10 Kuliner Khas Kota Malang yang Wajib Kamu Cicipi

0
273

Koran.id – Malang identik dengan suhu udaranya yang sejuk dan banyak menyimpan keindahan wisata alam menakjubkan. Ada banyak sekali objek wisata alam di Malang yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata pantai, perbukitan, hingga gunung. Selain wisata yang menarik, Malang juga punya kuliner khas yang tidak boleh dilewatkan. Kuliner khas Kota Malang ini memiliki cita rasa yang menggoda dan membuat siapa saja ketagihan ketika pertama kali mencicipinya.

Beberapa kuliner tersebut juga sudah lama menjadi favorit para pengunjung yang datang ke sana. Sebut saja Bakso Malang, di mana kuliner ini menjadi yang paling sering diburu para wisatawan. Selain Bakso Malang, masih ada banyak lagi kuliner khas Kota Malang yang juga wajib untuk kamu cicipi. Informasi selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Daftar Kuliner Khas Kota Malang yang Wajib Dicicipi

1. Bakso Malang

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Bakso Malang menjadi salah satu kuliner khas Kota Malang yang paling banyak diburu wisatawan. Termasuk kuliner terfavorit yang sudah melegenda, Bakso Malang punya cita rasa yang khas dan berbeda dari bakso kebanyakan. Rasanya yang khas tercipta dari bumbu-bumbu yang tetap dilestarikan secara turun-temurun.

Di dalam satu mangkuk Bakso Malang terdiri dari beberapa isian, seperti bakso urat, bakso halus, pangsit goreng, bakso goreng dan juga tahu rebus. Kaldunya terasa gurih dan menggoda, karena diberi campuran tulang dan sumsum sapi. Salah satu tempat jual Bakso Malang paling enak adalah Bakso Kota Cak Man yang berada di Jl. Letjend S. Parman No. 56A Purwantoro.

2. Orem-Orem

instagram.com/dyodoran

Berikutnya ada kuliner khas bernama Orem-Orem yang juga wajib untuk dicicipi saat kamu berkunjung ke Malang. Dari tampilannya Orem-Orem agak mirip dengan kuah lodeh, namun untuk segi rasa pastinya berbeda. Selain ada rasa gurih, Orem-Orem juga terasa agak pedas yang menjadi kenikmatan tersendiri bagi yang mencicipinya.

Dalam satu porsi Orem-Orem terdiri dari beberapa isian, seperti irisan lontong atau ketupat, irisan tempe, telur bebek rebus, kecambah rebus, bawang goreng dan siraman kuah santan yang sudah dicampur dengan bumbu rempah pilihan. Penjual Orem-Orem ini sendiri bisa kamu temukan dengan mudah, salah satunya adalah Orem-Orem Arema yang berada di Jl. Blitar No. 14A Sumbersari, Lowokwaru, Kota Malang.

3. Sego Resek

instagram.com/ephycie

Sego Resek merupakan salah satu kuliner khas Kota Malang yang paling melegenda dan tetap dilestarikan hingga sekarang ini. Sego Resek sudah ada sejak tahun 1959 dan tetap menjadi favorit banyak orang hingga saat ini. Dinamakan Sego Resek atau nasi sampah dikarenakan dahulu tempat penjual kuliner tersebut berdekatan dengan tempat pembuangan sampah.

Sego Resek sebenarnya merupakan nasi goreng jawa yang diberi bumbu khas dan tambahan beberapa isian, seperti suwiran daging ayam, mie telor, dan irisan kol. Dimasak secara tradisional yakni menggunakan tungku dan kayu bakar sebagai bahan bakarnya. Kamu bisa mencicipi kuliner legendaris ini di Sego Goreng Resek yang berada di Jl. Brigjend Katamso, Kauman, Klojen, Malang.

4. Tahu Tek

instagram.com/tonikunfood

Jika kamu datang ke Kota Malang, wajib juga untuk mencicipi kuliner khas satu ini yakni Tahu Tek. Tahu Tek atau tahu lontong sendiri merupakan kuliner yang cukup favorit bagi pengunjung yang datang ke Malang. Ini karena Tahu Tek punya cita rasa yang enak dan membuat ketagihan.

Sekilas Tahu Tek agak mirip dengan rujak atau gado-gado, tapi tentu dengan cita rasa yang berbeda. Dalam satu porsi Tahu Tek terdiri dari irisan tahu goreng, lontong atau ketupat, tauge rebus, bawang goreng, irisan seledri dan juga siraman kuah kacang yang khas. Penjual Tahu Tek ini sendiri bisa kamu temukan berbagai sudut kota atau keramaian.

5. Nasi Buk

instagram.com/katalogmalang

Jika kamu mencari kuliner nikmat sekaligus mengenyangkan, Nasi Buk bisa kamu jadikan pilihan paling tepat. Nasi Buk memiliki cita rasa yang nikmat dan berisi tambah berbagai isian. Dalam satu porsi Nasi Buk terdiri dari nasi dan lauk yang bisa disesuaikan dengan selera, seperti babat, sate, kikil, empal, ayam, telur dan juga mendol. Pengunjung biasanya juga menambahkan kuah khas yakni lodeh atau rebung.

Kuliner satu ini memang cukup terkenal dan mudah ditemukan di Malang. Meski begitu, sebenarnya Nasi Buk ini berasal dari Madura dan sudah masuk ke Malang sejak jaman dulu. Salah satu penjual Nasi Buk paling nikmat yang bisa kamu kunjungi adalah Warung Nasi Buk Matirah yang ada di Jl. Trunojoyo 10E, Klojen, Malang.

6. Soto Lombok

instagram.com/warawiricarimakan

Diberi nama Soto Lombok bukan berarti soto khas Kota Malang ini hanya terdiri dari lombok atau cabe sebagai isiannya. Melainkan karena lokasi dari kuliner ini yang berada di Jalan Lombok. Sudah berdiri sejak tahun 1955, Warung Soto Lombok menjadi salah satu kuliner paling legendaris di Malang. Cita rasanya sangat mengoda dengan kaldu kentalnya yang membikin ketagihan.

Dalam satu porsi Soto Lombok terdiri dari banyak isian, mulai dari daging ayam kampung, irisan kentang, tauge, telur rebus, dan juga irisan kol. Disiram dengan kuah kaldu kental dan diberi taburan bawang goreng dan kriuk-kriuk kerupuk membuatnya semakin istimewa. Warung Soto Ayam Lombok berlokasi di Jl. Lombok No. 1, Kasin, Klojen, Malang.

7. Sop Sumsum

instagram.com/inge.inggridwidy

Sop Sumsum juga menjadi salah satu kuliner khas Kota Malang yang cukup legendaris dan menjadi favorit banyak wisatawan. Salah satu penjual Sop Sumsum yang cukup terkenal adalah Sop Sumsum Pak Kayin yang berlokasi di Jl. Cengger Ayam No. 110, Tulusrejo, Lowokwaru, Malang.

Dalam satu porsi Sop Sumsum ini terdiri dari tulang sumsum sapi, daging sapi dan juga kilil. Diberi kuah kaldu yang nikmat dan gurih yang sudah diberi bumbu pilihan. Kamu bisa menikmatinya bersama nasi atau lontong sesuai selera.

8. Mendol

instagram.com/sambal_makkot

Mendol merupakan makanan khas yang dibuat dari olahan tempe yang bisa dibilang sudah agak basi atau semangit. Meski begitu, cita rasanya sangat menggoda dan membuat siapa saja ketagihan saat pertama kali mencobanya. Cara pengolahannya juga masih sederhana dan menggunakan bahan alami. Tempe yang sudah agak basi tadi ditumbuk kasang kemudian dicampur dengan bumbu dan rempah pilihan. Selanjutnya dibentuk lonjong dan digoreng hingga matang.

Mendol ini sendiri biasanya dijadikan sebagai teman makan untuk menu lain seperti pecel, nasi rawon dan lain sebagainya.

9. Pecel Pincuk

instagram.com/mikaylafatina08

Pilihan kuliner khas Kota Malang yang tidak kalah nikmat berikutnya adalah Pecel Pincuk. Sekilas pecel ini memang hampir sama seperti pecel pada umumnya. Namun yang membuatnya berbeda dan unik adalah pada wadahnya yang masih menggunakan daun pisang yang dipincuk. Aroma dari daun pisang seakan membuat cita rasa pecel menjadi semakin nikmat dan beda dari yang lainnya.

Dalam satu porsi Pecel Pincuk biasanya terdiri dari nasi, tauge, kacang panjang, bayam, dan siraman kuah kacang. Selain itu, ada lauk pelengkap lainnya seperti tahu goreng, tempe goreng, bakwan, mendol, dan juga telur dadar.

10. Sate Kelinci

instagram.com/sulistiantost

Dan kuliner khas Malang yang terakhir adalah Sate Kelinci. Sesuai namanya, sate khas Malang ini benar-benar menggunakan daging kelinci sebagai bahan utamanya. Mungkin beberapa dari kamu merasa iba jika harus menyantap sate khas Malang satu ini. Tapi nyatanya, Sate Kelinci menjadi salah satu kuliner favorit yang banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke sana.

Penjual Sate Kelinci ini sendiri lebih banyak ditemukan di Kota Batu, bahkan banyak sekali restoran atau café yang menyediakan menu sate kelinci ini. Cita rasanya sangat istimewa dengan rasa gurih dan nikmat dengan bumbu kacang spesial.

Itulah tadi beberapa pilihan kuliner khas Kota Malang yang paling nikmat dan wajib untuk kamu cicipi. Berkunjung ke Kota Malang memang kurang lengkap jika belum mencoba sensasi kuliner khas yang disediakan. Siap untuk berlibur ke Kota Malang?

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini