Jenis Olahraga untuk Balita dan Manfaat yang Bisa Didapat

0
381

Koran.id – Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan berolahraga akan membuat tubuh senantiasa sehat dan bugar, serta juga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit. Olahraga tidak hanya disarankan untuk orang dewasa saja, melainkan juga untuk anak-anak khususnya balita. Hanya saja ada beberapa jenis olahraga untuk balita yang baik dan dianjurkan. Jangan sembarangan mengajari anak dengan jenis olahraga yang berat, karena bisa saja membuat mereka mengalami cedera.

Sama seperti orang dewasa, anak yang sering berolahraga juga punya manfaat yang baik bagi kesehatannya. Agar tidak salah pilih, di bawah ini sudah saya rangkumkan beberapa jenis olaraga untuk balita beserta juga manfaat yang bisa mereka dapat. Selengkapnya bisa kalian simak pada ulasan berikut ini.

Jenis Olahraga untuk Balita dan Manfaat yang Bisa Didapat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, orangtua tidak boleh sembarangan memperkenalkan berbagai jenis olahraga untuk balita. Karena hal tersebut bisa saja nantinya bukan memberikan manfaat, melainkan hal negatif yang diterimanya. Terlebih lagi tidak semua jenis olahraga cocok bagi anak-anak, khususnya balita. Adapun beberapa jenis olahraga untuk balita yang dianjurkan, antara lain:

1. Berenang

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Selain itu, berenang secara rutin juga akan membuat tinggi badan menjadi lebih ideal.

Olahraga berenang untuk balita sekarang ini juga sedang menjadi trend di kalangan masyarakat. Bahkan juga banyak para artis ternama yang secara rutin mengajak anaknya untuk berenang bersama. Namun perlu diingat, butuh instruktur khusus agar aktivitas berenang bagi balita bisa lebih aman.

2. Jalan sehat

Selain berenang, jenis olahraga untuk balita yang paling tepat dilakukan berikutnya adalah berjalan. Berjalan santai saat pagi maupun sore hari sama-sama memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh balita. Berjalan juga menjadi cara utama untuk melatih ketahanan fisik sang anak, terutama pada kekuatan kakinya.

Anak yang sering diajak untuk berjalan akan membuat kakinya lebih kuat sehingga tidak akan mudah jatuh. Kekuatan kaki sangatlah diutamakan bagi balita, karena kaki juga akan mendukung aktivitas lainnya.

3. Berlari

Berlari tentu berbeda dengan berjalan, pastinya manfaat yang didapat bagi balita juga berbeda. Mengajak balita berlatih lari secara rutin akan mampu membuat daya tahan tubuhnya lebih kuat, serta kesehatannya tetap terjaga dengan baik. Ini karena keringat yang dikeluarkan oleh tubuh saat berlari akan mengurangi racun di dalam tubuh. 

4. Bersepeda

Tidak hanya orang dewasa, balita juga baik untuk diajarkan olahraga bersepeda. Dengan melakukan kegiatan bersepeda secara rutin, juga akan membantu membuatnya senantiasa sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Namun perlu orangtua ingat, jika anak masih belum terlalu lancar mengayuh sepeda sebaiknya perlu pendampingan khusus. Biasanya, anak akan lancar mengayuh sepeda ketika usianya menginjak 3-4 tahun. Pada rentang usia ini biasanya kaki anak sudah kuat dan bisa menjaga keseimbangan tubuh ketika bersepeda.

5. Sepak bola

Jenis olahraga untuk balita yang dianjurkan berikutnya adalah bermain sepak bola. Sepak bola menjadi salah satu jenis olahraga yang sangat disukai oleh semua kalangan, termasuk anak-anak. Orangtua bisa mengajak anak bermain sepak bola dari yang mudah-mudah saja. Misalnya mengajarkannya menendang, membawa bola alias menggiring, atau juga menangkap bola. Bola yang digunakan bisa berbahan plastik atau karet.

6. Gymnastic

Di era modern seperti sekarang ini, jenis olahraga gymnastic untuk balita semakin ramai diminati. Ini karena jenis olahraga tersebut mampu memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan daya kembang anak. Tidak hanya itu saja, jenis olahraga gymnastic juga akan mampu melatih kemampuan bersosialiasi si anak.

Untuk olahraga gymnastic ini sendiri memiliki banyak jenis aktivitas di berbagai kelasnya. Kamu juga bisa menemukan kelas gymnastic untuk balita dengan sangat mudah, apalagi di daerah perkotaan.

7. Bermain basket

Basketball atau permainan bola basket juga menjadi salah satu jenis olahraga untuk balita yang dianjurkan. Namun, permainan basketball yang diajarkan ke balita bukanlah seperti mengajarkan kepada para atlit-atlit. Melainkan hanya sebatas menangkap dan juga melempar bola.

Aktivitas menangkap dan melempar bola yang dilakukan oleh balita akan melatih fisiknya agar lebih kuat. Selain itu, jenis olahraga ini juga punya banyak manfaat bagi tubuh si kecil.

Selain mengetahui jenis olahraga yang cocok untuk balita, perlu kamu tahu juga manfaat yang bisa di dapat. Adapun beberapa manfaat olahraga bagi balita, antara lain:

  • Membuat tubuhnya lebih sehat dan bugar. Berolahraga secara rutin akan membuat tubuh balita lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyaki. Ini karena dengan berolahraga akan membuat sistem kekebalan tubuhnya lebih kuat.
  • Menguatkan otot dan tulang. Ketika berolahraga tubuh akan dilatih melakukan berbagai gerakan, dan ini akan mampu melatih alat gerak aktif dan pasif pada tubuh balita. Dengan begitu, hal ini akan membuat otot dan tulangnya semakin kuat.
  • Meningkatkan kemampuan motorik dan sensorik. Aktivitas olahraga yang dilakukan oleh balita juga akan melatih kemampuan motorik dan sensorik balita. Karena itulah, tidak jarang balita yang aktif bergerak akan lebih cerdas dan pintar.
  • Menghindari stress. Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa mengalami stress, balita juga sama. Stress yang terjadi pada balita biasanya disebabkan oleh rasa bosan yang dialaminya. Olahraga akan membuat mereka senang sehingga terhindar dari yang namanya stress.
  • Menunjang postur tubuh. Balita yang rajin berolahraga akan membuat postur tubuhnya lebih ideal. Postur tubuh yang ideal juga akan bermanfaat saat mereka tumbuh dewasa nantinya. Misalnya mereka ingin menjadi seorang tentara, dimana postur tubuh tinggi dan kekar adalah syarat utama.
  • Membuatnya percaya diri. Berolahraga juga akan mampu menumbuhkan kepercayaan diri si anak. Kepercayaan diri ini sendiri sangat penting, dan bisa menjadi bekal bagi mereka jika ingin meraih kesuksesan di masa depan.

Sebenarnya masih banyak manfaat yang bisa di dapat jika balita rutin diajak untuk berolahraga. Yang pasti berolahraga secara rutin akan membuat tubuhnya senantiasa sehat dan bugar. Pilih juga jenis olahraga untuk balita yang tepat agar tidak menyebabkan cedera atau hal negatif lainya. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini