7 Penyebab Berat Badan Naik Drastis yang jarang Disadari

0
267
Penyebab Berat Badan Naik Drastis yang jarang Disadari

Koran.idSetiap orang pasti menginginkan badan yang ideal, namun bagaimana jika ini terjadi pada kalian kondisi berat badan naik drastis? Pasti akan kebingungan untuk mencari penyebabnya, terlebih berat badan naik memang akan mengurangi tingkat kepercayaan diri pada seseorang. Lalu apa penyebab berat badan naik drastis yang jarang disadari?

Berat badan naik bukan saja karena kurang perhatian pada kondisi kesehatan tubuhnya, hal ini bisa saja terjadi karena adanya bawaan dari keturunanya. Hal ini harus diketahui secara detail dan jangan sampai terjadi kepanikan untuk mengungkapkanya ya? nah referensi kali ini akan memberikan penjelasan beberapa penyebab berat badan naik drastis, agar tidak berlama-lama lagi yuk simak berikut dibawah ini.

7 Penyebab Berat Badan Naik Drastis yang jarang Disadari

1. Massa Otot Berkembang

Yang perlu diperhatikan pertama penyebab berat badan naik drastis yaitu massa otot berkembang atau mengalami kenaikan massa otot, hal ini perlu kalian sadari penyebab massa otot berkembang karena kondisi otot secara alami mengalami kepadatan pada serat sehingga terjadi pembesaran yang lebih dibandingkan lemak pada tubuh. Biasanya perkembangan otot seperti ini dimiliki oleh seorang biragawan, atau juga yang suka rutin berolahraga.

Jadi untuk kalian yang tiba-tiba memiliki berat badan drastis secara alami tanpa mengkonsumsi yang aneh-aneh, kalian jangan terburu-buru untuk bertindak yang lain seperti diet. hal ini biasanya terjadi karena tubuh kamu mengalami perkembangan, bisa saja dari keturunan maupun segi umur kamu yang sudah melangkah ke jenjang dewasa. Agar tetap ideal pada berat badan kamu, lakukanlah olahraga secara rutin sepanjang hari.

2. Pembengkakan Disebabkan Cairan

Berbeda dari penjelasan sebelumnya tentang berat badan naik drastis, hal ini bisa disebabkan karena tubuh kalian mengalami pembengkakan akibat akibat cairan. Yang dimaksud cairan disini tidak hanya karena faktor makanan saja ya? tetapi bisa terjadi karena kondisi organ jantung maupun ginjal kalian mengalami masalah, sehingga akan mudah mengganggu reproduksi pertumbuhan pada badan kamu secara tidak normal.

Kelebihan cairan pada tubuh selain mudah berat badan naik drastis juga masalah lain akan terjadi pembengkakan pada bagian tubuh, seperti kedua kaki dan tangan. Pertumbuhan yang tidak wajar kondisi kaki dan tangan perkembanganya tidak seimbang atau bisa terjadi bentuknya besaran kaki, lebih baik kalian cepat untuk memeriksa ke dokter kesehatan ya?

3. Melakukan Diet Konsumsi Garam

Beberapa hal yang mungkin bisa terjadi penyebab berat badan naik drastis, karena disebabkan adanya diet dengan mengkonsumsi garam. Yang dimaksud disini ketika berat badan kalian awalnya normal namun ingin melakukan sesuatu agar tubuh menjadi tambah ideal, biasanya melakukan diet tetapi rasa masakanya terlalu asin. Jadi perlu perhatikan dengan kandungan makanan yang banyak di dominasi garam ini, akan mudah berat badan kalian menjadi naik drastis.

Kandungan garam yang bersifat memiliki retensi air (cairan di dalam tubuh) akan mudah memberikan rangsangan untuk menahan kandungan air di dalam tubuh kalian. Maka hal yang tidak diinginkan akan terjadi akan mempengaruhi angka pada berat anda menjadi lebih, hal seperti ini akan merubah secara fisik kalian menjadi bengkak seperti perut yang buncit, wajah tembem, kaki yang tak ideal dan sebagainya.

4. Memiliki Diabetes Mellitus

Salah satu yang perlu diperhatikan jika berat badan kalian menjadi naik drastis, maka biasanya kalian tergolong memiliki diabetes mellitus. Penderita diabetes mellitus memang untuk menyembuhkan di berikan insulin dengan cara disuntik, hal ini untuk mengontrol kandingan gula darah yang bertujuan mempengaruhi nafsu makan bertambah.

Jadi serba sulit juga meskipun kalian mengatur jadwal makan dengan porsi yang sedikit, tetapi kandungan obat yang meeasuk pada tubuh penderita diabete mellitus akan secara tiba-tiba badan naik secara drastis. Namun agar kondisi ini aman alangkah baiknya untuk terus menerus minta resep ke dokter agar porsi-nya sesuai agar tidak melampaui batas angka timbangan menjadi naik.

5. Terjadi Kelelahan dan Kurang Tidur

Perlu kalian garis bawahi biasanya penyebab terjadi berat badan naik drastis diakibatkan karena adanya faktor lelah dan kurang tidur, hal ini bisa saja terjadi pada siapapun karena ketika seharian bekerja dengan banyak tugas sehingga kamu wajib lembur. Dari penyebab seperti ini membuat angka berat badan kalian menjadi naik secara drastis, karena  hormon leptin yang berkembang di dalam tubuh akan membuat tubuh semakin bengkak.

Pengaruh hormon leptin yang meresap di dalam tubuh, akan memberikan kalian terasa kenyang, serta membantu nafsu makan kalian menjdi bertambah. solusinya sebenarnya cukup mudah ya? kalian cukup bisa mengatur waktu ketika banyak tugas di kantor dan jangan sampai untuk telat tidur di malam hari.

6. Disebabkan Adanya Depresi

Pengaruh yang terjadi penyebab berat badan naik drastis karena ada faktor penyakit depresi, kondisi depresi alias stres ini membuat keadaan yang tidak wajar akan terjadi. Biasanya dalam pembalasan untuk meningkatkan tingkat arahnya dengan banyak mengkonsumsi makanan, oleh karena itu jika seseorang mengalami gangguan pada ketenanganya maka akan membuat dia rela untuk melakukanya.

Penyakit depresi atau stres memang selalu mempengaruhi kesehatan tubuh, tidak lain akan membuat seseorang tingkat kesadaranya semakin menurun. Hal ini pengaruh dari kelakuanya yang membuat ia tidak puas sehingga timbul penyakit depresi, dan kebanyakan tingkat pengaruh depresi yang kuat ini terjadi di usia muda.

7. Kurang Berolahraga dan Gerak

Masalah yang satu ini memang jarang disadari oleh setiap orang, padahal dikehidupan sehari-sehari bisa dilakukan seperti halnya melakukan olahraga sepanjang hari. Penyebab berat badan naik drastis karena kurangnya ada gerakan pada tubuh, sehingga tak heran jika tubuh terus merasakan perkembangan yang akan mengakibatkan angkat berat badan naik.

Solusi terbaiknya agar ini tidak terjadi terutama bagi yang tidak suka berolahraga, alangkah baiknya untuk selalu beraktivitas yang memicu gerakan pada tubuh kalian. Seperti aktivitas setiap harrinya menyapu, mencuci pakaian, angkat beban dan sebagainya, jadi meskipun kalian tidak berolahraga tetapi selalu mendapatkan gerakan ketika sedang beraktivitas.

Nah, itulah tadi beberapa 7 Penyebab Berat Badan Naik Drastis yang jarang Disadari. Semoga referensi ini memberikan manfaat untuk kalian yang mengalami berat badanya naik drastis, dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini