Cara Memilih Shockbreaker Mobil Terbaik Sesuai Jenisnya

189
Shockbreaker Mobil Terbaik
Shockbreaker Mobil Terbaik

Koran.id – Memiliki sebuah mobil, sudah seharusnya bagi kita untuk memberikan perawatan secara berkala. Perawatan yang tepat dan berkala akan membuat kondisi mobil tetap prima dan nyaman saat dikendarai. Namun, terkadang ada saja komponen pada mobil yang perlu diganti, baik karena termakan usia atau kerusakan. Salah satunya adalah shockbreaker yang perlu diganti jika kondisinya sudah tidak nyaman lagi. Memilih shockbreaker mobil terbaik sangat disarankan agar dapat memberikan kenyamanan maksimal bagi pengendara.

Bagi orang awam terkadang mereka kesulitan dalam memilih produk shockbreaker yang cocok untuk mobilnya. Tidak perlu khawatir, karena pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara memilih shockbreaker yang bagus untuk mobil kesayanganmu. Untuk informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Memilih Shockbreaker Mobil Terbaik Sesuai Jenisnya

Untuk memilih shockbreaker tidak boleh sembarangan, pastikan kamu memperhatikan beberapa hal terkait shockbreaker dan mobil tersebut. Pemilihan shockbreaker yang salah dan tidak sesuai dengan mobil akan membuat mobil kurang nyaman saat dikendarai. Bahkan parahnya lagi hal ini akan menjadi faktor kerusakan pada komponen lain pada mobil.

Adapun beberapa cara memilih shockbreaker mobil terbaik dan awet selengkapnya, sebagai berikut:

1. Pertimbangkan Merek Shockbreaker

Yang pertama perlu kamu perhatikan dalam memilih shockbreaker mobil yakni merek dari produk tersebut. Pastikan kamu memilih shockbreaker dari merek yang sudah terkenal dan berpengalaman dalam produksi komponen mobil. Hal ini tentunya akan mengurangi risiko mendapatkan produk shockbreaker yang kurang bagus, sehingga akan lebih mudah rusak dan tidak nyaman saat digunakan.

Untuk merek shockbreaker mobil terbaik bisa kamu cari referensinya di internet. Tidak masalah jika kamu memilih produk shockbreaker dari merek anyar, akan tetapi perlu dipertimbangkan terlebih dahulu soal kualitas dari produknya tersebut.

2. Bahan Material dari Shockbreaker

Selain merek, hal lain yang juga sangat penting untuk diperhatikan saat membeli shockbreaker untuk mobil yakni soal material yang digunakan dalam pembuatannya. Penggunaan material ini sangat mempengaruhi kualitas dan keawetan dari produk shockbreaker.

Pastikan kamu memilih produk shockbreaker yang dibuat dari bahan material yang berkualitas tinggi. Semakin bagus bahan yang digunakan, tentunya ini akan menjadi ketahanan dari produk shockbreaker tersebut.

3. Pilih Jenis Shockbreaker yang Tepat

Shockbreaker memiliki setidaknya dua jenis yang dibedakan dari material yang digunakannya, yakni shockbreaker dengan material gas dan material oli. Keduanya tersebut memiliki karakteristik yang berbeda dalam penggunaannya pada mobil. Kamu sebagai pengguna bisa memilihnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu.

Untuk produk shockbreaker yang menggunakan gas biasa memiliki karakteristik yang keras saat digunakan pada mobil. Jenis shockbreaker ini lebih cocok bagi pengguna yang suka dengan performa mobil yang agresif. Shockbreaker akan terasa berat baik saat menekan ataupun menarik untuk jenis ini.

Sementara untuk jenis shockbreaker dengan oli karakter yang diciptakannya lebih empuk dan lembek saat kondisi menekan. Namun, saat dalam kondisi menarik shockbreaker akan terasa agak berat. Kamu bisa menyesuaikan sendiri untuk pemilihan jenis shockbreaker mobil ini.

4. Menyesuaikan Karakteristik Shockbreaker dengan Mobil

Hal yang juga sangat penting untuk kamu perhatikan saat memilih shockbreaker untuk mobil adalah penyesuaian karakteristik dari keduanya. Pemilihan ini akan memberikan efek kenyamanan bagi pengguna saat mengendarai mobil. Setidaknya terdapat dua pilihan shockbreaker yang bisa kamu temukan di pasaran saat ini, yakni shockbreaker single action dan double action.

Pemilihan shockbreaker perlu kamu sesuaikan dengan mobil yang dimiliki. Untuk mobil yang yang dimensinya cukup besar dan berat, lebih cocok menggunakan shockbreaker double action. Shockbreaker double action ini akan bekerja maksimal meskipun mendapatkan tekanan yang cukup berat atau tinggi.

Sebaliknya, untuk shockbreaker single action bisa digunakan pada mobil yang lebih kecil dan bobotnya ringan. Shockbreaker single action ini akan memberikan kenyamanan ekstra kepada pengendara saat mengendarai mobilnya. Jika dipaksakan dipasang pada mobil bermuatan banyak dan berat, tentunya hal ini akan memperpendek usia shockbreaker dan fungsinya pun tidak akan maksimal.

5. Cek Kondisi Fisik dari Shockbreaker

Dan cara memilih shockbreaker terbaik untuk mobil yang terakhir yakni dengan selalu mengecek kondisi fisik dari produk tersebut. Hal ini perlu dilakukan baik saat membeli shockbreaker bekas maupun baru. Cek apakah ada kecacatan atau kerusakan dari produk shockbreaker tersebut. Harus lebih teliti lagi saat mengecek jika kamu membelinya dalam kondisi second atau bekas.

Selain untuk mencegah mendapatkan produk shockbreaker yang cacat, cara ini juga diperlukan untuk menghindarkan kamu dari produk hasil reparasi atau perbaikan ulang yang diklaim produk baru. Untuk pengecekannya sendiri, ada beberapa hal yang bisa dijadikan fokus. Mulai dari cetakan huruf yang masih jelas, cat permukaan shockbreaker yang bagus, dan tidak tersedia bekas las.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Lampu LED Mobil Murah yang Paling Terang

Pilihan Merek Shockbreaker Mobil yang Bagus dan Awet

Jika masih bingung memilih, berikut ini ada beberapa rekomendasi merek shockbreaker yang bisa kamu jadikan pilihan, di antaranya:

1. Kayaba Premium

Kayaba Premium
Kayaba Premium

Pertama ada shockbreaker Kayaba Premium yang merupakan shockbreaker single action terbaik. Shockbreaker satu ini punya tingkat kelenturan yang maksimal dan nyaman saat digunakan. Bagian ujungnya cukup ringan saat mendapat tekanan, sementara saat menarik akan terasa lebih berat.

Kayaba Premium sendiri didominasi oleh material gas, sehingga karakteristiknya cukup keras. Kayaba Premium sangat cocok digunakan pada mobil yang bermuatan banyak dan berat alias mobil coil spring.

2. Bilstein

Bilstein
Bilstein

Berikutnya ada shockbreaker dari salah satu merek produk otomotif ternama asal Jerman, yakni Bilstein. Shockbreaker ini sangat nyaman digunakan meskipun mobil dipacu dengan kecepatan tinggi, di mana penggunaannya membuat mobil tetap stabil.

Karakteristiknya yang keras membuatnya sangat nyaman digunakan pada mobil bermuatan berat dan banyak. Melaju di jalanan berlubang atau tidak rata, pengendara akan tetap nyaman dengan guncangan yang cukup minim. Sayangnya, kelenturan dari shockbreaker Bilstein ini sudah paten, sehingga tidak bisa kamu atur sesuai keinginan. Sementara untuk segi harga, shockbreaker Bilstein terbilang cukup mahal, menyesuaikan kualitas produk yang diberikannya.

3. Kayaba Excel-G

Kayaba Excel-G
Kayaba Excel-G

Sementara untuk produk shockbreaker Kayaba Excel-G lebih cocok digunakan pada kendaraan yang sering digunakan untuk perjalanan jauh, baik itu mobil pribadi ataupun niaga. Termasuk jenis shockbreaker double action, Kayaba Excel-G diklaim mampu menahan beban yang cukup berat sekalipun.

Untuk karakteristik yang dimiliki Kayaba Excel-G tergolong keras, namun tetap empuk dan membuat mobil stabil selama perjalanan. Ini karena Kayaba Excel-G menggunakan dua material pengisian yang hampir seimbang antara gas dan olinya. Kayaba Excel-G kurang cocok jika digunakan pada mobil yang bobotnya ringan. Di mana jika ini dipaksakan pengendara akan merasa bantingan yang cukup keras sehingga akan mengganggu kenyamanannya.

4. Kayaba Ultra

Kayaba Ultra
Kayaba Ultra

Masih produk dari merek Kayaba, kali ini ada seri shockbreaker Kayaba Ultra yang juga sangat direkomendasikan untuk kamu pilih. Kayaba Ultra kualitasnya memang sedikit lebih tinggi dibandingkan seri shockbreaker di atas. Untuk soal kenyamanan tentunya tidak kalah bagus jika dibandingkan dengan merek lainnya. Kayaba Ultra lebih cocok digunakan pada mobil yang berbobot berat dikarenakan karakteristiknya yang keras. Ini karena material pengisian yang digunakannya didominasi oleh gas, yakni mencapai 75%.

Saat mobil melaju di jalanan yang tidak rata dan berlubang, mobil akan tetap stabil karena penggunaan shockbreaker Kayaba Ultra ini. Mobil akan tetap awet dan performanya terjaga meskipun digunakan untuk aktivitas berat.

Itulah tadi cara memilih shockbreaker terbaik beserta rekomendasi produknya yang bisa kamu pilih. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel Sebelumnya10 Rekomendasi Merek Kurma di Indonesia Paling Enak
Artikel Selanjutnya10 Rekomendasi Merek Microwave Murah Terbaik dan Hemat Listrik
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini