Mudah Banget! Begini Cara Mengatasi Insomnia Pada Ibu Hamil

0
521

Koran.id – Hamil merupakan salah satu tujuan bagi para pasangan yang sudah melangsungkan pernikahan. Kabar tentang kehamilan pastinya sangat ditunggu-tunggu oleh keduanya. Namun ternyata, selain menjadi kabar yang menggembirakan, masa kehamilan juga bisa membuat sang calon ibu menderita dan tersiksa. Hal ini dikarenakan berbagai masalah atau gangguan yang dialaminya, salah satunya adalah gangguan susah tidur atau insomnia.

Gangguan insomnia ini sendiri sebenarnya tidak terlalu berbahaya bagi ibu hamil. Namun, ibu hamil tentunya butuh waktu istirahat yang cukup guna untuk menjaga kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya. Gangguan susah tidur pada ibu hamil sebenarnya cukup mudah di atasi sendiri. Adapun cara mengatasi insomnia pada ibu hamil tersebut bisa kamu simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Insomnia Pada Ibu Hamil Paling Ampuh dan Mudah

Sebelum membahas lebih rinci mengenai cara mengatasi insomnia pada ibu hamil, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya, maka kamu nantinya bisa melakukan pencegahan agar tidak lagi mengalami insomnia atau susah tidur. Adapun beberapa penyebab insomnia pada ibu hamil, antara lain:

  • Gangguan pencernaan. Penyebab insomnia pada ibu hamil yang pertama adalah karena adanya gangguan pada pencernaan ibu hamil. Gangguan pencernaan ini akan membuat perut ibu hamil terasa mulas sehingga susah untuk tidur.
  • Sering buang air kecil. Kebiasaan buang air kecil yang terlalu sering sudah lumrah dialami oleh ibu hamil. Ini dikarenakan terjadi penyusutan pada kantung kemih seiring dengan membesarnya perut ibu hamil. Hal ini akhirnya membuat ibu hamil susah untuk tidur nyenyak.
  • Merasa tidak nyaman karena perut yang membesar. Penyebab lainnya juga dikarenakan kondisi perut ibu hamil yang semakin hari semakin membesar. Perut yang membesar membuatnya susah untuk mengatur posisi tubuh yang nyaman saat tidur. Berbeda saat sebelum hamil, kamu bisa dengan bebasnya tidur dengan berbagai posisi sesuai keinginan.
  • Bayi dalam rahim yang terus bergerak. Bayi dalam janin yang semakin besar biasanya akan melakukan berbagai gerakan, seperti menendang hingga memutar. Hal inilah yang sering kali membangunkan ibu saat enak-enaknya tidur. Apalagi jika bayi menendang dan mengenai rusuk sang ibu, pasti akan membuatnya tidak nyaman.
  • Kram kaki hingga nyeri punggung. Berbagai masalah bisa saja dirasakan oleh ibu hamil, salah satunya adalah sering merasa kram di kaki. Selain itu, nyeri di punggung juga seringkali dialami oleh ibu hamil sehingga membuatnya sangat sulit untuk tidur nyenyak.
  • Merasa cemas. Penyebab susah tidur pada ibu hamil yang terakhir adalah karena kecemasan yang berlebih. Bisa saja seorang ibu terlalu khawatir soal perubahan bentuk tubuh serta proses persalinan yang akan ia jalani nantinya.

Setelah mengatahui beberapa penyebab insomnia pada ibu hamil di atas, selanjutnya adalah ke cara mengatasi insomnia yang dialami ibu hamil tersebut. Cara-cara ini sangat mudah untuk diterapkan, namun manfaat yang diberikannya sangat luar biasa. Adapun cara mengatasi insomnia pada ibu hamil tersebut antara lain:

1. Membentuk siklus tidur yang benar

Cara mengatasi insomnia pada ibu hamil yang pertama adalah dengan membentuk siklus tidur lancar. Misalnya saja dengan membiasakan diri untuk tidur pukul 20.30 atau 21.00 malam secara rutin setiap hari. Dengan begitu, akan membuat waktu tidur ibu hamil akan lebih lama dari biasanya.

Jika kebiasaan ini dilakukan secara terus-menerus maka akan membuat ibu hamil mengantuk pada jam yang ditentukan. Terlebih lagi, ketika masa kehamilan ibu membutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak. Ini karena rasa lelah yang dialami lebih berat dibandingkan ketika belum hamil.

2. Melakukan aktivitas relaksasi

Agar insomnia tidak dialami oleh ibu hamil, kegiatan relaksasi perlu dilakukan secara rutin. Untuk cara relaksasi yang aman dilakukan bagi ibu hamil seperti yoga atau meditasi. Dengan melakukan kegiatan seperti ini secara rutin akan mampu menekan kadar kortisol. Kadar kortisol ini sendirilah yang memicu stres berlebih pada tubuh.

Ketika tubuh ibu hamil mengalami stress yang berlebihan, tidak jarang akan membuatnya sangat sulit untuk tidur dengan nyenyak. Dengan melakukan yoga atau meditasi akan membuat tubuh lebih tenang dan juga mendatangkan rasa kantuk.

3. Mandi dengan air hangat

Hampir sama tujuannya dengan cara di atas, mandi dengan air hangat akan membuat tubuh ibu hamil menjadi lebih relaks. Dengan tubuh yang relaks pastinya akan membuat ibu hamil lebih cepat tertidur dengan nyenyak. Mandi dengan air hangat diklaim sebagai cara termudah untuk membuat ibu hamil tidur lebih nyenyak dari biasanya. Tapi perlu diingat, hindari mandi saat malam hari karena hal ini bisa saja menimbulkan berbagai efek negatif bagi kesehatan tubuh.

4. Menggunakan pakaian yang nyaman

Cara mengatasi insomnia pada ibu hamil berikutnya adalah dengan mengenakan pakian yang nyaman. Kenakanlah pakian yang pas di badan, tidak terlalu longgar atau juga tidak terlalu ketat saat dipakai. Selain itu, pastikan pakaian yang dikenakan dalam keadaan bersih. Pakaian yang kotor bisa saja menimbulkan rasa gatal sehingga membuat ibu hamil tidak nyaman.

Pilih pula pakaian yang tidak terlalu membuat gerah, lebih direkomendasikan ibu hamil mengenakan pakaian yang dibuat dari bahan lembut dan halus seperti katun misalnya.

5. Menggunakan bantal khusus untuk ibu hamil

Perut yang semakin membesar membuat ibu hamil sangat susah menemukan posisi yang nyaman saat tidur. Karena itulah, untuk membantu ibu lebih nyaman saat tidur penggunaan bantal khusus sangat diperlukan. Bantal khusus untuk ibu hamil ini akan mampu memberikan kenyamanan ekstra bagi ibu hamil sehingga lebih cepat terlelap.

6. Memilih makanan pemicu kantuk

Cara mengatasi insomnia pada ibu hamil berikutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang bisa memicu rasa kantuk. Ada beberapa jenis makanan yang memiliki efek tersebut, misalnya saja kacang almond, kacang mede, pisang dan juga keju. Selain itu, minumlah juga segelas susu hangat agar rasa kantuk lebih cepat datang.

7. Membaca buku

Khusus untuk kamu yang suka atau hobi baca buku, cobalah untuk melakukan kegiatan tersebut agar rasa kantuk cepat muncul. Membaca buku selain bisa mendatangkan kantuk dengan cepat tentunya juga bisa menambah wawasan pengetahuan kamu. Tapi perlu diingat, baca buku haruslah dari buku asli, buka melalui laptop atau perangkat gadget lainnya. Cahaya dan radiasi yang ditimbulkan oleh perangkat gadget kurang baik bagi kesehatan ibu dan janin.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi insomnia pada ibu hamil yang bisa kamu terapkan. Selain itu, perlu kamu tahu juga beberapa penyebab insomnia pada ibu hamil agar nantinya kamu bisa melakukan pencegahan. Jika insomnia yang dialami ibu hamil terbilang parah, maka harus dikonsultasikan dengan dokter spesialis agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Artikel Sebelumnya7 Penyebab Berat Badan Naik Drastis yang jarang Disadari
Artikel SelanjutnyaJenis Olahraga untuk Balita dan Manfaat yang Bisa Didapat
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini