Tips Mencegah Asam Lambung Tinggi Saat Menjalani Ibadah Puasa

726
Tips Mencegah Asam Lambung Tinggi

Koran.id – Asam lambung naik menjadi hal yang paling mengganggu saat menjalankan ibadah puasa. Tidak hanya membuat kurang nyaman, terkadang asam lambung tinggi saat puasa juga membuat penderitanya tersiksa. Karena itulah, perlu mengetahui tips mencegah asam lambung tinggi saat menjalani ibadah puasa agar aktivitas sehari-hari tidak lagi terganggu. Dengan demikian, penderita asam lambung tinggi juga bisa lebih lancar dalam beribadah selama Bulan Ramadhan.

Ada beberapa cara untuk mencegah asam lambung naik saat berpuasa, mulai dari memperhatikan asupan makanan hingga menghindari hal-hal yang memicu asam lambung naik tersebut. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa kamu simak pada ulasan di bawah ini.

Tips Mencegah Asam Lambung Tinggi Saat Berpuasa

1. Memilih menu makanan yang tepat saat sahur dan berbuka

Tips mencegah asam lambung tinggi saat menjalani ibadah puasa yang pertama adalah dengan memperhatikan menu makanan yang disantap saat sahur dan berbuka. Menu makanan yang disantap memang sangat mempengaruhi naiknya asam lambung ketika berpuasa. Beberapa makanan bisa membuat asam lambung meningkat secara drastis, sebaiknya hindari jenis-jenis makanan ini agar tidak terjadi asam lambung naik. Beberapa jenis makanan penyebab asam lambung tinggi seperti, makanan pedas, berlemak tinggi, asam, minuman bersoda, kopi dan lain sebagainya.

Ada beberapa rekomendasi makanan yang dianjurkan disantap saat sahur agar tidak mengakibatkan asam lambing tinggi. Rekomendasi makanan yang dianjurkan seperti lauk dari olahan sayur hijau antara lain, bayam, kol, seledri, kacang hijau, brokoli dan lain sebagainya.

Sementara saat berbuka puasa, sebaiknya kamu menghindari makanan berlemak seperti gorengan. Hindari pula menu buka dengan bahan santan, buah-buahan dengan kandungan asam (mangga dan jeruk), dan juga masakan pedas. Gantilah dengan minuman hangat seperti olahan jahe yang bagus untuk lambung. Untuk jenis buah-buahan yang baik untuk berbuka seperti kurma, semangka, melon, apel, buah pir atau juga pisang.

2. Menyesuaikan porsi makanan saat sahur dan berbuka

Memperhatikan porsi makanan saat sahur dan berbuka juga menjadi salah satu tips mencegah asam lambung tinggi saat puasa. Sebaiknya jangan makan dalam posri yang banyak ataupun terlalu sedikit. Menyantap makanan dalam porsi yang banyak akan menyebabkan refluks dalam lambung menjadi naik. Apalagi hidangan yang kamu santap mengandung minyak dan gula yang cukup tinggi.

Yang betul adalah dengan mengawali buka maupun sahur dengan minuman hangat seperti minuman jahe. Setelah itu baru menyantap hidangan berat sedikit demi sedikit dan naik secara perlahan. Lebih baik lagi kamu menunaikan ibadah sholat maghrib terlebih dahulu setelah menyantap hidangan takjil. Baru setelah itu, menyantap hidangan berat.

3. Minum obat secara teratur

Tips mencegah asam lambung tinggi saat berpuasa berikutnya adalah dengan menjaga pola makan serta minum obat secara teratur. Saat waktu berbuka tiba sebaiknya kamu langsung menyegerakan diri untuk makan. Begitu juga saat sahur, lebih direkomendasikan untuk santap sahur saat sudah mendekati waktu imsak. Setelah menyantap makanan, sebaiknya juga untuk segera meminum obat asam lambung jika dirasa terjadi gejala asam lambung.

Selain minum obat asam lambung, kamu juga perlu menghindari berbagai jenis makanan dan minuman yang menyebabkan asam lambung naik. Hindari makanan yang berlemak tinggi dan juga minuman bersoda agar asam lambung tidak naik.

4. Minum secukupnya saat santap sahut atau berbuka

Rasa haus saat puasa membuat beberapa orang minum tidak berukuran saat sudah waktunya berbuka. Mereka akan terus minum meski saat waktu manyantap makanan. Padahal yang demikian ini hanya akan membuat makanan yang masuk ke dalam lambung lebih sulit untuk dicerna. Selain itu, perut biasanya juga menjadi kembung dan bisa memicu naiknya asam lambung. Yang benar adalah makan terlebih dahulu, setelah beberapa saat baru minum air putih secukupnya.

5. Tidak langsung tidur sesaat sudah santap sahur

Menyantap sahur dilakukan saat tiga perempat malam, membuat beberapa orang mungkin masih terasa ngantuk. Kebanyakan dari mereka akan langsung melanjutkan waktu tidurnya setelah makan sahur. Padahal langsung tidur setelah sahur akan memicu refluks asam lambung naik ke kerongkongan. Asam lambung yang naik tersebut bersamaan dengan makanan yang sebelumnya kamu konsumsi. 

Lebih disarankan untuk menyantap sahur saat dekat dengan waktu imsak, agar bisa langsung melaksanakan sholat subuh. Jangan kembali tidur, sebaiknya melakukan aktivitas yang lebih bermanfaat seperti jalan-jalan pagi atau hal yang lainnya.

Baca Juga: 7 Jenis Buah untuk Mengobati Maag Saat Kambuh Paling Efektif

6. Mengunyah makanan hingga lembut

Kebanyakan dari kalian kurang memperhatikan makanan yang sedang dikunyah, padahal ini sangat berpengaruh terhadap sistem kerja lambung. Makan yang terlalu cepat membuat makanan tidak halus secara sempurna. Hal yang demikian ini akan membuat kerja lambung lebih berat dalam mengolah dan mencerna makanan sehingga berisiko menaikkan asam lambung.

Sebaiknya kunyah makanan secara perlahan hingga makanan menjadi halus dan lembut, kemudian telan. Jangan terburu-buru dalam menyantap makanan, lebih baik dinikmati saja prosesnya.

Itulah tadi beberapa tips mencegah asam lambung tinggi saat menjalani ibadah puasa yang perlu kamu terapkan. Menderita asam lambung tinggi tentunya akan mengganggu aktivitas sehari-hari dan juga ibadah puasa yang dijalani.

Artikel SebelumnyaCara Merawat Gigi Berbehel Agar Tidak Kuning dan Berbau
Artikel SelanjutnyaNgabuburit Makin Asyik dengan 10 Game Santai Terbaik di Android Ini!
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini