Cara Main Game PS3 di PC yang Mudah, Anti Lag dan Gambar Jernih!

0
98

Koran.id – PlayStation 3 merupakan salah satu seri konsol dari Sony yang cukup banyak diminai, bahkan hingga sekarang ini. Meskipun seri terbaru dari konsol tersebut sudah dirilis, yakni PlayStation 4 dan PlayStation 5. Namun, bagi beberapa orang membeli konsol PS3 cukup sulit karena harganya yang masih lumayan mahal. Solusi terbaiknya yakni dengan mencoba memainkan game PlayStation 3 di PC atau laptop. Lantas, bagaimana cara main game PS3 di PC tersebut?

Tidak perlu bingung karena pada artikel kali ini akan dibahas secara lengkap untuk tutorial memainkan game PS3 di laptop atau PC. Caranya pun terbilang mudah, kamu yang masih pemula pun bisa melakukannya tanpa kendala. Berikut ini cara untuk menjalankan game PS3 di PC atau laptop selengkapnya.

Table Of Contents

Cara Main Game PS3 di PC atau Laptop yang Mudah

Beberapa dari kalian mungkin masih belum percaya game PS3 bisa dimainkan di perangkat PC. Tidak heran, karena kedua perangkat ini memang berbeda baik dari segi bentuk maupun fungsinya. Akan tetapi, bukan hal yang mustahil untuk memainkan game PlayStation 3 di perangkat PC atau laptop tersebut.

Untuk bisa melakukannya, kamu perlu bantuan aplikasi pihak ketiga. Dalam hal ini aplikasi yang bisa digunakan yakni emulator PS3. Bagi kamu yang belum tahu, emulator merupakan program khusus yang dirancang untuk memudahkan perangkat PC atau laptop untuk membaca game dari PS3. Alhasil, nantinya game PS3 bisa dimainkan langsung dari perangkat PC atau laptop tersebut.

Ada banyak pilihan emulator PS3 untuk PC yang bisa kamu gunakan, bahkan secara gratis. Salah satunya yang paling direkomendasikan adalah emulator RPCS3. Emulator PS3 satu ini sangat cocok dipilih bagi kamu yang mencari emulator terbaik untuk PC atau laptop berspesifikasi standar. Pasalnya, emulator tersebut sangat ringan sehingga lancar dijalankan di PC atau laptop spek standar tersebut.

Tentang Emulator RPCS3 For PC/Laptop

Tentang Emulator RPCS3 For PC/Laptop
Tentang Emulator RPCS3 For PC/Laptop

RPCS3 Emulator merupakan satu dari banyaknya emulator PlayStation 3 untuk PC yang paling populer digunakan. Salah satunya karena emulator satu ini punya kapasitas yang ringan dan lancar dijalankan. Selain itu, di dalamnya juga sudah bekali dengan beragam fitur yang pastinya bakal memudahkan pengguna memainkan berbagai game PS3.

Emulator RPCS3 sepenuhnya gratis, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk menikmatinya. Meski demikian, RPCS3 termasuk yang cukup rutin melakukan update terbaru. Sehingga kualitas yang diberikan akan selalu ditingkatkan dan pengguna bakal selalu puas menggunakannya.

Untuk spesifikasi minimum PC agar lancar menggunakan emulator RPCS3 adalah harus sudah dibekali Processor 64-bit. Sementara dukungan RAM-nya minimal berkapasitas 4GB, lebih besar lebih baik. Untuk urusan Graphics, PC atau laptop minimal sudah kompatibel dengan OpenGL 4.3.

Cara Download dan Install Emulator RPCS3 di PC/Laptop

Mungkin kamu sudah tidak sabar untuk memainkan game PS3 di perangkat PC atau laptop. Pertama kamu perlu mendownload dan install emulator RPCS3 di perangkat PC atau laptopmu. Jika masih belum tahu, berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  1. Langkah yang pertama kamu download dulu emulator RPCS3 melalui situs resminya, yakni di alamat ini >> https://rpcs3.net/
  2. Selain emulator RPCS3, kamu juga perlu download Firmware PS3 agar nantinya game PS3 bisa dijalankan di PC atau laptop. Untuk mendownload kamu bisa mengunjungi alamat ini >> https://www.playstation.com/en-us/support/hardware/ps3/system-software/
  3. Semua file sudah berhasil didownload, sekarang lanjut ke cara pemasangannya. Pertama kamu ekstrak dulu file emulator RPCS3 yang berbentuk file ZIP agar menjadi bentuk folder. Klik kanan pada file .exe emulator RPCS3, kemudian pilih opsi Run as Administrator.
  4. Setelah berhasil, sekarang emulator RPCS3 akan ditampilkan di layar PC atau laptop. Sekarang lanjut untuk memasang Firmware PS3 yang sudah didownload tadi.
  5. Klik menu File pada RPCS3 emulator, kemudian klik opsi Install Firmware. Kemudian Anda cari file Firmware PS3 yang sudah didownload tadi dan klik Open. Jika file masih dalam bentuk file ZIP atau RAR, maka kamu perlu ekstrak dulu.
  6. Tunggu sampai proses instalasi Firmware PS3 selesai dilakukan. Jika sudah, sekarang kamu sudah bisa menggunakannya untuk menjalankan game PS3.

Sampai di sini emulator RPCS3 sudah berhasil diinstall dan disetting. Langkah selanjutnya kamu perlu menyiapkan file game PS3 untuk dipasang di emulator dan nantinya siap untuk dimainkan.

Cara Memasang Game PS3 ke RPCS3 Emulator

Untuk memasang game PS3 di emulator RPCS3 sebenarnya cukup mudah, layaknya seperti memasang game PS2 atau PS1 di emulator lain. Di sini kamu perlu menyiapkan dulu file PS3 yang akan dipasangkan ke emulator tersebut.

Berbeda dengan PS1 atau PS2 yang berbentuk ISO, file game PS3 ini memiliki format .pkg. Kenapa demikian? Dikarenakan file PS3 ini diambil langsung dari konsol PS3 dengan cara dimigrasi. Pastikan kamu sudah mendownload dulu file PKG dari game PS3 yang ingin dimainkan di perangkat PC atau laptop melalui emulator RPCS3.

Diasumsikan kamu sudah mendownload file game PS3 dalam bantuk .pkg. Sekarang lanjut ke cara memasangnya di emulator PRCS3-nya, yakni:

  1. Buka emulator RPCS3 seperti tadi hingga nantinya muncul jendela baru di layar.
  2. Pada jendela emulator RPCS3 tersebut, kamu klik menu File yang ada di bagian pojok kiri atas tampilan.
  3. Kemudian klik pada opsi Install .pkg yang ada di atas opsi Install Firmware.
  4. Sekarang kamu cari file PS3 dalam bentuk .pkg yang sudah didowload sebelumnya. Pastikan file berada di dalam folder, bukan masih berbentuk file ZIP atau RAR. Kemudian klik tombol Open untuk mulai menginstall game.
  5. Tunggu sampai proses instalasi game PS3 selesai. Jika sudah, nantinya game akan langsung ditampilkan di layar utama emulator RPCS3.
  6. Untuk memainkan game tersebut kamu tinggal klik dua kali pada game tersebut. Sekarang kamu bisa langsung memainkannya di PC atau laptop.

Itulah tadi cara main game PS3 di PC atau laptop yang lancar dan anti lag bisa coba kamu terapkan sendiri. Tidak perlu membeli konsol PS3, cukup dengan PC kamu sudah bisa menikmati keseruan game PS3 yang populer.

Artikel Sebelumnya10 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Murah Terbaik 2021
Artikel Selanjutnya10 Rekomendasi Exfoliating Toner Terbaik untuk Wajah Cantik dan Mulus
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini