10 Rekomendasi Obat Penghilang Kutu Rambut yang Bagus dan Aman

273
Obat Penghilang Kutu Rambut
Obat Penghilang Kutu Rambut

Koran.id – Kutu di rambut pastinya sangat mengganggu kenyamanan kita. Untuk itu, penting sekali melakukan sesegera mungkin melakukan sesuatu agar kutu di rambut cepat hilang. Salah satunya dengan penggunaan obat penghilang kutu rambut yang sudah banyak dijual di pasaran. Obat tersebut ada yang ditawarkan dengan harga murah hingga mahal, dan pastinya masing-masing produk memiliki keunggulan tersendiri yang menjadi daya tariknya.

Adanya kutu yang bersarang dirambut sering kali menyebabkan gatal bahkan iritasi di kulit kepala. Kutu rambut sendiri umumnya bisa dialami oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Kutu rambut bisa dengan mudah melompat dan menular ke anggota keluarga lainnya dan mampu berkembang biak dengan sangat cepat. Sebaiknya segera mengatasi permasalahan kutu rambut tersebut agar tidak semakin banyak dan menular ke orang lain.

Daftar Obat Penghilang Kutu Rambut yang Bagus dan Aman

Kutu rambut memiliki nama ilmiah Pediculosis Capitis yang merupakan parasit penghisap darah yang umumnya bersarang di kulit kepala. Air liur dari parasit inilah yang menimbulkan rasa gatal di kulit kepala. Bahkan bukan hanya di kulit kepala saja, rasa gatal biasanya juga menjalar ke area telinga dan leher. Rasa gatal yang tak tertahankan membuat seseorang menggaruk dengan keras sehingga akhirnya menimbulkan iritasi pada kulit kepala sehingga timbul luka bahkan nanah.

Penggunaan obat khusus disarankan untuk digunakan demi membunuh dan membasmi kutu rambut penyebab gatal tersebut. Berdasarkan bentuknya, obat kutu rambut ini terdiri dari 3 varian, yakni obat berbentuk shampo, losion, dan juga spray atau cairan semprot. Kamu bisa memilih varian obat kutu yang tepat untuk memudahkanmu dalam pengaplikasiannya. Dari ketiga varian ini, obat kutu rambut berbentuk shampo dirasa lebih praktis untuk digunakan, kita bisa mengaplikasikannya saat mandi.

Masing-masing produk obat kutu rambut ini biasanya memiliki kandungan berbeda-beda di dalamnya. Beberapa kandungan yang umum ditemukan pada produk kutu rambut tersebut, seperti Malathion, Permethrin, Pyrethrin, dan juga Benzyl Alcohol. Beberapa jenis obat memiliki takaran yang berbeda-beda dalam penggunaannya menyesuaikan ketebalan rambut dan usia pengguna. Untuk anak-anak, pastikan kamu memilih obat kutu yang memang aman digunakan. Kebanyakan produk obat kutu ini diperbolehkan digunakan pada anak usia 5 tahun ke atas.

Adapun beberapa rekomendasi merek obat penghilang kutu rambut yang bagus dan aman selengkapnya, sebagai berikut:

1. Ketomed

Ketomed
Ketomed

Pilihan obat untuk menghilangkan kutu rambut terbaik yang pertama yakni bernama Ketomed. Produk satu ini hadir dalam bentuk shampo sehingga mudah dan praktis untuk digunakan. Kemampuannya dalam membasmi kutu rambut didapat dari adanya kandungan Ketoconazole 2% di dalamnya. Kandungan ini juga sangat efektif untuk mengatasi infeksi pada kulit kepala.

Untuk menghilangkan kutu rambut, kamu bisa mengaplikasikan Ketomed sebagai shampo rambut setidaknya 2 kali seminggu. Basahi dulu rambut dengan air, kemudian tuangkan secukupnya cairan Ketomed dan ratakan seperti penggunaan shampo pada umumnya. Diamkan sekitar 3-5 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih. Dikarenakan termasuk jenis obat keras, diperlukan resep dokter jika ingin menggunakan produk Ketomed ini agar lebih aman.

2. Scabicid

Scabicid

Berikutnya ada produk obat paling ampuh untuk membasmi kutu yang bernama Scabicid. Sama seperti obat sebelumnya, Scabicid juga termasuk jenis obat keras sehingga tidak boleh sembarangan menggunakannya. Agar lebih aman sebaiknya kamu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit untuk penggunaannya. Scabicid sendiri umumnya diberikan untuk penderita skebies, termasuk juga penderita kutu rambut.

Pada produk Scabicid ini terdapat kandungan Permethrin 50mg yang memiliki kemampuan untuk membasmi kutu rambut dengan cepat dan efektif. Scabicid ini sendiri hadir dalam kemasan tube dan memiliki tekstur krim. Untuk penggunaannya, kamu bisa langsung mengoleskan Scabicid pada bagian kulit kepala yang terdapat kutu rambut. Untuk lebih efektif, potong rambut terlebih dahulu sebelum penggunaannya. Gunakan obat ini seminggu sekali dan mendiamkannya sekitar 24 jam.

3. Peditox

Peditox

Peditox bisa dibilang sebagai salah satu obat terampuh untuk menghilangkan kutu rambut yang populer di Indonesia khususnya. Bahkan banyak para ahli yang menyarankan untuk menggunakan Peditox ini sebagai pembasmi kutu rambut. Kemampuannya ini didapat dari adanya kandungan Permethrin 1% yang ada di dalam produk tersebut.

Kandungan Permethrin 1% di dalam Peditox diklaim efektif untuk membasmi induk kutu hingga telur-telurnya, serta dapat mengatasi infeksi yang ditimbulkan oleh kutu rambut tersebut. Cara mengaplikasikan Peditox ini yakni dengan membersihkan terlebih dahulu rambut menggunakan shampo. Kemudian aplikasikan Peditox pada kulit kepala, khususnya di bagian dekat telinga dan tengkuk leher. Diamkan sekitar 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan rambut dengan handuk.

4. Antutu Family Care Anti Lice Shampoo

Antutu Family Care Anti Lice Shampoo
Antutu Family Care Anti Lice Shampoo

Sementara untuk kalian yang mencari produk obat penghilang kutu rambut yang aman untuk anak, Antutu Family Care Anti Lice Shampoo ini bisa dijadikan pilihan. Produk shampo satu ini diklaim sangat ampuh membasmi kutu, sekaligus dapat membuat rambut anak tumbuh lebih subur dan sehat.

Kamu bisa mengaplikasi Antutu Family Care Anti Lice Shampoo seperti shampo pada umumnya. Gunakan produk tersebut saat memandikan anak dan ratakan pada rambu sambil diberikan pijatan lembut. Jika sudah, selanjutnya bilas dengan air bersih dan keringkan rambut anak. Penggunaan shampo penghilang kutu rambut ini cukup efektif untuk membasmi kutu beserta telurnya sehingga dapat menghambat perkembangbiakan kutu.

5. Garuda Mas Tumbonan Hair Spray

Garuda Mas Tumbonan Hair Spray
Garuda Mas Tumbonan Hair Spray

Sesuai namanya, obat pembasmi kutu rambut satu ini hadir dalam bentuk spray yang mudah untuk diaplikasikan ke rambut dan kulit kepala. Untuk cara penggunaannya sendiri bisa dibilang sangat mudah. Kamu cukup menyemprotkan Garuda Mas Tumbonan Hair Spray pada rambut dan meratakannya, kemudian diamkan sekitar 30 menit. Setelah itu, kamu bilas rambut menggunakan air bersih dan keringkan dengan handuk.

Garuda Mas Tumbonan Hair Spray diklaim sangat ampuh untuk membasmi kutu rambut beserta telur-telurnya. Produk ini sendiri dibuat dari bahan utama daun dan batang Pipturus Incanus yang telah diekstrak sebelumnya. Terbuat dari bahan alami, tentunya Garuda Mas Tumbonan Hair Spray ini sangat aman digunakan serta tidak menyebabkan iritasi.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Merek Masker Rambut Setelah Smoothing Terbaik

6. An-Naufa Nabila Sampo Anti Kutu Rambut

An-Naufa Nabila Sampo Anti Kutu Rambut

Kali ini ada produk pembasmi kutu rambut paling ampuh dari merek An-Naufa, yakni bernama An-Naufa Nabila Sampo Anti Kutu Rambut. Hadir dalam bentuk shampo, kamu bisa mengaplikasikan produk ini setiap kali keramas dan meratakannya ke seluruh rambut dan kulit kepala.

An-Naufa Nabila Sampo Anti Kutu Rambut sendiri menggunakan beberapa campuran bahan alami di dalamnya yang tentunya sangat efektif menghilangkan kutu beserta telurnya. Beberapa kandungan alami yang dimaksud, mulai dari kemiri, minyak zaitun, dan lemon. Selain dapat menghilangkan kutu, penggunaan shampo ini juga dapat menutrisi kulit kepala dan rambut sehingga membuat rambut lebih sehat dan berkilau.

7. Dezor Shampo

Dezor Shampo
Dezor Shampo

Dezor Shampo merupakan produk yang biasa digunakan sebagai terapi infeksi pada kulit kepala. Kemampuannya ini didapat dari adanya kandungan Ketoconazole 2% yang ada di dalamnya. Kandungan inilah yang juga dapat membantu membasmi kutu rambut dengan sangat efektif.

Untuk penggunaan Dezor Shampo sama seperti jenis shampo rambut pada umumnya. Bilas dulu rambut dengan air, kemudian tuangkan secukupnya Dezor Shampo dan ratakan pada rambut. Agar lebih meresap, kamu lakukan pijatan lembut pada kulit kepala selama 3-5 menit, kemudian bilas dengan air. Gunakan Dezor Shampo sebagai shampo sebanyak 2 kali dalam seminggu selama 2-4 minggu.

8. Nosuri Super Tonic

Nosuri Super Tonic
Nosuri Super Tonic

Berikutnya ini ada tonic untuk rambut yang juga dipercaya memiliki kemampuan untuk membasmi kutu rambut. Selain itu, obat penghilang kutu rambut ini juga dapat menutrisi kulit kepala dan rambut sehingga membuat rambut tampak lebih sehat berkilau. Kondisi ini tentunya akan dapat menunjang penampilan cantikmu.

Tidak hanya itu saja, iritasi atau luka di kulit kepala juga mampu disembuhkan dengan lebih cepat dengan penggunaan Nosuri Super Tonic ini. Sayangnya, produk satu ini dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi, yakni sekitar Rp 129.000,- untuk kemasan 30ml.

9. Byelice Hair Shampoo

Byelice Hair Shampoo
Byelice Hair Shampoo

Sedangkan untuk kalian yang memiliki jenis kulit kepala yang sensitif dan terdapat kutu, Byelice Hair Shampoo ini sangat disarankan untuk dipilih. Produk Byelice Hair Shampoo ini dibuat dari bahan alami yang diklaim sangat aman untuk kulit kepala yang sensitif. Beberapa bahan alami yang digunakan di dalamnya, seperti Argan Oil, Tea Tree Oil, dan juga Chamomile Extract.

Penggunaan Byelice Hair Shampoo dapat membantu membasmi kutu rambut dan efektif untuk mencegah penularan. Untuk cara penggunaannya sendiri sama seperti saat mengaplikasikan shampo pada umumnya. Kamu bilas dulu rambut dengan air, kemudian tuangkan secukupnya Byelice Hair Shampoo dan ratakan pada rambut. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas lagi dengan air bersih lalu keringkan rambut dengan handuk.

10. Lice Not Nice Family Care Shampoo

Lice Not Nice Family Care Shampoo
Lice Not Nice Family Care Shampoo

Dan pilihan merek obat pembasmi kutu rambut yang terakhir yakni bernama Lice Not Nice Family Care Shampoo. Diproduksi oleh brand lokal, kualitas dari Lice Not Nice Family Care Shampoo ini diklaim setara dengan produk dari luar negeri. Menggunakan bahan utama ekstrak daun bidara, obat ini diklaim ampuh untuk mengusir kutu rambut.

Hadir dalam bentuk shampo, cara mengaplikasikan Lice Not Nice Family Care Shampoo ini sama seperti saat menggunakan shampo pada umumnya. Bukan hanya mampu mengusir kutu rambut, produk ini juga memiliki kemampuan untuk mengurangi ketombe di kulit kepala.

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat penghilang kutu rambut yang paling ampuh bisa kamu jadikan pilihan. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Artikel Sebelumnya10 Rekomendasi Merek Cuka Apel untuk Wajah Terbaik yang Aman
Artikel Selanjutnya10 Rekomendasi Merek Sarung Terbaik dengan Motif Keren
Abdul Wafi
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini