Rekomendasi 10 Tempat Terbengkalai, Inspirasi Spot Wisata Menarik di 2019

0
483
Tempat Terbengkalai

Koran.id – Travelling di negara sendiri sepertinya sudah terlalu mainstream, yuk coba sesuatu yang berbeda di momen liburanmu nanti. Misalnya saja dengan pergi ke luar negeri untuk mengunjungi beberapa tempat terbengkalai berikut. Ini tentu saja bisa banget dijadikan sebagai inspirasi spot wisata menarik di tahun 2019, lho.

Tetapi demikian, agar travellingmu nanti jadi lebih seru dan menyenangkan, jangan lupa untuk ajak keluarga, kerabat, sahabat dekat, atau pun rekan kerjamu untuk berlibur bersama. Sebab, pada dasarnya travelling ramai – ramai jauh lebih seru dan kamu pun jadi tidak sendirian mengeksplor tempat – tempat baru di dunia yang belum pernah kamu kunjungi.

Ya, meskipun tujuan dari travellingmu kali ini adalah tempat – tempat yang sudah terbengkalai, baik itu bangunannya atau bahkan kotanya sekalipun, dijamin liburanmu tidak akan terasa membosankan dan menjenuhkan, apalagi jika kamu datangnya bareng orang – orang yang kamu sayangi.

Tempat Terbengkalai
Tempat Terbengkalai

Namun demikian, pada dasarnya mengunjungi tempat yang terbengkalai ini kerap kali dijadikan sebagai momok yang cukup menakutkan bagi banyak orang. Tetapi hal tersebut tentu saja membuat kamu lebih tertantang lagi untuk menjelajahi tempat – tempat tersebut yang banyak dipercaya tinggali oleh makhluk – makhluk mistis tak kasat mata.

Daripada harus berlama – lama lagi, langsung saja yuk simak rekomendasi tempat terbengkalai di dunia berikut ini.

Rekomendasi 10 Tempat Terbengkalai yang jadi Spot Wisata Menarik

Pulau Gunkajima di Jepang

Pulau Gunkajima di Jepang

Liburan ke pantai atau gunung memang sudah sangat biasa, kenapa tidak mencoba untuk mengunjungi Pulau Gunkajima yang ada di Jepang ini? Dibalik tempat terbengkalai tersebut ada cerita yang cukup menarik sekali hingga akhirnya pulau ini ditinggalkan oleh penduduk. Konon katanya pulau ini penuh sesak oleh pendatang, tetapi di akhir tahun 1950 cadangan batu bata yang ada di tempat tersebut mulai habis hingga akhirnya secara perlahan banyak orang yang meninggalkan pulau ini.

Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke Pulau Gunkajima yang ada di Jepang, saya sarankan agar kamu datang dengan mengunakan jasa tur. Sebab, nanti kamu masih harus menyeberangi lautan.

The Buzludzha Monument di Bulgaria

The Buzludzha Monument di Bulgaria

Pilihan lain tempat wisata terbengkalai di dunia yang harus banget dikunjungi adalah The Buzludzha yang ada di Bulgaria. Memiliki bentuk yang unik, yakni mirip seperti UFO dan ada di puncak pegunungan Buzludzha, konon tempat ini menjadi markas Partai Komunis Bulgaria. Tetapi demikian, sejak adanya pergeseran politik menuju negara yang lebih demokratis, hingga akhirnya bangunan yang ada di tempat tersebut pun mulai dilupakan.

Tetapi demikian, bangunan ini ternyata sampai sekarang masih kokoh dan dijaga ketat. Oleh karenanya, jika kamu tertarik untuk travelling ke tempat tersebut, kamu nanti hanya bisa melihat – lihat bagian luarannya saja.

La Isla De Munecas di Meksiko

La Isla De Munecas di Meksiko

Dulu ada salah seorang pria yang bernama Don Julian Santana, yang dengan terpaksanya meninggalkan istri beserta anaknya untuk pindah ke sebuah pulau yang ada di Xchocilmilco. Lalu beberapa saat kemudian ia mendapat kabar bahwasannya puteri cantiknya tersebut tewas tenggelam di sebuah danau. Oleh karenanya, ia kemudian menggantungkan banyaknya boneka – boneka untuk mengenang arwah puteri cantiknya tersebut.

Kebiasaan ini dilakukan hingga akhir hayatnya, sehingga membuat pulau tempat ia huni penuh dengan boneka yang sampai saat ini keberadaannya masih ada, dan sudah mulai terkoyak juga kotor. Bukannya lucu dan menggemasnya, justru boneka – boneka yang ada di pulau tersebut terlihat sangat menyeramkan sekali. Jadi, bisa dibayangkan sendiri bagaimana jadinya jika kamu datangnya seorang diri?

Jumiege Abbey di Perancis

Jumiege Abbey di Perancis

Tempat wisata terbengkalai lainnya yang juga layak banget untuk kamu kunjungi adalah Jumiege Abbey yang ada di Perancis. Dulu ini adalah salah satu pusat kekuasaan tertinggi yang ada di Eropa hingga akhirnya gereja tersebut tidak lagi dianggap sebagai pemegang kekuasaan, demokrasi pada saat itu berpegang teguh pada kehendak rakyat. Terbengkalainya gereja yang ada di Eropa ini menjadi saksi bisu bahwasannya revolusi di zaman tersebut berjalan sangat sukses.

Spreepark di Jerman

Spreepark di Jerman

Buat kamu nih yang ingin liburan anti mainstream bareng orang – orang yang kamu sayangi, Spreepark sepertinya bisa jadi tujuan wisatamu yang paling tepat. Ada di sebelah tenggara kota Berlin, tempat terbengkalai satu ini dulunya dibangun dengan tujuan untuk menyaingi Disneyland dan Universal Studios. Mengusung tema dinosaurus, inilah taman bermain terbaik di Jerman yang dibangun oleh pemerintah Komunis.

Tetapi sangat disayangkan sekali, si pengelola tempat wisata tersebut memanfaatkan proses pengiriman material wahana untuk menyelundupkan narkoba. Tidak heran jika ahirnya Spreepark semakin sepi dan akhirnya bangkrut.

Stasiun Bokor Hill di Kamboja

Stasiun Bokor Hill di Kamboja

Ini adalah stasiun yang ada di atas bukit cantik, awalnya stasiun tersebut dibangun sebagai markas dan juga tempat transit tentara Perancis. Dibangun di sebuah tempat yang tinggi sehingga hawa sejuk pun bisa dirasakan. Tetapi ketika terjadinya pemberontakan, stasiun tersebut akhirnya ditinggalkan dan membuatnya tidak bisa difungsikan kembali.

Amboy Ghost Town di Amerika Serikat

Amboy Ghost Town di Amerika Serikat

Rekomendasi lain tempat travelling terbaik yang sudah terbengkalai bisa kamu jadikan sebagai inspirasi spot wisata yang seru dan menarik adalah Amboy Ghost Town. Kota ini kini menjadi salah satu tempat yang sepi pelintasan, meskipun dulu sempat dijadikan sebagai lokasi syuting film Hollywood, akan tetapi ternyata tak ada yang bisa diharapkan dari tempat tersebut. Hingga akhirnya semua toko yang ada tutup dan membuat kota ini kosong bagai kota hantu di Amerika Serikat.

Terowongan Glow Worm di Australia

Terowongan Glow Worm di Australia

Jika kamu kurang berminat dengan tempat wisata yang terbengkalai diatas, maka Terowongan Glow Worm yang ada di Australia ini bisa jadi alternatif lainnya. Terowongan yang dibangun di tahun 1800 tersebut akhirnya ditutup setelah dipenuhi oleh jelaga dan asap. Terowongan ini kemudian dibiarkan terbengkalai dan tertutupi tumbuhan liar.

Tetapi di tahun 1995 silam, terowongan tersebut sempat dibersihkan dan dibuka kembali. Namun saat malam hari ternyata terowongan ini terlihat begitu memukau, sebab cahaya dari serangga yang hidup di sana.

Herculaneum di Italia

Herculaneum di Italia

Hal paling menarik dari berkunjung ke Herculaneum yang ada di Italia ini adalah kamu akan menemukan banyak sekali lukisan – lukisan, dan juga karya seni di dinding bangunannya yang masih terpampang nyata. Tetapi karena dulu tempat tersebut ikut terdampak letusan gunung Vesuvius yang bisa dikatakan cukup dahsyat sekali, sehingga di tempat ini juga Anda bisa saja menemui satu sudut bangunan yang masih dipenuhi oleh sisa – sisa tulang belulang para korban.

Old Gorhambury House di Inggris

Old Gorhambury House di Inggris

Lalu untuk yang terakhir ini juga tidak kalah menariknya untuk kamu kunjungi. Berwisata anti mainstream dengan mengunjungi Old Gorhambury House pastinya akan memberikan pengalaman travelling yang berbeda dari biasanya. Old Gorhambury House dibangun di abad ke -16 yang diadaptasi perpaduan arsitektur artistik khas Italia sehingga membuatnya berbeda dengan mansion ala Inggris. Tapi sangat disayangkan sekali tidak ada penerus yang merawat rumah tersebut hingga akhirnya terbengkalai.

Nah, itulah 10 tempat terbengkalai dan tidak berpenghuni yang menarik sekali untuk dijadikan sebagai spot wisata yang seru. Jadi, mana nih tempat wisata terbengkalai yang akan kamu kunjungi?

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini