuruan, hingga Sidoarjo. Cita rasa yang diberikan sangat lezat dan membuat ketagihan.

Lontong Kupang atau Kupang Lontong biasanya terdiri dari potongan lontong, kupang putih (sejenis kerang tapi kecil-kecil), bawang goreng serta kuah khusus berbumbu petis. Perpaduan rasa yang diberikan membuat siapa saja ingin mencobanya lagi dan lagi.

3. Pecel Rawon

instagram.com/banyuwangiyuktravel

Dari Surabaya kita menuju ke Banyuwangi yang juga punya sajian khas yang enak dan lezat. Namanya adalah Pecel Rawon yang merupakan salah satu kuliner khas di sana. Pecel Rawon ini bisa dibilang sangat unik karena memadukan dua jenis makanan yang berbeda yakni pecel dan rawon. Lalu, bagaimana dengan rasanya? Cita rasa yang dihasilkan begitu nikmat. Nasi putih yang diberi aneka sayuran rebus di atasnya yang dilumuri dengan kuah kacang, serta disiram lagi dengan kuah rawon yang nikmat.

Dalam satu porsi pecel rawon juga disediakan tahu, sambal, tempe goreng dan juga rempeyek, membuatnya semakin nikmat. Jika ingin mencicipi kuliner khas Banyuwangi ini, kamu bisa berkunjung ke Rumah Makan Pecel Ayu Banyuwangi.

4. Soto Lamongan

travelingyuk.com

Saat berkunjung ke Lamongan, apa yang terlintas di benak kamu pertama kali? Sebagian mungkin akan langsung teringat dengan kuliner Soto yang memang sangat khas di Lamongan. Ya, Soto Lamongan menjadi buruan wajib saat wisatawan berkunjung ke sana. Cita rasa yang diberikan sangat khas dan nikmat, apalagi dengan bumbu koya yang semakin menambah rasa gurih dan lezat dari soto khas Lamongan tersebut.

Soto Lamongan ini sendiri sudah tersebar di berbagai daerah di Jawa Timur. Meskipun begitu, Menikmati Soto Lamongan di tempat asalnya langsung terasa lebih nikmat dan membuat siapa saja ketagihan.

5. Rujak Cingur

pesona.travel

Satu lagi kuliner khas Jawa Timur yang wajib diburu saat berkunjung ke sana, yakni Rujak Cingur. Rujak Cingur ini sendiri memiliki bahan utama mulut sapi atau dalam bahasa jawa disebut cingur. Dipadukan juga dengan bahan lainnya seperti lontong atau ketupat, tahu goreng, dan sayuran. Disiram dengan bumbu kacang khas yang terdiri dari paduan kacang tanah, petis, cabe, dan juga gula merah.

Menikmatinya saat siang hari yang identik dengan suhu panas di Jawa Timur, akan terasa semakin nikmat di lidah. Rujak Cingur ini sendiri bisa kamu temukan di berbagai daerah di Jawa Timur.

6. Gado-Gado

id.wikipedia.org

Gado-Gado juga merupakan salah satu kuliner khas Jawa Timur yang paling diburu para pelancong. Tidak hanya pelancong lokal, melainkan juga pelancong dari mancanegara juga suka dengan kuliner khas di Jawa Timur ini. Selain punya cita rasa yang lezat dan nikmat, Gado-Gado juga merupakan makanan sehat karena bahan alami yang digunakannya.

Di dalam satu porsi Gado-Gado terdapat campuran dari tempe, tahu, sayuran rebus, kentang, ketupat, telur, dan siraman saus kacang yang semakin menambah cita rasa dari makanan ini. Meskipun berasal dari Jawa Timur, jenis kuliner ini sudah tersebar di berbagai wilayah di Jawa lainnya. Jadi, kamu bisa lebih mudah menemukannya tanpa harus datang ke Jawa Timur langsung.

7. Tahu Tek

pegipegi.com

Kuliner Tahu Tek hampir sama dengan gado-gado, namun bahan yang ada di dalamnya serta cita rasanya agak berbeda. Tahu Tek menyuguhkan cita rasa yang nikmat dan pastinya membuat siapa saja ketagihan saat pertama kali mencicipinya. Kuliner Tahu Tek ini sendiri juga tersebar di berbagai daerah di Jawa Timur, biasanya para penjualnya mangkal di pinggir-pinggir jalan atau di tempat keramaian.

Tahu Tek ini sendiri dibuat dari campuran bahan dengan bahan utamanya adalah tahu goreng setengah matang. Dipadukan dengan kentang goreng, tauge, potongan lontong atau ketupat, dan juga mentimun. Nantinya disiram dengan kuah kacang yang dicampur dengan petis dan bumbu penyedap lainnya, menjadikan cita rasanya semakin nikmat.

8. Rujak Soto

instagram.com/ichasavitry

Mendengar namanya mungkin terbilang agak aneh, tetapi inilah salah satu kuliner Jawa Timuran yang paling khas dan menjadi buruan favorit para pelancong. Rujak Soto ini sendiri bisa kamu temukan di Banyuwangi, karena di sanalah asal dari kuliner ini. Sesuai dengan namanya, Rujak Soto khas Banyuwangi ini merupakan campuran dari dua makanan berbeda yakni rujak dan soto.

Campuran keduanya menghasilkan cita rasa yang nikmat dan bikin siapa saja ketagihan. Akan ada perpaduan antara rujak sayur dengan soto babat yang bakal memanjakan lidah penikmatnya.

9. Lodho Ayam

instagram.com/resepayamenak

Kuliner khas Jawa Timur satu ini berasal dari Tulungagung, dan sekarang sudah tersebar di berbagai daerah di Jawa. Lodho Ayam punya cita rasa yang lezat dan beda dari jenis makanan lainnya. Saat pertama kali mencicipinya, lidah pasti akan langsung dimanjakan dengan cita rasa lezatnya yang akhirnya membuatmu ketagihan.

Lodho Ayam ini sendiri dibuat menggunakan resep turun-temurun yang tetap dilestarikan hingga sekarang ini. Kuliner ini juga merupakan perpaduan dari dua jenis makanan, yakni lodho ayam kuah encer dan lodho ayam kuah kental.

10. Sego Tumpang

instagram.com/jogjafoodhunter

Sego Tumpang atau Nasi Tumpang juga menjadi salah satu kuliner khas Jawa Timur yang paling lezat dan wajib kamu cicipi saat berada di sana. Sego Tumpang ini sendiri berasal dari Kediri dan menjadi salah satu kuliner khas di sana. 

Yang paling khas dari kuliner ini adalah bahan utamanya yakni tempe basi atau tempe bosok. Tempe bosok tersebut dimasak dengan bahan lain seperti ayam, kerupuk rambak atau kulit, dan diberi bumbu khusus. Disajikan bersama nasi putih dan sambal serta rempeyek membuat cita rasa dari kuliner ini semakin mantap.

Itulah tadi beberapa kuliner khas Jawa Timur yang paling enak dan wajib kamu cicipi saat berkunjung ke sana. Mengunjungi suatu tempat atau daerah memang kurang lengkap jika belum mencoba kuliner khas di tempat tersebut. Siap untuk liburan ke Jawa Timur?

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini