7 Jenis Buah untuk Mengobati Maag Saat Kambuh Paling Efektif

0
520
Jenis Buah untuk Mengobati Maag Saat Kambuh

Koran.id РMaag menjadi salah satu penyakit yang cukup banyak diderita masyarakat kita. Sakit Maag ini sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa karena pola makan yang tidak teratur atau pola hidup yang tidak sehat. Saat  maag kambuh, penderitanya akan merasakan gejala seperti nyeri dan panas pada bagian lambung. Ketika kondisi ini terjadi, pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah dengan meminum obat khusus maag. Selain obat, ada pula beberapa jenis buah untuk mengobati maag saat kambuh yang bisa dikonsumsi.

Jenis-jenis buah tersebut memiliki kandungan senyawa khusus yang mampu meredakan nyeri lambung akibat maag kambuh. Lantas, jenis buah apa saja yang paling efektif untuk mengobati maag saat kambuh? Yuk simak ulasan di bawah ini untuk info selengkapnya!

Jenis Buah untuk Mengobati Maag Saat Kambuh Paling Efektif

1. Buah pepaya

Jenis buah untuk mengobati maag saat kambuh yang pertama adalah buah pepaya. Teksturnya yang lembut membuat buah pepaya lebih mudah untuk dicerna. Selain itu, buah pepaya juga punya kandungan mineral yang baik untuk melancarkan pencernaan dan meredakan sakit maag. Kandungan mineral tersebut seperti, kalium, sulfur, magnesium dan zat besi. Selain itu, pepaya juga punya kandungan nutrisi yang cukup lengkap, mulai dari Vitamin A, C, B1, dan juga B2.

Untuk meredakan sakit maag, kamu bisa mengonsumsi buah pepaya sebanyak seperempat potong setiap harinya. Selain itu, kamu juga bisa mencampurkan buah pepaya dengan yogurt sebanyak 2 sendok. Haluskan terlebih dahulu buah pepaya lalu campurkan dengan yogurt tersebut. Agar lebih efektif sebaiknya kamu konsumsi buah pepaya sebelum makan siang dan makan malam.

2. Buah pisang

Selain buah pepaya, pisang juga menjadi salah satu buah yang bagus untuk mengobati maag saat kambuh. Sama seperti pepaya, buah pisang juga punya kandungan serat yang cukup tinggi. Buah pisang juga diklaim punya kandungan efek pencahar yang baik untuk sistem pencernaan.  Selain itu, kandungan lemak dan protein yang ada di dalam buah pisang tidaklah tinggi.

Untuk  mengobati sakit maag, baiknya kamu jadikan buah pisang sebagai menu sarapan di pagi hari. Mengonsumsi buah pisang saat sarapan diklaim akan membuat sistem pencernaan lebih lancar dan terhindar dari gejala maag. Perlu diingat juga, pilih buah pisang yang benar-benar matang dengan kulitnya yang kuning secara keseluruhan.

3. Kelapa

Kalian pasti tidak menyangka ternyata kelapa juga punya efek yang baik bagi penderita penyakit maag. Bukan pada bagian dagingnya, melainkan air kelapa yang bagus bagi penderita sakit maag. Air kelapa punya efek menenangkan pencernaan tubuh, ini karena banyaknya kandungan mineral dan senyawa di dalamnya yang punya khasiat tersebut. Minum air kelapa akan membuat kita terhindar dari radikal beracun yang ada di dalam tubuh.

Tidak hanya itu saja, air kelapa juga punya khasiat untuk menjaga suhu tubuh agar tetap normal dan juga mencegah peradangan yang terjadi di lambung. Agar penyakit maag yang diderita bisa cepat sembuh, sebaiknya minum air kelapa secara rutin setiap hari selama kurang lebih 2 minggu. Secara berangsur sakit maag akan sembuh dengan sendirinya.

4. Buah apel

Apel menjadi salah satu jenis buah yang kaya manfaat untuk tubuh, mulai dari bahan kecatikan, diet hingga sebagai obat sakit maag alami.  Buah apel dipercaya mampu mengobati sakit maag dikarenakan kandungan pektin dan juga kombinasi glisin yang ada di dalamnya. Mengonsumsi buah apel secara rutin akan mampu meredakan rasa mual dan mulas. Selain itu, buah apel juga memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar asam lambung berlebih yang ada di dalam sistem pencernaan.

Untuk meredakan maag yang kambuh, kamu bisa mengonsumsi buah apel 3 hari sekali secara rutin. Pastikan kamu memilih buah apel yang masih segar dan bersih dari pestisida serta penyakit.

5. Buah pir

Jenis buah untuk mengobati maag saat kambuh selanjutnya adalah buah pir. Buah pir sangat bagus untuk sistem pencernaan karena banyaknya kandungan air di dalamnya. Selain itu, buah pir juga punya kandungan antioksidan yang cukup tinggi, dimana kandungan tersebut mampu mengurangi kadar asam lambung berlebih di dalam sistem pencernaan.

Meskipun terbilang manjur untuk meredakan sakit maag, tapi beberapa orang mungkin tidak cocok dengan buah pir. Sebaiknya kamu mengonsumsi buah pir dalam porsi yang sedikit dulu untuk memastikan cocok atau tidaknya. Konsumsi buah pir sebelum makan untuk pengobatan sakit maag itu sendiri.

6. Buah alpukat

Satu lagi jenis buah untuk mengobati sakit maag saat kambuh berikutnya adalah buah alpukat. Punya tekstur yang lembut membuat bauh alpukat lebih mudah dicerna dan baik untuk penderita maag. Di dalam buah alpukat punya kandungan serat yang cukup tinggi, dimana kandungan ini memiliki efek yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Tidak hanya itu, buah alpukat juga kaya akan vitamin A, B, C, B12, E, D dan juga vimtain B Kompleks. Konsumsilah buah alpukat sebelum makan dan rutin setiap hari untuk meredakan sakit maag. Penderita maag yang ingin melakukan diet juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah alpukat.

7. Buah persik

Dan jenis buah yang baik untuk penderita sakit maag terakhir adalah buah peach atau yang lebih dikenal dengan nama buah persik. Diklaim baik untuk penderita sakit lambung karena buah persik menjadi obat diuretik dan obat pencahar sekaligus. Buah persik juga punya tekstur daging yang lembut serta mudah untuk dicerna. Ini akan membantu meningkatkan kinerja sistem pencernaan bagi penderita sakit maag.

Selain membantu mengobati sakit maag, buah persik juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh di karenakan kandungan mineral yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, terdapat pula kandungan vitamin A, C dan E yang punya khasiat untuk mencegah risiko penyakit kanker di dalam sistem pencernaan.

Itulah tadi beberapa jenis buah untuk mengobati maag saat kambuh paling efektif bisa kamu konsumsi. Konsumsi secara rutin agar khasiat yang di dapat bisa lebih efektif. Dengan begitu, penyakit maag yang diderita akan segera sembuh dan tidak akan kambuh lagi. Imbangi dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat agar tubuh terhindar dari penyakit maag.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini