10 Tempat Wisata di Kota Pare-Pare yang Wajib Dikunjungi

0
87
Tempat Wisata di Kota Pare-Pare Paling Hits
Tempat Wisata di Kota Pare-Pare Paling Hits

Koran.idParepare merupakan salah satu kota yang berada di provinsi Sulawesi Selatan, yang memiliki pesona alam menakjubkan. Istimewanya kota ini terkenal dengan tempat kelahiran presiden RI yang ke-3 yaitu B.J. Habibie, menariknya parepare meskipun kota kecil mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tak lepas dari itu bagi anda yang ingin merencanakanya ke kota tersebut ada baiknya untuk melihat dulu referensi tempat wisata di kota pare-pare yang wajib dikunjungi.

Liburan ke kota parepare memang sebuah momen yang pas untuk refreshing, pasalnya di daerah tersebut memiliki aneka macam obyek tempat hiburan menarik  mulai dari tempat wahana, wisata alam, wisata sejarah, dan sekaligus spot menarik yang pantas untuk di upload di media sosial. Agendakan liburan anda sekarang juga bersama keluarga, maupun sahabat agar weekend tambah seru. Nah langsung saja yuk tempat wisata paling rekomended di kota Parepare selengkapnya di bawah ini :

10 Tempat Wisata di Kota Pare-Pare yang Wajib Dikunjungi

1. Wisata Pasir Putih Tonrangeng

Wisata Pasir Putih Tonrangeng
Instagram.com/janejamlu

Pertama, Destinasi wisata di Pare-pare paling hits adalah pasir putih Tonrangeng. Menariknya di tempat ini pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang eksotis, di tambah pasir putihnya yang bersih dan lembut membuat para pengunjung betah ingin sekali berlama-lama di pasir putih Tonrangeng.

Setelah sekian lama asik bersantai anda juga bisa berkesempatan untuk menikmati kuliner di warung sekitar pantai Tonrangeng, anda tak perlu khawatir akan kelengkapan ainnya di pantai pasir putih satu ini karena pengelola sudah menyiapkan berbagai fasilitas yang lengkap seperti gazebo, tembat bilas dan lain sebagainnya. Jika anda berniat ingin datang lokasinya berada di Jalan Latassakka, Lumpue, Bucukiki Bar, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

2. Wisata Pantai Mattirotasi

Wisata Pantai Mattirotasi
Instagram.com/visit_sulsel

Berikutnya, obyek wisata Pare-pare paling diminati wisatawan salah satunya yaitu pantai Mattirotasi. Sama halnya dengan pantai Tonrangeng pemandangannya sungguh luar biasa indahnya, jika anda ingin mencari spot andalan di pantai satu ini datanglah di sore hari karena anda bisa langsung menikmati view matahari tenggelam yang nantinya anda bisa langsung foto atau rekam untuk di upload di media sosial.

Lokasi pantai Mattirotasi berada di Kp. Baru, Bacukiki Bar, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Untuk menuju ke obyek wisata ini rutenya begitu mudah, anda bisa langsung membawa kendaraan pribadi. Agar nantinya liburanmu tambah seru, maka ajaklah rame-rame sanak keluarga maupun teman terdekatmu.

3. Wisata Monumen Cinta Sejati Habibie & Ainun

 Wisata Monumen Cinta Sejati Habibie & Ainun
Instagram.com/sulsel_explore

Kota Pare-Pare memang identik sekali dengan tokoh Habibie yang sampai saat ini menjadi icon kota tersebut, tepatnya di jantung kota terdapat monumen cinta sejati Habibie & Ainun. Tempat ini memang tak pernah sepi dari aktivitas masyarakat di kota Pare-Pare, sehingga tak heran jika monumen ini sudah dinobatkan menjadi wisata liburan untuk umum.

Awal mula pembangunan monumen Habibie & Ainun berdiri sejak tahun 2015 silam, dimana tujuannya untuk memberikan simbol dan mengenang kisah cintanya Presiden ke-3 Jusuf Habibie beserta istri tercintanya Hasri Ainun Basari. Lokasi monumen terletak di Lapangan Andi Makassau, Jalan Karaeng Burane, Mallusetasi, Ujung, Kota Pare-Pare.

4. Wisata Kebun Raya Jompie

Wisata Kebun Raya Jompie
Instagram.com/zukirallahu

Kebun raya Jompie terletak di Bukit harapan, Soreang, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang hijau di tambah suasana yang sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama disini. Tak hanya itu saja aktivitas di kawasan kebun raya Jompie anda bisa berfoto/selfie, membaca buku, jalan-jalan dan sebagainnya.

Fasilitas yang terdapat di kebun raya Jompie terdapat resto kuliner dimana anda bisa menikmati menu khas kota Pare-Pare, dan untuk spot terbaik yang dimiliki kebun raya Jompie terdapat pada papan nama yang terpampang. Nanti pengunjung bisa ambil gambar latar belakang dengan tampilan taman hias Jompie, sekaligus jangan lupa untuk di upload di instagram.

5. Wisata Goa Tompangnge

Wisata Goa Tompangnge
Instagram.com/wimars27

Ssalah satu obyek wisata di Pare-pare yang menawarkan suasana alam alami dengan tampilan sebuah goa yang bernama Tompangnge, tempat ini sering dijadikan refreshing oleh masyarakat lokal maupun luar daerah. Suasanannya yang sejuk di tambah posisinya jauh dari suara kendaraan membuat goa Tompangnge menjadi pilihan untuk menenangkan diri.

Tak hanya itu saja aktifitas yang bisa anda lakukan ketika berada di di goa bisa menyusuri rute goa, dimana nantinya anda akan melihat kelelawar dengan jumlah banyak sekali. Selain itu juga setelah berjalan sejauh kurang lebih 500 meter dari pintu Goa, anda akan tersaji pesona air terjun yang indah. Jika anda berniat ingin berkunjung ke Goa Tompangnge, letaknya di Tompangnge, Kecamatan Bacukiki, Kota Pare-Pare.

6. Wisata Pantai Lumpue

Wisata Pantai Lumpue
Instagram.com/yunie_yusuf

Pantai Lumpue disebut juga sebagai pantai legendaris, karena obyek wisata pantai ini dinobatkan paling tua di kota Pare-Pare. Anda pun mudah untuk menemui pantai Lumpue, karena mudahnya akses perjalanan dan dari Kota Makassar jaraknya mencapai kurang lebih 150 Km saja.

Pantai Lumpue lokasinya berada di Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bucukiki Barat, sangat dekat dengan Jalan utama kota Pare-Pare. Menariknya dari pantai Lumpue garis pantainya begitu luas sekali, anda bisa menyusurinya dengan berjalan kaki sembari menikmati angin sepoi-sepoi di pantai Lumpue dan jangan sampai lupa untuk sesekali mengabadikan dengan foto selfie.

7. Wisata River Ladoma

Wisata River Ladoma
Instagram.com/aikaaisyah

Destinasi wisata alam yang menyuguhkan keindahan sungai Ladoma, letaknya berada di Kecamatan Bacukiki, Kota Pare-Pare. Aktifitas pengunjung yang bisa dilakukan ketika berada di River Ladoma yakni menikmati dinginnya air sungai dengan berenang dan sekaligus anda juga bisa berkesempatan mengabadikan panorama di sekitar river Ladoma yang indah.

Tak lepas dari itu River Ladoma juga menyediakan fasilitas seperti tempat istirahat gazebo, pemancingan ikan, kawasan soft gun, flying fox, trekking dan persewaan motor ATV. Uniknya meski kawasan di River Ladoma ini hanyalahtampilan sungai, namun di sekitarnya terdapat bebatuan andesit yang ukurannya besar dengan bentuk bulat dan lonjong.

8. Wisata Pantai Bibir

Wisata Pantai Bibir
Instagram.com/jayanti_richie

Obyek wisata pantai ini menyajikan pemandangan alam yang eksotis, disamping itu pantai bibir juga tempatnya para wisatawan untuk berburu matahari terbenam. Di spantai bibir ii anda akan menyaksikan secara langsung kemegahan dari warna langit, ketika posisi matahari terlihat separuh.

Lokasi pantai bibir berada di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Bacukiki Barat, Pare-Pare. Aktivitas di pantai bibir pengunjung selain bisa mengabadikan matahari terbenam, juga bisa berjalan menyusuri bibir pantai dimana angin yang sejuk di pantai ini membuat wisatawan betah ingin berlama-lama lagi.

9. Wisata Pantai Paputo

Wisata Pantai Paputo
Instagram.com/like_makassar__

Salah satu pantai paling memikat wisatawan untuk datang, karena keindahan pantai Paputo ini begitu mempesona. Air lautnya yang berwarna kebiruan di tambah ombaknya yang terombang-ambing membuat para pengunjung seakan penasaran ingin datang, menariknya pantai Paputo ini dalam segi pengelolaannya cukup baik.

Jika anda ingin berkunjung untuk weekend pantai ini erletak di Jalan Latassakka, Lumpue, Bacukiki Barat, Pare-Pare. Di setiap akhir pekannya di pantai Paputo selalu ramai oleh wisatawan, tak hanya dari para muda-mudi saja yang datang disini bahkan ada yang bersama-sama keluarga untuk berkumpul santai menikmati indahnya alam.

10. Wisata Pendakian Gunung Nepo

Wisata Pendakian Gunung Nepo
Instagram.com/ervinrivaldi

Kali ini buat anda yang hobinya berpetualang dengan aktivitas pendakian rekomendasi paling tepat yaitu gunung nepo, lokasinya berada di Segi Tiga Emas (Baru, Sidrap dan Pare-Pare), Bacukiki, Pare-Pare. Sebelum melakukan pendakian ada baiknya anda harus mempersiapkan stamina prima agar nantinya bisa lancar ketika ke puncak.

View gunung Nepo terletak pada puncak tertingginya, karena anda nanti bisa melihat pepohonan hijau yang rindang di tambah luasnya bentangan langit berwarna biru sangat mempesona. Anda tak perlu khawatir karena nantinya akan terbayarkan dengan kemegahan spot yang menakjubkan, pastinya usahakan anda membawa kamera untuk bisa berfoto di puncak sekaligus latar belakang langit yang indah.

Jadi apabila anda berniat ingin mendaki pilihlah musim panas, jangan sampai di musim penghujan anda berusaha mendaki di gunung Nepo. Karena rute yang didaki bisa jadi licin karena padas batu yang terkena air dan hindari pendakian pada akhir tahun yang cuacanya tergolong penghujan.

Nah, itulah tadi tentang 10 Tempat Wisata di Kota Pare-Pare yang Wajib Dikunjungi. Semoga dengan adanya referensi di atas bermanfaat buat kalian semuannya dan selamat liburan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini