Cara Mengatasi Rasa Haus Saat Puasa dan Pencegahannya

0
427
Cara Mengatasi Rasa Haus Saat Puasa
Cara Mengatasi Rasa Haus Saat Puasa

Koran.id – Rasa haus saat puasa sudah menjadi hal yang lumrah, dikarenakan kita tidak diperbolehkan makan atau minum sebelum waktu berbuka puasa tiba. Tapi ternyata kondisi ini semakin diperparah dengan hal yang seharusnya tidak dilakukan. Misalnya saja aktivitas yang terlalu berat, pemilihan jenis makanan dan minuman yang salah saat sahur dan lain sebagainya. Banyak orang yang mencari cara mengatasi rasa haus saat puasa karena saking tidak kuatnya.

Rasa haus saat puasa mungkin akan cukup sulit untuk diatasi, langkah yang paling tepat adalah dengan mencegahnya. Ada beberapa cara pencegahan rasa haus saat puasa yang bisa kamu lakukan ketika sahur. Dengan cara ini akan membuat rasa haus sedikit dihindarkan selama waktu puasa.

Cara Mengatasi Rasa Haus Saat Puasa dan Pencegahannya

Rasa haus selama berpuasa bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari kondisi cuaca yang terlalu panas hingga jenis makanan atau minuman yang dikonsumsi saat berbuka dan sahur. Untuk bisa mengatasinya, sebaiknya hindari beberapa penyebab haus tersebut.

Lantas, bagaimana cara mengatasi rasa haus saat puasa tersebut?

Cara Mengatasi Rasa Haus Saat Puasa

Bagi para pekerja di luar ruangan mungkin akan lebih rentan merasakan haus, apalagi saat menjalani ibadah puasa. Ini karena cuaca yang panas di luar ruangan dan ativitas kerja berat akan membuat cairan dalam tubuh terkuras habis. Jika hal ini terjadi sudah pasti akan membuat kita merasa kehausan. Dan cara mengatasi rasa haus saat puasa yang paling efektif untuk dilakukan adalah dengan mandi atau merendam diri di air yang sejuk.

Mandi atau berendam di air yang sejuk akan membuat tubuh menjadi bugar kembali. Selain itu, rasa haus yang dirasa mungkin akan sedikit terkurangi dengan cara ini. Tapi perlu diingat, yang harus kamu gunakan adalah air yang sejuk, bukan air terlalu dingin. Mandi atau berendam di air yang terlalu dingin akan membuat tubuh mengeluarkan panas setelah beranjak dari kamar mandi. Hal ini merupakan reaksi alami tubuh untuk memberikan rasa hangat karena kedinginan selama mandi atau berendam.

Selain mandi atau berendam di air yang sejuk, kamu juga bisa mencoba untuk menaruh es batu yang dibungkus handuk di bagian titik nadi seperti leher dan pergelangan tangan. Letakkan handuk berisi es batu di titik tadi selama kurang lebih 2-3 menit. Cara satu ini sangat pas dilakukan bagi kamu yang sibuk bekerja di kantor. 

Jika tidak punya es batu, kamu bisa mencelupkan dan merendam handuk di air yang sejuk. Setelah itu, bisa kamu taruh di bagian leher atau pangkal kepala. Cara ini memang sangat efektif untuk menangkal rasa haus yang dirasa selama puasa.

Sementara untuk cara mencegah rasa haus saat puasa, sebagai berikut:

1. Minum air putih yang banyak saat sahur

Selain cara mengatasi rasa haus saat puasa, kamu juga bisa melakukan pencegahan. Salah satunya adalah dengan cara  minum air putih yang banyak di waktu sahur. Pastikan kamu juga minum air putih secara berkala mulai dari waktu berbuka hingga menjelang waktu imsak. Cara ini adalah yang bisa dibilang paling efektif untuk mencegah tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi selama berpuasa. 

Minumlah air putih selama berbuka hingga sahur sebanyak 8 gelas per hari atau sekitar 1.5-2 liter. Agar lebih mudah menjalaninya, kamu biasa menyiapkan sendiri botol Aqua yang sudah berisi air.

2. Mengurangi makanan asin

Selain minum air yang banyak, kamu juga disarankan untuk meminimalkan konsumsi makanan asin saat berbuka ataupun sahur. Rasa asin dari garam ini diklaim bisa membuat tubuh cepat merasa haus dikarenakan terjadinya penekanan resisten cairan dalam tubuh. Mengkonsumsi makanan asin masih diperbolehkan asalkan takarannya pas dan tidak terlalu banyak. Dengan begitu, haus yang dirasakan selama berpuasa akan lebih dikurangi.

3. Memperbanyak konsumsi buah-buahan

Selain dengan minum air putih, menjaga cairan tubuh agar tetap tercukupi juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi jenis buah-buahan. Beberapa jenis buah-buahan yang bisa membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh seperti, semangka, melon, anggur, stroberi,  persik, nanas, aprikot, blueberi dan juga rasberi. Beberapa jenis buah tersebut punya kandungan air yang cukup tinggi yang bisa menghidrasi tubuh.

Kamu bisa mengkonsumsinya selagi segar, bisa dengan cara dijus atau dimakan langsung. Bisa juga dengan menjadikannya salad buah yang enak.

4. mengonsumsi yogurt

Cara mencegah rasa haus saat puasa selanjutnya adalah dengan mengonsumsi yogurt saat sahur. Yogurt dipercaya punya kandungan air sebanyak 85% dan ini tentunya baik untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Selain itu, yogurt juga punya kandungan lain yang bermanfaat baik untuk tubuh seperti, kalsium, protein dan nutrisi lainnya. Yogurt sendiri bisa kamu konsumsi bersamaan dengan buah segar di atas.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi rasa haus saat puasa dan pencegahannya. Terapkan cara di atas agar rasa haus selama berpuasa bisa hilang. Memperhatikan asupan makanan dan minuman saat berbuka hingga sahur juga penting agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini