7 Manfaat Patikan Kebo bagi Kesehatan Beserta Cara Mengolahnya

0
6333

Koran.id – Sebagian dari kalian mungkin masih cukup asing dengan nama tanaman patikan kebo. Sebenarnya kita sering berjumpa dengan tanaman satu ini, hanya saja untuk namanya sendiri banyak yang belum tahu. Patikan kebo merupakan salah satu tanaman gulma yang banyak tumbuh dipinggir sungai, jalan, hingga area pertanian. Tetapi siapa sangka, dibalik itu manfaat patikan kebo bagi kesehatan sangatlah banyak.

Tanaman yang sering dianggap sebagai pengganggu ini punya kandungan baik yang punya efek positif bagi kesehatan. Penasaran apa saja manfaat patikan kebo untuk kesehatan tubuh? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Ragam Manfaat Patikan Kebo bagi Kesehatan

Manfaat Patikan Kebo bagi Kesehatan
Manfaat Patikan Kebo bagi Kesehatan

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai khasiat patikan kebo bagi tubuh, terlebih dahulu ketahui apa saja kandungan yang ada di dalamnya. Beberapa kandungan yang ada di dalam tanaman patikan kebo di antaranya, flavonoid, tannin, saponin, asam askorbat/vitamin C, euphorbin, beta-sitosterol, quercetin, gallic-acid, kaempferol. 

Beberapa kandungan tersebut punya efek masing-masing saat masuk ke dalam tubuh, mulai dari sebagai antioksidan, antiinflamasi, antibakteri dan lain sebagainya. Adapun manfaat patikan kebo bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Bersifat Anti-Radang (antiinflamasi)

Manfaat daun patikan kebo bagi tubuh yang pertama adalah untuk mencegah dan mengatasi peradangan. Peradangan yang terjadi di dalam tubuh akan lebih cepat diredakan sehingga nantinya berangsur sembuh dengan sendirinya.

Tanaman patikan kebo dengan kemampuannya mengatasi peradangan didapat dari beberapa kandungan senyawa yang bersifat anti-inflamasi di dalamnya. Beberapa kandungan senyawa tersebut seperti, asam askorbat, tannin, dan juga beta-sitosterol. Hal ini juga diperkuat dengan hasil penelitian yang juga menemukan hubungan antara patikan kebo dan penyembuhan peradangan.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Meski dianggap sebagai tanaman pengganggu, ternyata tanaman patika kebo punya efek baik dalam hal penyembuhan luka. Luka yang terjadi di beberapa bagian tubuh bisa cepat sembuh jika memanfaatkan tanaman satu ini. Manfaat tersebut didapat dari kombinasi antara senyawa tannin, saponin dan juga flavonoid yang ada di dalam tanaman herbal tersebut.

Peran saponin dan tannin dalam patikan kebo bertugas sebagai antiseptik sehingga luka yang dialami bisa cepat sembuh. Sementara senyawa flavonoid sendiri bertugas sebagai mencegah serta menghambat bakteri penyebab infeksi sehingga luka tidak semakin parah. Jadi, jika kamu mengalami luka, langkah bagusnya memanfaatkan tanaman patikan kebo sebagai cara penyembuhannya.

3. Mencegah dan Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas senantiasa menyerang tubuh sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan sel. Sel-sel tubuh yang sudah rusak lebih lanjut akan menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya adalah tumbuhnya sel kanker. Tanaman patikan kebo dipercaya mampu melawan radikal bebas agar tidak merusak sel-sel tubuh.

Khasiat tersebut didapat dari adanya kandungan senyawa flavonoid, beta-sitosterol dan kaempferol di dalam tanaman patikan kebo. Senyawa-senyawa tersebut diklaim punya sifat antioksidan yang cukup baik dalam menghalau radikal bebas. Jadi, sangat penting menghindarkan tubuh dari radikal bebas agar tubuh senantiasa sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

4. Mengobati Infeksi

Selain bersifat antioksidan dan antiinflamasi, tanaman herbal patikan kebi juga punya sifat lain yang tidak boleh dilewatkan yakni sebagai antibakteri. Bakteri sendiri biasanya menjadi penyebab utama terjadinya infeksi di tubuh. Karena itulah, tanaman patikan kebo dengan sifat antibakterinya tersebut mampu mengatasi segala macam infeksi di tubuh yang disebabkan oleh bakteri.

Hal ini juga semakin diperkuat dengan hasil sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 lalu. Studi tersebut menemukan tanaman patikan kebo memang punya sifat antibakteri yang cukup kuat. Berbagai jenis bakteri yang bisa di cegah perkembangannya oleh patikan kebo seperti, bakteri E-coli, Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, dan juga Bacillus subtili.

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tanaman patikan kebo juga punya sifat antioksidan yang sangat kuat. Sifat antioksidan ini sendiri didapat dari beberapa kandungan senyawa di dalamnya, yakni tannin, saponin dan flavonoid. Sifat antioksidannya tersebutla yang akan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan menemukan, bahwa dengan mengonsumsi patikan kebo akan mampu mengoptimalkan kinerja sistem kekebalan tubuh atau sistem imun. Tubuh akan senantiasa sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit, baik penyakit ringan hingga berat sekalipun.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat patikan kebo bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah mampu meningkatkan kinerja sistem pencernaan dengan cara melancarkan pergerakan usus. Dengan begitu, berbagai gangguan yang sering terjadi di sistem percernaan akan lebih diminimalkan. Misalnya saja diare, mengonsumsi patikan kebo akan mampu mengatasi gangguan pencernaan tersebut dengan lebih cepat dan efektif.

Tidak hanya diare saja, berbagai gangguan yang membuat perut tidak nyaman juga bisa diatasi dengan mengonsumsi air rebusan patikan kebo. Pada sebuah penilitian yang dilakukan juga menemukan efek patikan kebo yang mampu mempercepat pergerakan usus sehingga segala gangguan pencernaan bisa teratasi.

7. Menyembuhkan Penyakit Asma

Dan khasiat tanaman patikan kebo untuk kesehatan yang terakhir yakni memiliki kemampuan untuk menyembuhkan penyakit asma. Manfaat ini didapat dari kandungan senyawa asam askorbat yang ada di dalamnya.

Asam askorbat di dalam patikan kebo tersebut punya sifat anti-asma, sehingga mampu meredakan penyakit asma. Cara kerja dari senyawa tersebut yakni dengan menghasilkan efek relaksasi pada sistem pernapasan penderita asma.

Cara Mengolah Tanaman Herbal Patikan Kebo

Cara Mengolah Tanaman Herbal Patikan Kebo
Cara Mengolah Tanaman Herbal Patikan Kebo

Setelah mengetahui beberapa manfaat patikan kebo bagi tubuh, ketahui pula bagaimana cara pengolahan tanaman herbal tersebut. Tidak sulit untuk bisa mendapatkan manfaat dari tanaman patikan kebo satu ini. Kamu tinggal menyiapkan daun patikan kebo secukupnya, kemudian rebus bersama air mendidih hingga matang. Diamkan hingga agak hangat, lalu saring dan minum air rebusan tersebut.

Air rebusan daun patikan kebo bisa kamu minum setidaknya sekali dalam satu hari secara rutin. Tetapi jika saat meminum air rebusan daun patikan kebo kamu mengalami efek samping seperti mual atau muntah, sebaiknya jangan lagi meminumnya. Ada baiknya sebelum mengonsumsi patikan kebo kamu berkonsultasi dulu dengan dokter agar lebih aman.

Itulah tadi beberapa manfaat daun patikan kebo bagi kesehatan tubuh dan cara pengolahannya yang benar. Semoga informasi di atas bermanfaat ya?

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini